10 Makanan Kuliner Khas Klaten yang Dijamin Bikin Nagih

Kuliner Khas KlatenKabupaten Klaten, Jawa Tengah, memiliki beragam makanan yang khas serta hidangan yang gurih menggugah selera penikmatnya. Kulineran di Klaten ini dikenal banyak masyarakat, terutama penduduk sekitar. Jika kamu ingin berlibur kesini, tentunya kamu tidak perlu khawatir kalau soal makanan. Banyak pilihan makanan khas Klaten yang mampu memanjakan lidah kamu.

Wisata kuliner Klaten memang menarik sudut pandang seseorang. Dengan memiliki ragam kuliner yang khas Klaten, membuat pengunjung tak bosan menikmatinya. Daripada kamu penasaran juga mending simak aja ulasan Kompas Wisata tentang 10 makanan kuliner khas Klaten yang bisa membuatmu ketagihan dan pingin bawa pulang rasanya.

Aneka Kuliner Khas Klaten

 

1. Bakmi Miroso

Bakmi Miroso

Bakmi Miroso

Bakmi Miroso jika didengar seperti salah satu dari jenis sajian mie, namun itu hanyalah nama dari tempat yang menghidangkan beberapa makanan Chinese. Tempat tersebut juga menawarkan beberapa menu utama yakni mie ayam pangsit khas Klaten, ayam koloke khas Klaten, nasi goreng khas Klaten. Disini, makanan khas semua yang dihidangkan.

Letak Bakmi Miroso berada di plosok kampung dekat alun-alun Klaten, Jawa Tengah. Susah untuk kamu yang baru berkunjung ke kota Klaten. Namun untuk soal rasa tak perlu diragukan, memang TOP wisata kulineran kali ini.

 

2. Soto Bebek dan Bebek Bacem

Soto Bebek dan Bebek Bacem

Soto Bebek dan Bebek Bacem

Kuliner khas Klaten selanjutnya adalah soto bebebk dan bebek bacem. Makanannya sangat legendaris dan memiliki banyak pemuja, menyajikan perpaduan daging bebek goreng yang empuk dengan saus bebek bacem segar. Kamu dapat mencobanya di warung Siswo yang didirikan pada tahun 1953 (pembuat bacem bebek pertama di Klaten) yang terletak di desa Karanglo, Gondang, Klaten.

Tidak hanya disajikan dengan bacem goreng, tetapi juga bisa dibakar, membuat sensasi cita rasa mereka sendiri. Bagi kamu yang menyukai masakan bebek, kamu harus coba pergi ke Warung Soto bebek dan bebek bacem ibu Siswo di Karanglo, Gondang, sebelah timur pabrik gula.

 

3. Kue Kepelan

Kue Kepelan

Kue Kepelan

Kepelan merupakan jajanan lezat asli Pedan yang harus dicicipi. Makanan ringan dari desa Keden, Kecamatan Pedan ini terbuat dari tepung gandum utuh serta dicampuri bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Kue Kepelan memiliki Bentuk yang bulat dengan cita rasa gurih yang dominan banget. Biasanya kepelan ini dimakan dengan tambahan saus agar nikmatnya nagih.

Sekarang kamu tak usah jauh-jauh pergi ke Pedan hanya untuk menemukan jajanan lezat ini, karena di area alun-alun Klaten, sudah banyak trader yang menjual kepelan. Tunggu apa lagi? Sudah waktunya kamu untuk mencoba ini jajanan murah asal Klaten.

 

4. Ayam Panggang Nyonya Anggraini

Ayam Panggang Nyonya Anggraini

Ayam Panggang Nyonya Anggraini

Ayam panggang milik Nyonya Anggraini merupakan kekayaan kuliner khas Klaten yang kaya akan bumbu areh dengan cita rasa gurih dan manis. Ada beberapa ayam panggang di Klaten yang terkenal dan legendaris. Mrs. Anggraini atau disapa sebagai nyonya angraini merupakan salah satu orang yang menyuguhkan hidangan tersebut. Lokasi makanan khas Klaten kali ini berada di Jl. Rajawali No. 113.

Bumbu areh yang terbuat dari berbagai bumbu Jawa dan santan, jika dimasak dengan cara diungkep membuat rasa ayam tersebut sangat lezat sehingga menjadi makanan kuliner khas Klaten yang istimewa.

Apa lagi ayam panggang ini dinikmati dengan nasi putih yang masih anget serta pedasnya saus cabai, yang membuat makanan ini makin lezat.

 

5. Sup Ayam Pak Min

Sup Ayam Pak Min

Sup Ayam Pak Min

Siapa yang tidak tahu mengenai sup ayam Pecok Klaten dengan rasa gurih. Chicken Soup Pak Min telah menjadi kuliner yang paling enak di setiap sudut kota Klaten. Jadi tak heran bahwa pak min sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia. Ada berbagai jenis sup ayam yang ditawarkan seperti sup ayam campur dan ada pula sup ayam kulit pisah hingga kepala ayam.

Tidak seperti sup pada umumnya, sup ayam ini tidak menggunakan jahe dan santan. Sup ayam khas Klaten ini menggunakan kaldu ayam asli bahkan tak sembarang ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Sup ayam ini juga sangat bagus untuk dinikmati dengan lauk pauk yang tersedia seperti Tempe, Tofu, dan Fritters.

 

6. Sego Tumpang Lethok

Sego Tumpang Lethok

Sego Tumpang Lethok

Setelah mencoba sup ayam, kulineran berikutnya yang harus dicoba adalah Sego Tumpang Lethok. Kita bisa menemukan kuliner khas Klaten ini di sepanjang Jl. Walikota Kusmanto ke distrik Bramen di pagi hari. Warung Mbak Riyanti bisa kamu kunjungi, jika kamu ingin mencicipi sego Tumpeng Lethok ini.

Cobalah untuk memesan Sego Tumpang Lethok ini, agar kamu tidak mati penasaran mengenai kuliner khas Klaten yang satu ini. Menu kuliner ini disajikan dengan diungkep daun papaya, bayam, nangka muda, daun jeruk, krecek, telur rebus, dan mentimun. Dijamin deh bikin kamu ketagihan. Karena Sego Tumpang Lethok menggunakan berbagai macam bumbu khusus.

 

7. Sego Wiwit

Sego Wiwit

Sego Wiwit

Setelah membahas mengenai Sego Tumpang Lethuk kali ini makanan berikutnya adalah Sego Wiwit, yang juga menjadi makanan khas Klaten. Makanan ini sebenarnya hanya diolah dalam tradisi Selariah atau syukuran yang dilakukan oleh para petani di daerah Klaten, sebagai wujud kegembiraan atas berhasilnya memanen padi.

Seiring dengan waktu, kuliner ini mulai dijual di Warung tradisional dan Restoran, ya sebagai pelestarian kuliner tradisional kata penduduk sekitar.

 

8. Sate Kambing, Pak Suli

Sate Kambing Pak Suli

Sate Kambing Pak Suli

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki warung sate, namun berbeda dengan sate yang berada kota Klaten. Bagi kamu pecinta kuliner sate kambing, saatnya mencicipi sate kambing yang paling lezat di Klaten, sate kambing Pak Suli. Lokasi ini tepat berada di depan kantor Pertanahan Klaten

Sate kambing Pak Suli memiliki tekstur daging yang sangat empuk sehingga nikmat saat dimakan. Tak heran beberapa orang menyukainya. Warung makan ini dibuka mulai pukul 16:30 WIB.

 

9. Jajanan Geplak Khas Klaten

Geplak Khas Klaten

Geplak Khas Klaten

Jajanan Geplak Khas Klaten merupakan makanan ringan yang terbuat dari parutan kelapa, dimasak dengan menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis. Kebanyakan masakan Jawa Tengah memang terkenal dengan rasa manis dan legit. Bentuknya seperti bola dan memiliki warna unik, soal rasa patut diacungi jempol.

 

10. Jajanan Slondok Khas Klaten

Slondok Khas Klaten

Slondok Khas Klaten

Jajanan Khas Klaten selanjutnya ialah Slondok. Makanan ringan yang terbuat dari singkong yang sudah ditumbuk, kemudian direbus dengan bumbu khusus. Setelah dicampur, Slondok akan berbentuk seperti cincin dan akan dikeringkan dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah dikeringkan, kemudian digoreng lalu dikemas deh.

Sebelumnya Slondok hanya memiliki satu rasa, tapi sekarang kamu dapat menemukan Slondok dengan berbagai rasa, tapi jangan khawatir karena masih ada produsen yang mempertahankan rasa asli dari Slondok ini. Walaupun banyak varian rasa masih tetap menjadi jajanan kuliner yang khas di Klaten.

Diatas tadi merupakan 10 wisata kuliner khas Klaten yang wajib kamu kunjungi saat berliburan disana. Tak hanya dikenal sebagai kota yang memiliki spot wisata keren, namun juga makanan di Klaten juga unik dan enak, sehingga cocok dibuat oleh-oleh untuk teman atau saudaramu.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!