10 Macam Kuliner Khas Malang yang Paling Dicari Wisatawan

Kuliner Malang – Bagi Anda para Travellers, kota Malang tentu menjadi salah satu kota yang wajib menjadi destinasi untuk dikunjungi di Indonesia. Bukan tanpa alasan, kota yang terkenal dengan cuaca sejuknya ini memang dikenal memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di mana, tempat wisata di Malang bisa dibilang sangat lengkap mulai dari pegunungan hingga pantai, wisata alam hingga wisata buatan. Tidak hanya itu saja, selain memiliki banyak tempat wisata menarik kuliner khas Malang juga menjadi alasan lain mengapa kota ini sangat menarik dijelajahi.

Nah, bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke kota di Jawa Timur yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan khasnya. Di mana, sebagai salah satu kota favorit wisata di Jawa Timur, Malang memang memiliki beragam makanan khas yang lezat dan nikmat. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas beberapa kuliner khas Malang yang wajib dicicipi ketika Anda berkunjung ke Malang. Di mana, beberapa makanan tersebut mungkin sudah cukup familiar bagi Anda. Baiklah, langsung saja kita simak ulasan Kompas Wisata di bawah ini.

 

Kuliner Khas Malang Terfavorit

 

1. Orem-orem

Orem orem Kuliner Khas Malang

Orem-orem – Kuliner Khas Malang

Jika di daerah lain khususnya Jawa Tengah ada makanan yang bernama Arem-arem, Malang memiliki makanan khas bernama Orem-orem. Berbeda dengan Arem-arem yang berbentuk seperti lontong dengan isian di dalamnya, kuliner khas Malang yang satu ini merupakan racikan makanan yang terdiri dari beberapa bahan seperti ketupat, tempe dan telur asin. Sekilas, jika dilihat memang Orem-orem ini memiliki tampilan yang mirip dengan opor. Pasalnya, makanan ini memang disajikan dengan kuah kaldu ayam yang kental dan lezat. Rasa dari Orem-orem ini sendiri gurih dan asin karena ada telur asin sebagai salah satu pelengkapnya.

 

2. Bakso Bakar Malang

Bakso Bakar Kuliner Khas Malang

Bakso Bakar – Kuliner Khas Malang

Bakso memang menjadi salah satu makanan khas Malang yang sudah lama terkenal. Bahkan, tidak sulit bagi kita menemui bakso Malang di berbagai daerah di Indonesia. Namun tidak hanya bakso biasa, di Malang juga ada jenis bakso lain yang juga cukup terkenal yakni bakso bakar. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang merupakan bakso yang cara pengolahannya dibakar. Meskipun sebenarnya makanan ini kini bisa ditemui di berbagai daerah namun bakso bakar Malang tetap wajib Anda cicipi ketika berada di kota Malang.

 

3. Cwie Mie Malang

Cwie Mie Kuliner Khas Malang

Cwie Mie – Kuliner Khas Malang

Dari namanya, makanan khas Malang yang satu ini memang terdengar cukup asing ditelinga orang luar kota Malang. Cwie Mie merupakan salah satu jenis olahan mie yang dicampur dengan berbagai bahan yang membuatnya enak. Sekilas, Cwie Mie ini mirip dengan mie ayam, namun yang membedakannya dari mie ayam adalah ayam yang digunakan disuwir halus. Berbeda dengan mie ayam yang biasanya disajikan dengan sawi atapun pangsit goreng sebagai topingnya, Cwie Mie ini disajikan dengan selada segar dan mangkuk pangsit.

 

4. Rawon

Rawon Kuliner Khas Malang

Rawon – Kuliner Khas Malang

Rawon bisa dibilang makanan yang sudah tidak asing lagi dan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Rawon dikenal dengan kuah hitam pekatnya dengan rasa yang unik dan lezat. Meskipun banyak terdapat rawon yang dijual di berbagai kota maupun daerah di luar Malang, namun Rawon Malang wajib Anda cicipi ketika berada di kota ini.

 

5. Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut Kuliner Khas Malang

Sego Goreng Mawut – Kuliner Khas Malang

Kuliner khas Malang yang selanjutnya ini bisa dibilang memiliki nama yang cukup unik yakni Segor Goreng Mawut. Di mana, mawut sendiri merupakan bahasa Jawa dari istilah kata berantakan, sedangkan sego goreng merupakan bahasa Jawa dari Nasi Goreng. Sehingga, nama Sego Goreng Mawut ini bisa diartikan sebagai Nasi Goreng Berantakan. Dibilang mawut atau berantakan bukan tanpa alasan. Pasalnya jika biasanya nasi goreng hanya terbuat dari nasi dan beberapa tambahan seperti daging maupun telur, Sego Goreng Mawut ini dicampur dengan mie goreng. Sehingga, hal ini membuat cita rasanya terbilang cukup unik dan lezat.

 

6. Tahu Campur

Tahu Campur Kuliner Khas Malang

Tahu Campur – Kuliner Khas Malang

Jika Semarang memiliki Tahu Gejrot, Malang juga memiliki kuliner khas degan bahan dasar tahu yakni Tahu Campur. Meskipun tidak sepopuler Rawon maupun Bakso Malang, namun Tahu Campur ini sangat wajib untuk dicicipi. Tahu Campur sendiri merupakan tahu yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya seperti toge, selada air, perkedel yang disiram dengan kuah sop. Rasa dari makanan khas Malang yang satu ini gurih dan segar dan sangat nikmat disantap ketika malam hari.

 

7. Mendol

Mendol Kuliner Khas Malang

Mendol – Kuliner Khas Malang

Mendol bisa dibilang sebagai kuliner khas Malang yang jika dilihat sekilas terlihat mirip combro yang berasal dari Jawa Barat. Namun, sebenarnya mendol ini berbeda dengan combro yang terbuat dari bahan dasar oncom. Di mana, makanan khas Malang yang satu ini terbuat dari bahan utama tempe yang dicampur dengan berbagai macam bumbu yang membuatnya memiliki rasa sedap.

 

8. Angsle Malang

Angsle Kuliner Khas Malang

Angsle – Kuliner Khas Malang

Angsle Malang bisa dibilang sebagai kuliner Malang yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai dessert karena rasanya yang manis. Kuliner khas Malang yang satu ini sekilas mirip dengan Sekoteng karena beberapa bahan dasar pembuatannya. Di mana, Angsle Malang ini biasanya terdiri dari irisan roti, kacang tanah dan kacang hijau yang juga ada di dalam Sekoteng. Namun bedanya pada Angsle Malang ini biasanya juga dicampur dengan putu mayang, tape singkong, ketan putih kuus serta bubur mutiara. Berbagai campuran tersebut membuat rasa dari Angsle Malang ini cukup menarik.

 

9. Es Durian Dempo

Es Durian Dempo Kuliner Khas Malang

Es Durian Dempo – Kuliner Khas Malang

Sama halnya seperti Angsle Malang, Es Durian Dempo juga merupakan salah satu makanan khas Malang yang sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup atau dessert. Tidak berbeda dengan es durian pada umumnya, Es Durian Dempo ini juga merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar buah durian. Di mana, untuk membuat rasanya menjadi semakin nikmat es durian tersebut dicampur dengan susu kental manis dan juga sirup. Es Durian Dempo ini sudah sangat terkenal di Malang, sehingga wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke kota ini.

 

10. Bakso Arema

Bakso Arema Kuliner Khas Malang

Bakso Arema – Kuliner Khas Malang

Nah, jajanan khas Malang yang terakhir adalah Bakso Arema yang tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Untuk diketahui, Arema merupakan sebuah nama dari klub sepak bola kebanggaan Malang. Tidak heran jika makanan khas Malang ini menggunakan nama tersebut sebagai ciri khasnya. Yang membedakan Bakso Arema dengan bakso pada umumnya adalah biasanya biasanya bakso ini memiliki banyak varian isi. Mulai dari bakso isi keju, isi sumsum, bahkan isi cabe rawit.

 

Nah, demikianlah beberapa ulasan yang dapat kita berikan mengenai kuliner khas Malang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota Malang yang ada di Jawa Timur. Dengan beragam kuliner khasnya tersebut, tidak heran jika Malang sangat cocok untuk Anda yang tertarik berwisata kuliner. Selamat mencicipi. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!