Liburan Keluarga ke Penangkaran Rusa, Pilih Maliran atau Cariu?

foto rusa maliran wikimedia org

foto: rusa maliran – wikimedia.org

Belum punya ide bakal mengajak keluarga liburan ke mana? Jika bosan dengan laut atau gunung, tak ada salahnya untuk membawa keluarga ke penangkaran rusa. Sebagai hewan yang biasanya ditemui di hutan luas, melihat rusa dari jarak dekat akan jadi pengalaman yang tak terlupakan untuk semua.

Selain Istana Bogor, ada dua tempat penangkaran rusa yang cukup ternama di Indonesia. Salah duanya adalah Maliran di Blitar dan Cariu di Bogor. Lalu, apa yang membedakan dua tempat penangkaran rusa ini? Yuk kita simak satu per satu.

Penangkaran Rusa Maliran, Blitar

Tempat wisata yang sempat populer beberapa tahun lalu ini berlokasi di desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Lokasinya tidak jauh dari jalur utama yang menghubungkan Blitar dan Kediri, dengan jarak sekitar 8 kilometer saja dari pusat kota.

Untuk menuju Penangkaran Rusa Maliran, pilihannya adalah membeli tiket bus menuju Blitar. Dari terminal Blitar, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan menuju Kediri, atau menyewa kendaraan untuk menuju ke Maliran.

Ketika tiba di Penangkaran Rusa Maliran, udara sejuk dari hutan yang ada di sana menjadi teman selama liburan. Dan tentu saja, pemandangan utamanya adalah rusa-rusa yang berlarian bebas ke sana – kemari.

Rusa-rusa ini hidup dengan bebas di alam terbuka dengan kondisi yang sangat sederhana. Pepohonan di sekitar tempat penangkaran dibiarkan seperti hutan pada umumnya dan menjadi tempat tinggal para rusa ketika malam tiba.

Kondisi penangkaran rusa Maliran sekarang memang sangat sederhana dan cukup sepi bila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Tapi bukan berarti tempat ini tidak layak dikunjungi. Karena bisa dibilang, tak ada tempat lain yang punya rusa lebih banyak dari Maliran di kawasan Jawa Timur.

Penangkaran Rusa Cariu

Buat kamu yang tinggal di kawasan Jawa Barat, Jakarta atau Banten, liburan bareng keluarga ke Penangkaran Rusa Cariu bisa jadi pilihan. Lokasinya berada di Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, tepatnya berada di perbatasan antara kota hujan itu dengan Cianjur.

Untuk menuju ke sana, jika tak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa beli tiket bus ke Bogor. Dari terminal, bisa lanjutkan perjalanan menuju Cariu dengan kendaraan umum atau sewa.

Seperti penangkaran rusa di Blitar, udara di penangkaran rusa Cariu juga sangat sejuk. Pepohonan yang rapat menjadi rumah bagi rusa dan sesekali mereka akan turun menyapa para wisatawan yang datang ke sana.

Namun berbeda dengan Maliran yang sederhana, penangkaran rusa Cariu ditata dengan baik dan memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari warung-warung makan sederhana, tempat istirahat, hingga tempat outbond dan spot foto prewedding.

Tiket masuknya pun murah, hanya sekitar Rp 8 ribu per orang. Dengan harga tiket semurah ini, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan rusa tanpa dibatasi oleh pagar. Pengunjung pun diperbolehkan untuk memberi makan rusa, biasanya berupa wortel yang sudah disediakan oleh pengelola.

Menarik bukan? Selain bisa menjadi tempat wisata dan refreshing, liburan ke penangkaran rusa juga bisa menumbuhkan rasa cinta kepada hewan dan menumbuhkan keberanian untuk menyentuh hewan jinak ini dari dekat.

Tunggu apa lagi, pesan tiket bus ke Blitar atau Bogor sekarang juga. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kini pesan bus online cukup memakai ponsel saja. Mudah dan banyak pilihan perusahaan otobus yang tersedia. Seru kan?

Nah, di antara dua pilihan di atas, mana yang paling kamu suka?

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!