10 Wisata Terfavorit di Kerinci Jambi yang Wajib Dikunjungi

Kompaswisata.com – Saat mendengar Kerinci, Jambi, pasti pikiranmu sudah dapat membayangkan betapa indahnya alam di tempat tersebut. memang keindahan alam Kerinci tidak dapat diragukan lagi, tak heran juga jika kerinci mendapat julukan ‘sekepal tanah dari surga’. Jadi tak ada salahnya, jika Kerinci Anda jadikan sebagai tujuan wisata yang harus Anda kunjungi.

Tetapi sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak tulisan ini. Nah, pada tulisan ini akan membahas mengenai wisata terfavorit di Kerinci Jambi. Dengan menyimak tulisan ini, Anda tak akan bingung lagi harus mengunjungi mana saja saat di Kerinci.

10 Wisata Terfavorit di Kerinci Jambi

1. Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo

Objek wisata terfavorit di Kerinci yang pertama adalah Air terjun Pancuran Rayo. Keindahan air terjun satu ini, bisa dibilang tak terjamah oleh mata. Bagaimana tidak, Air Terjun Pancuran Rayo ini terletak di dalam kerimbunan hutan belantara, sehingga Dinas Perhubungan pun melewatkan mencatat nama air terjun ini di papan petunjuk jalan. Hal ini jugalah yang menjadikan Air Terjun Pancuran Rayo tak banyak diketahui oleh orang.

jika Anda memang ingin menikmati pesona indahnya air terjun ini, maka terlebih dahulu Anda harus mengunjungi Desa Koto Tuo, dari desa inilah Anda dapat mengakses jalan untuk mencapai air terjun yang indah ini.

Tapi perlu diingat untuk mencapai tempat air terjun ini, Anda harus berjalan kaki, sehingga bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda bisa menitipkan kendaraan Anda terlebih dahulu. Setelah sampai di Air Terjun Pancuran Rayo, sudah dapat dipastikan kedua bola mata Anda akan terpesona dengan keidahan alam di tempat tersebut.

2. Danau Kaco

 

Kemah di Danau Kaco - Tempat wisata di Jambi

Kerinci juga mempunyai danau yang begitu indah, bahkan keindahan danau ini sudah diakui oleh UNESCO. Ya, Danau Kaco merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Danau ini hanya berukuran sekirat 30×30 meter saja, dan berada di ketinggian 1289 mdpl.

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Kaco, maka Anda harus bersiap-siap untuk menempuh rute yang cukup sulit. Danau ini berada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Jarak tempuh dari kota Jambi ke Danau Kaco yaitu sekitar 8 sampai 10 jam. Meskipun jarak yang ditempuh cukup lama, tapi tetap saja Danau Kaco tak pernah sepi pengunjung.

3. Perkebunan Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kajoe Aro - Tempat wisata di Jambi

Kebun Teh Kajoe Aro – Tempat wisata di Jambi

Anda harus tahu, bahawa perkebunan teh tertua di Indonesia berada di Kerinci. Ya, nama perkebunan teh tertua di Indonesia adalah Perkebunan Teh Kayu Aro. Bisa dibayangkan saat mengunjungi perkebunan teh ini, Anda sudah pasti akan disuguhi pemandangan hijau yang membentang seperti karpet berwana hijau yang sangat luas, belum lagi membayangkan kesejukan udaranya yang akan terasa nyaman untuk dihirup hidung.

4. Puncak Rindu Kayu Aro

Puncak Rindu Kayu Aro

Puncak Rindu Kayu Aro

Setelah menikmati hamparan tanaman teh dari jarak yang dekat, maka Anda juga perlu menikmati hamparan teh dari jarak yang jauh dan tinggi. Nah, Anda bisa mengunjungi objek wisata terfavorit di Kerinci lainnya yaitu Puncak Rindu Kayu Aro. Tempat ini masih berada di kawasan Kebun Teh Kayu Aro.

Di tempat inilah Anda dapat menikmati pemandangan Kebun Teh Kayu Aro dari ketinggihan. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan otak. Dijamin saat ke tempat ini, Anda akan merasa lebih rileks, serta angin sejuk akan membuat Anda enggan untuk berpaling dari Puncak Rindu Kayu Aro.

5. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Saat mendengar kata air panas, pasti Anda ingin sekali beredam untuk menikmati hangatnya suhu air panas yang sangat pas di badan. Tapi tunggu dulu, Anda tidak boleh langsung membayangkan untuk berendam, saat mendengar kata Air Panas Semurup. Anda perlu tahu bahwa Air Panas Semurup di Kerinci merupakan sumber mata air yang berbahaya, jadi Anda tidak boleh berendam di tempat ini ya.

Anda hanya bisa menikmati keindahanya saja, tak usah kecewa meski tidak bisa berendam, tetap saja kedua bola mata Anda akan selalu dibuat kagum ketika mengunjungi tempat ini. agar lebih puas menikmati keindahan air panas ini, Anda bisa menyewa hotel atau penginapan yang ada di sekitar Air Panas Semurup, terdapat beberapa penginapan dengan berbagai pilihan harga yang bisa Anda pilih.

Paket wisata

6. Goa Kasah

Goa Kasah

Goa Kasah

Goa kasah merupakan goa yang konon katanya pernah ditinggali oleh manusia purba. Hal ini dibuktikan karena pada dinding-dinding goa terdapat lukisan dan tulisan, serta ditemukan juga kursi batu dan tempat yang menyerupai tempat tidur. Goa ini memang menyimpan banyak mesteri, tapi tetap saja Goa Kasah masih layak untuk Anda kunjungi.

Tak ada salahnya Anda menyempatkan diri datang ke Goa Kasah yang menjadi tempat bersejarah dan menjadi tempat yang penuh misteri. Di goa ini pun, Anda tetap bisa bersenang-senang dengan mencari spot foto yang menarik, berkemah, atau mengamati satwa. Bagaimana pasti Anda tetap tertarik untuk ke Goa Kasahkan?

7. Danau Kerinci

Danau Kerinci - Tempat wisata di Jambi

Danau Kerinci – Tempat wisata di Jambi

Destinasi wisata terfavorit di Kerinci berikutnya adalah Danau kerinci. Jika diposisi pertama ada Danau Toba sebagai danau terluas di Indonesia, maka di posisi kedua ada Danau kerinci. Danau Kerinci memang menjadi danau terluas kedua setelah Danau Toba. Tak hanya luas, Danau Kerinci juga sangat indah. Tak hanya berhenti disitu saja, daya tarik lain dari Danau Kerinci adalah kepercayaan bahwa dulunya danau ini merupakan tempat tinggal manusia megalitikum.

Hal ini diperkuat dengan ditemukanya batu-batu ukiran yang dipercaya berasal dari manusia megalitikum. Pasti akan seru sekali jika dapat berkunjung ke Danau Kerinci. Selain berwisata, pasti pengetahuan Anda tentang sejarah pun akan bertambah. Agar tambah seru, Anda bisa memancing di danau ini, pastikan Anda sudah membawa alat pancing ya.

8. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci - Tempat wisata di Jambi

Gunung Kerinci – Tempat wisata di Jambi

Gunung yang berada di antara pegunungan bukut barisan ini, merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci juga merupakan tempat wisata paling ikonk di kerinci. Jadi bagi Anda yang memang senang mendaki gunung, maka Anda wajib banget menaklukan gunung ini.

Saat berada di puncak gunung kerinci, Anda bakal disuguhi pemandangan yang begitu mempesona mata, dijamin mata Anda tidak mau berkedip sedikutpun. Bentangan alam yang indah dan penuh pesona inilah yang menjadikan Gunung Kerinci, menjadi tempat wajib dikunjungi oleh para pendaki.

9. Rawa Bento

Rawa Bento

Rawa Bento

Rawa Bento di Kerinci menjadi salah satu rawa tertinggi di pulau Sumatera, tepatnya rawa ini memiliki ketinggian 1333 mdpl. Rawa Bento menjadi tempat yang cocok untuk Anda yang menyukai burung. Ya, di rawa ini memang terdapat berbagai jenis burung, hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Rawa Bento.

Jika Anda memang ingin ke Rawa Bento, Anda bisa memulai rute dari Kota Sungai Penuh untuk menuju ke Desa Jernih. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Sungai Penuh ke Desa Jernih. Nah, dari Desa Jernih, Anda bisa memasuki kawasan Rawa Bento dengan menggunakan perahu Kano (perahu tradisional).

10. Danau Lingkat

Danau Lingkat

Danau Lingkat

Objek wisata terfavorit di Kerinci yang terakhir tapi bukan yang akhir adalah Danau Lingkat. Danau ini merupakan salah satu danau yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kabupaten Kerinci. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi pemandangan yang asri yang dipenuhi oleh hamparan pepohonan hijau. Lokasi danau ini tidak begitu jauh dari Desa Wisata Lempur, serta Anda tak perlu membayar mahal untuk menikmati keindahan Danau Lintang,

Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja. Anda perlu tahu juga, bahwa tidak akan ada perahu di danau ini, hal ini berkaiatan dengan lagenda yang dipercayai oleh warga sekitar. Legenda tersebut mengatakan bahwa pernah ada gadis yang hilang di Danau Lingkat, ketika sedang menaiki perahu di danau ini. Sebaiknya Anda yang berkunjung, juga mematuhi peraturan agar tidak menggunakan perahu di sekitar danau.

Sudah kebayang belum keindahan alam Kerinci? Daripada hanya sekadar membayangkan lebih baik Anda langsung saja datang ke Kerinci. Dijamin deh, mata Anda akan terpuaskan dengan keindahan alam di Kerinci. Ayo, tunggu apalagi segera persiapkan liburan Anda ke beberapa tempat wisata terfavorit di Kerinci, Jambi ini. Have a nice day !

10 Wisata Terfavorit di Kerinci Jambi yang Wajib Dikunjungi 1
Please follow and like us: