8 Wisata Candi Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kompaswisata.com – Indonesia ialah negara kepulauan terbesar di dunia dengan berbagai seni dan budaya yang sangat beragam. Disini kamu dapat menyaksikan beragam seni dan budaya yang sangat indah nan megah untuk disaksikan. Candi Borobudur ialah bangunan candi Buddha terbesar di dunia yang menjadi pilihan pertama dari daftar candi terindah di Indonesia kali ini. Selain melihat kemegahan Candi Borobudur, disini kamu juga dapat menemukan Candi Prambanan, Candi Muara Takus atau Pura Ulu Danu Beratan yang berdiri megah diatas Danau Bratan di Pulau Bali.

Selain kaya akan kemegahan budayanya, Indonesia juga kaya akan keindahan alamnya yang membentang luas diantara 17.504 pulau yang ada sehingga tidaklah berlebihan bila Indonesia disebut sebagai negara paling beragam di dunia. Berikut daftar candi terindah di Indonesia dari berbagai daerah yang pastinya akan membuat kamu terpesona dengan hasil karya nenek moyang bangsa Indonesia.

1. Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur

Terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Candi Borobudur merupakan candi terindah di Indonesia yang sudah pasti wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Indonesia. Candi Buddha terbesar di dunia dan situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Di dunia ini berdiri anggun di atas bukit yang menghadap ke hutan hijau dan bukit-bukit indah di kejauhan.

Di bangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra, desain candi dalam arsitektur Gupta mencerminkan pengaruh India. Tetapi di candi ini kamu juga dapat menyaksikan cukup banyak adegan dan elemen adat untuk dimasukkan untuk menjadikan Borobudur sebagai bahasa yang unik. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 dan sejak saat itu telah mengalami serangakaian upaya penyelamatan dan pemugaran sehingga Candi Borobudur oleh UNESCO masuk Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan

Tempat wisata candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu Terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Provinsi Jawa Tengah ini merupakan candi terindah di Asia Tenggara dan termasuk kedalam situs warisan dunia UNESCO.

Cara terbaik untuk menikmati keindahan candi dan mengamati arsitektur candi secara rinci ialah dengan berjalan kaki mengelilingi candi. Komplek candi seluas 39,8 hektar dengan halaman utama terdiri tiga candi utama dan tiga candi pendamping, dua kuil apit dan delapan kuil Patok yang dikelilingi oleh pagar.

Sementara di halaman kedua ada sekitar 224 candi Pewarna lainnya. Berkeliling disekitar sini sambil mengamati ukiran relief yang cukup rumit akan membuat kamu sibuk sepanjang hari. Kemegahan candi akan membuat kamu akan cepat melupakan lingkungan di rumah karena disini kamu akan diajak kembali ke zaman kuno dimana ritual dan budaya mendominasi setiap bagian kehidupan.

Dibandingkan dengan candi-candi lainnya di Indonesia, Kuil-kuil dui Prambanan lebih mudah untuk dinavigasi dan lebih ramah untuk wisatawan. Selain dapat menikmati keindahan candi dengan ukiran-ukiran batu yang rumit dan indah, Kompleks candi juga dihiasi dengan taman-taman hijau dan toko-toko yang banyak menjual souvenir wisata.

3. Candi Muaro Jambi

Wisata Candi Muara Jambi

Pilihan candi terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Candi Muaro Jambi. Situs Candi Muaro Jambi merupakan komplek percandian Agama Hindu-Budha terluas di Asia Tenggara. Dengan luas sekitar 3981 hektar, candi ini kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia, candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11 pernah dikepung dan dihancurkan pada tahun 1377 oleh tentara dari Burma dan selama berabad-abad kemudian candi ini menghilang dan terlupakan di dalam hutan hingga ditemukan kembali pada tahun 1920 oleh tim ekspedisi militer Inggris.

Selain dapat menikmati kemegahan candi dan belajar sejarah di situs Candi Muaro Jambi, kamu juga dapat belibur menikmati panorama indah Sungai Batanghari dan objek wisata lainnya disekitar komplek candi.

4. Pura Besakih

Wisata Pura Besakih

Berdiri dengan sangat megah di lereng barat Gunung Agung dan disebut sebagai Kuil Ibu Bali Hindu, Pura Besakih atau Kuil Besakih salah satu candi terindah di Indonesia yang menawarkan nuansa pegunungan yang menakjubkan yang mengelilingi komplek candi yang indah ini.

Paket wisata

Terletak di desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia, Candi ini sangat mudah untuk kamu temukan, karena kebanyakan orang tahu bahwa Pura Besakih merupakan salah satu Tujuan Wisata Paling Populer Di Bali.

Kompleks candi agung ini telah di puja sebagai tempat suci sejak zaman kuno yaitu sejak tahun 1007 AD berdasarkan catatan prasasti yang ada. Sementara sejak abad ke-15, Pura Besakih dianggap sebagai candi sentral Hindu di Bali. Pura Penataran Agung atau “Kuil Besar Negara” ialah pusat kompleks candi dan merupakan tempat ibadah utama di Pulau Bali, sebuah kompleks yang terdiri dari dua puluh dua kuil di enam teras yang berdiri di atas pegunungan paralel.

5. Candi Mendut

Wisata Candi Mendut

Berada di jalan Mayor Kusen, kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Candi yang dibangun pada abad ke-9 dan dikenal sebagai yang tertua dari dua candi Buddha lainnya yaitu Candi Pawon dan Candi Borobudur, Candi setinggi 26,4 meter ini diyakini tidak hanya sebagai pusat praktik dan ritual Buddhisme tetapi juga diyakini Kejawen Jawa lokal sebagai tempat bermeditasi.

Ribuan orang akan berkumpul di Candi Mendut ini untuk memperingati Hari Waisak yang juga dikenal sebagai Hari Buddha untuk memperingati kelahiran Pangeran Sidharta. Do’a akan di mulai di Candi Mendut dan acara dilanjutkan dengan parade nyanyian berbaris menuju Candi Pawon dan Candi Borobudur. Selain itu setiap tahunnya juga sering diselenggarakan ritual penting berkah dengan air suci yang diambil dari mata air Jumprit di Kabupaten Temanggung yang melambangkan kerendahan hati. Vesak obor juga akan dinyalakan dari api yang diambil dari Mrapen yang dikenal sebagai api abadi alami di Desa Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

6. Candi Singosari

Wisata Candi Singosari

Objek wisata candi terindah di Indonesia selanjutnya yang dapat kamu kunjungi dan nikmati kemegahannya ialah Candi Singosari yang terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Candi nan megah ini berada pada lembah diantara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna pada ketinggian 512 mdpl.

Komplek pecandian seluas 200 m x 400 m ini menunjukkan bahwa Candi Singasari ialah candi yang tertinggi pada masanya. Bangunan candi terletak di tengah halaman dengan tubuh candi berdiri di atas batur kaki setinggi 1,5 meter, tanpa hiasan atau relief pada kaki candi. Tangga naik keselasar di kaki candi tidak diapit oleh pipi tangga dengan hiasan makara seperti yang terdapat pada candi-candi lainnya di Indonesia.

Selain itu, pintu masuk ke ruangan di tengah tubuh candi menghadap ke selatan berada pada sisi depan bilik penampil. Pintu masuk ini juga terlihat cukup sederhana tanpa bingkai berhiasan pahatan, Tetapi diatas pintu terdapat pahatan kepala kala yang juga sangat sederhana pahatannya.

7. Candi Kalasan

Wisata Candi Kalasan

Berada di desa Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, Candi Kalasan diyakini sebagai Candi Buddha Tertua Di Indonesia. Tempat wisata Candi yang berdiri diatas dasar 45 x 45 meter ini memiliki empat titik utama kardinal dengan tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kata-Makara dan juga kamar berukuran 3,5 meter persegi. Candi ini banyak dihiasi dengan patung-patung Buddha seperti Patung Boddhisattva dan Gana. Prasasti Kalasan yang ditemukan di dekat kuil menunjukkan bahwa prasasti itu selesai pada tahun Saka 700 atau sekitar tahun 778 AD yang ditulis dalam Bahasa Sansekerta menggunakan skrip Pranagari.

Salah satu ciri khas candi yang dapat kamu saksikan ialah atapnya yang berbentuk persegi delapan yang menampilkan gambar ukiran Tathagata yang menghadap ke empat titik kardinal yang masing-masing diapit oleh Patung Boddhisattva.

8. Candi Muara Takus

Wisata Candi Muara Takus

Wisata candi terindah di Indonesia yang terakhir dari list yang kita sediakan kali ini adalah Candi Muara Takus. Berada sekitar 122 kilometer dari kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, Candi Muara Takus dibangun oleh Sungai Kampar Kanan. Destinasi wisata candi ini memiliki bangunan batu bata terbesar di Pulau Sumatra yang ditemukan jauh di dalam hutan rimba. Disini kamu dapat menyaksikan stupa tinggi yang diapit oleh reruntuhan beberapa tempat suci batu bata lainnya.Bentuknya yang tinggi berbeda dari stupa Buddha berbentuk lonceng yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa.

Lokasi wisata Candi Muara Takus dibangun dari batu-batu sungai, batu pasir dan batu bata tanah yang telah direnovasi pada tahun 1980 lalu dapat kamu saksikan kemegahannya. Selain Candi Muara Takus, Di dalam komplek kamu juga dapat menyaksikan kemegahan Candi Tua, Candi Bungsu, stupa Mahligai dan Palangka.

8 Wisata Candi Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi 1
Please follow and like us: