Deretan 8 Gunung Terindah di Jawa Tengah yang Harus Dijelajahi

Kompaswisata.com – Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Hobi adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melepas penat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Ya, hobi seringkali dilakukan oleh seseorang karena kesenangannya terhadap suatu hal. Salah satu hobi yang seringkali diminati oleh kebanyakan orang adalah hobi mendaki atau naik gunung.

Anda punya hobi mendaki atau naik gunung? Sudah pernah taklukkan beberapa gunung terindah di Jawa Tengah? Atau mungkin Anda tidak tahu bahwa ternyata ada gunung di Jawa Tengah dengan keindahan alam yang eksotis dan luar biasa. Di artikel kali ini, kita akan rangkum beberapa destinasi wisata gunung terindah yang ada di Jawa Tengah. Langsung saja yuk simak ulasannya.

Gunung Terindah di Jawa Tengah

Untuk Anda yang suka naik gunung, pastikan Anda sudah mengunjungi dan melakukan pendakian ke beberapa gunung terindah di Jawa Tengah berikut ini.

1. Gunung Merbabu – Boyolali Magelang

Kawasan Sabana di Gunung Merbabu

Kawasan Sabana di Gunung Merbabu

Pertama, gunung terindah yang berada di pulau Jawa khususnya Jawa Tengah adalah gunung Merbabu. Bagi para pecinta alam, gunung Merbabu pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, gunung Merbabu adalah salah satu gunung terindah dengan ketinggian kurang lebih sekitar 3.145 mdpl.

Gunung merbabu berada di kawasan Boyolali, Jawa Tengah. Letaknya berdampingan dengan gunung Merapi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Setiap bagian gunungnya akan memanjakan sejauh mata memandang. Mulai dari padang sabana yang sangat eksotis dan juga suguhan kecantikan bunga edelweiss yang mempesona.

Gunung merbabu ini memiliki beberapa puncak yang menjadi favorit para pendaki. Antara lain adalah puncak kenteng songo, trianggulasi dan puncak syarif. Dari puncak gunung Merbabu, Anda bisa menikmati keindahan beberapa gunung di depan mata yakni Gunung Triple S, Gunung Lawu, Gunung Andong dan Gunung Prau.

2. Gunung Merapi –  Boyolali

Gunung Merapi

Gunung Merapi

SIapa yang tidak kenal dengan gunung lagendaris yang satu ini. Siapa sangka di balik cerita legendarisnya, gunung merapi juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Lokasi Gunung Merapi berada di DIY.

Walaupun gunungnya masih aktif, namun tak jarang para pendaki tetap ingin menikmati keindahannya walaupun memang sewaktu-waktu aktivitasnya bisa naik. Perjalanan untuk bisa sampai ke gunung merapi ini membutuhkan waktu sekitar 4 sampai dengan 5 jam lewat jalur Selo di Boyolali.

Anda bisa menikmati keindahan alam dan keeksotisan alam dari puncak Gunung Merapi.

3. Gunung Andong – Magelang

Gunung Andong

Gunung Andong

Gunung terindah di Jawa Tengah selanjutnya yang juga harus Anda kunjungi adalah Gunung Andong. Walaupun gunung Andong tidak memiliki tinggi setinggi gunung Merapi atau gunung Merbabu. Namun, gunung ini masih memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pendaki.

Pemandangan dari puncak gunung Andong yang indah dan mempesona bisa Anda nikmati bersama dengan teman, sahabat atau keluarga tercinta. Tinggi gunung Andong sekitar 1.726 mdpl. Anda bisa menikmati keindahan gunung Merbabu dan gunung Triple S dari puncak gunung Andong ini. Untuk jalur pendakiannya, Anda bisa melewati jalur Sawit yang adad di Magelang.

4. Gunung Prau – Wonosobo

Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung terindah dan juga terkenal di Jawa Tengah berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Prau. Gunung Prau adalah gunung tercantik yang ada di Jwa tengah. Tingginya hampir 3.000 mdpl dengan pemandangan sekitar gunung yang indah dan memanjakan mata.

Keunikan gunung Prau dibandingkan dengan gunung di Jawa Tengah lainnya yang menjadi daya tarik oleh para pendaki adalah puncaknya. Berbeda dengan puncak gunung yang lainnya, puncak gunung Prau dihiasi oleh padang rumput yang luas, hijau dan elok.

Paket wisata

Dari puncak gunung Prau Anda juga bisa melihat keindahan gunung Triple S yang luar biasa indah. Gunung Prau adalah puncak tertinggi dari rangkaian dataran tinggi tanah Dieng. Anda bisa pilih jalur pendekian melalui Jalur Patak Banteng di Wonosobo untuk ke puncak gunung Prau.

5. Gunung Lawu – Karang Anyar

Gunung Lawu

Gunung Lawu

Selain Gunung Prau, ada juga gunung indah di Jawa Tengah lainnya yang bisa Anda kunjungi yakni Gunung Lawu. Gunung Lawu berada diantara 2 provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu seringkali dijadikan destinasi favorit para pendaki karena kenyamanannya. Ada banyak warung yang tersedia di setiap pos pendakian gunung Lawu.

Sesampainya di puncak gunung Lawu, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Tak hanya itu, di puncak gunung Lawu juga terdapat monument bersejarah. Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang cukup mistis di Jawa Tengah. Jadi, jangan heran jika di setiap jalur pendakian Anda akan menemukan bau dupa yang cukup menyengat.

Untuk bisa mendaki ke puncak Gunung Lawu, Anda bisa melewati jalur Cemoro Sewu atau beberapa jalur lainnya.

6. Gunung Sindoro – Yogyakarta

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Untuk Anda yang kebetulan berdomisili di Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu gunung di Jawa Tengah yang satu ini. Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung favorit para pendaki yang ada di DIY, Jawa Tengah.

Gunung ini memiliki tinggi 3.150 mdpl dengan keindahan puncak gunung yang luar biasa. Tak hanya itu, di sepanjang perjalanan pendakian Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan padang Sabana yang hijau saat musim hujan dan dipenuhi dengan kecantikan bunga edelweiss yang mempesona.

Butuh waktu sekitar 5 sampai dengan 6 jam untuk bisa sampai ke puncak gunung Sindoro. Anda bisa lewati jalur pendakian melalui jalur Kledung, Temenggung untuk bisa sampai ke puncaknya. Namun, pastiikan Anda tetap waspada karena gunung Sindoro merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Tengah.

7. Gunung Sumbing atau Gunung Triple – Wonosobo

Kaki Gunung Sumbing

Kaki Gunung Sumbing

Lanjut ke gunung terindah di Jawa Tengah berikutnya yakni Gunung Sumbing atau yang biasa disebut dengan nama gunung Triple S oleh para pendaki. Disebut dengan gunung Triple S karena merujuk pada tiga nama gunung yang berawalan huruf S yakni gunung Slamet, Sindoro dan Sumbing.

Ya, Gunung Sumbing ini adalah tetangga Gunung Sindoro. Keindahan yang disuguhkan mirip dengan keindahan gunung Merapi dan Merbabu. Gunung ini berlokasi di antara tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Temanggung, Magelang dan Wonosobi. Untuk Anda yang tertarik untuk melakukan pendakian ke gunung Sumbing, Anda bisa melewati jalur Garung yang ada di Wonosobo.

8. Gunung Slamet – Purbalingga

Puncak Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet

Terakhir, untuk Anda yang penasaran bagaimana rasanya menaklukkan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Anda bisa coba lakukan pendakian ke Gunung Slamet. Ya, gunung Slamet adalah gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Tak hanya itu, keindahan alam yang luar biasa juga bisa Anda lihat dari puncak gunung Slamet ini.

Walaupun tracking pendakian gunung Slamet dikategorikan sulit, ditambah lagi status gunungnya juga masih aktif. Namun, tak sedikit pendaki yang penasaran dan ingin menaklukkan gunung terindah di Jawa Tengah yang satu ini.

Untuk Anda yang penasaran dan ingin melakukan pendakian ke gunung Slamet. Anda bisa melewati jalur Blambangan yang ada Desa Kutabawa, Purbalingga.

Jadi, gunung terindah di Jawa Tengah mana yang akan Anda taklukkan untuk pertama kalinya? Tetap waspada dan selalu berhati-hati ketika melakukan pendakian ya! Selamat mendaki dan menikmati keindahan alam gunung di Jawa Tengah.

Deretan 8 Gunung Terindah di Jawa Tengah yang Harus Dijelajahi 1
Please follow and like us: