Objek Wisata Air Terjun Jumog Karanganyar, Harga Tiket dan Lokasi

Air Terjun Jumog Karanganyar – Air terjun ini berada tepat dibawah lereng gunung Lawu. Memberikan kesan yang asri dan sejuk membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Air terjun ini menjadi salah satu yang terkenal di Karanganyar.

Bagaimana tidak? Menyuguhkan panorama alam dan dihiasi pohon rindang disebelah kanan dan kirinya, membuat siapa saja betah dan nyaman saat berada di kawasan wisata ini. Udara dan hamparan pohon membuat pengunjung tidak merasa lelah saat melewati anak tangga.

Terdapat fasilitas menarik seperti jungkat-jungkit dan wahana bermain menarik laiinya. Untuk kalian yang membawa anak-anak dapat menikmati fasilitas kolam anak yang dalamnya hanya sekirar 50 cm dan tentunya aman digunakan oleh anak-anak dan balita.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Keindahan air terjun Jumog memang sudah tidak diragukan lagi ya. Selain menarik, tempat ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat sekitar tentang Air Terjun Jumog. Dengan adanya mitos tersebutlah menambah penasaran para wisatawan untuk datang kesini.

Air Terjun Jumog Karanganyar

Ada tempat menarik yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Air Terjun Jumog, yaitu di jalur menuju ke air terjun terdapat jalur khusus yang dapat dipakai untuk pijat refleksi kaki. Jalur ini memang sengaja dibuat dan dipasangi kerikil berbentuk bulat dan tertata rapi. Nah, untuk kalian yang masih penasaran, apa saja yang ada di Air Terjun Jumog. Yuk, simak artikel lengkapnya dibawah ini ya.

 

Alamat dan Rute Perjalanan

Alamat Air Terjun Jumog berada tepat di Jln.dk berjo Berjo, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793.

Untuk kalian yang ingin menuju ke tempat wisata ini. Akses jalan menuju ke air terjun Jumog cukup mudah dilalui walaupun jalanannya cukup menanjak namun kalian tidak perlu kawatir karena tanjakannya tidak terlalu tinggi dan aman dilalui. Jika kalian perjalanan dimulai dari kota Solo, kalian dapat mengikuti kea rah bagian timur. Nah, jika kalian sudah sampai di Karangpandan tinggal mengikuti saja jalut dan papan petunjuk arah disana.

Paket wisata
Pesona Air Terjun Jumog Karanganyar

Pesona Air Terjun Jumog Karanganyar

 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke tempat wisata ini kalian cukup membayar Rp 5.000 per orangnya. Jika kalian membawa kendaraan pribadi harus membayar parikir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tidak perlu kawatir karena disini sudah terdapat lahan parkir yang cukup luas.

 

Asal Usul dan Mitos Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog atau yang biasa di sebut dengan Air Terjun Pengantin oleh masyarakat sekitar tidak terlepas dari alasannya. Karena disana terdapat 2 air terjun yang berdekatan dalam 1 wilayah. Penduduk sekitar tempat ini dulunya bernama Grojokan Jumog atau Dugji. Karena air terjun ini menjadi dua komponen, oleh karena itu air terjun disini diberi nama Air Terjun Pengantin.

Mitos Air Terjun Jumog

Mitos Air Terjun Jumog

Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, bagi pasangan yang masih pacarana dan mendatangi tempat ini maka dapat mendekatkan ke arah yang lebih serius. Nah, untuk yang sudah menikah dan datang ke air terjun pengantin maka hubungan rumah tangganya semakin mesra dan harmonis. Namun, itu tadi hanyalah mitos boleh dipercaya boleh juga tidak. Semua tergantung dan kembali ke masing-masing orang.

 

Fasilitas yang Tersedia

Terdapat beberapa fasilitas pendukung untuk kenyamanan para pengunjung disini. Tempat disini juga terawatt dan bersih sehingga suasana liburan disini semakin nyaman. Dilengkapi dengan adanya kolam renang khusus untuk anak-anak dibawah tujuh tahun. Kolam renang ini hanya memiliki kedalaman 50 cm saja. Jadi aman untuk anak-anak dan balita.

Nah, untuk kalian yang ingin bermalam dapat menyewa homestay disekitar area tersebut, jaraknya kurang lebih 1 km dari tempat wisata air terjun ini. Untuk biaya penginapan kalian hanya merogoh kocek antara Rp 50.000-Rp 250.000. Disini juga dilengkapi dengan gazebo untuk kalian beristirahat. Terdapat banyak warung yang menyajikan makanan ringan dan minuman.

Itulah informasi mengenai Air Terjun Jumog Karanganyar yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Abadikan momen liburan kalian menggunakan kamera ataupun handphone. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di area wisata serta menaati aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola wisata. Agar liburan kalian semakin terasa menyenangkan dan aman.

Objek Wisata Air Terjun Jumog Karanganyar, Harga Tiket dan Lokasi 1
Please follow and like us: