5 Lokasi Camping di Gowa yang Menantang dan Patut Dicoba

Lokasi Camping di Gowa – Kegiatan camping atau berkemah yang biasanya menjadi hobi para petualang dan pendaki, kini sedang menjadi tren kekinian dengan menyasar wisatawan yang ingin merasakan suasana liburan di alam terbuka. Tapi mereka bukan pendaki atau petualang, jadi mereka tidak ingin repot menyiapkan perlengkapan untuk camping dan ransum makanan.

Terciptalah Glamping, singkatan dari Glamour Camping, yang menawarkan sensasi berkemah dengan fasilitas dan kenyamanan hotel. Gak perlu bingung untuk mendirikan tenda, menyiapkan makanan ataupun ribet saat ke kamar mandi, bahkan tempat tidur, karpet atau kipas angin/AC, semua sudah tersedia di dalam tenda. Kita hanya perlu bawa diri dan keluarga, serta uang tentu saja, karena kenyamanan ini harus ditebus dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Lokasi Camping di Gowa SulSel

Di daerah Sulawesi Selatan sendiri belum ada lokasi glamping seperti di Bandung atau Bali tapi ada banyak kok Lokasi camping di Gowa Sulawesi Selatan yang menjanjikan landscape menawan. Memang, dalam pelaksanaan camping dibutuhkan nyali dan keberanian tersendiri dalam menaklukkan trek menantang tapi segala kelelahan tersebut akan terbayarkan oleh keindahan alam yang ditawarkan di lokasi tujuan camping.

Salah satu lokasi wisata yang sering dijadikan tujuan untuk camping adalah Malino di Kabupaten Gowa, yang berlokasi sekira 90 km dari kota Makassar. Malino terletak di ketinggian 1500 dari permukaan laut dengan pesona alam luar biasa, objek wisata menarik dan flora fauna yang beraneka ragam. Tidak heran jika Malino sudah menjadi kawasan wisata populer sejak jaman penjajahan Belanda.

Selain Malino, ada juga desa Lembanna dan beberapa lokasi lainnya yang sering dijadikan lokasi camping asik dan menantang di Kabupaten Gowa ini. Simak yuk.

 

Hutan Pinus Malino

Wisata ke hutan pinus menjadi salah satu pilihan wisata alam yang sedang kekinian. Berfoto selfie atau wefie dengan background hutan pinus memenuhi feeds para pengguna instagram, coba saja search hastag #hutanpinus.

Hutan Pinus Malino

Hutan Pinus Malino

Hutan Pinus Malino sudah sejak lama menjadi tujuan populer jika sedang liburan ke Malino. Ada yang hanya sekadar datang untuk menikmati dan mengabadikan keindahan pohon pinus yang tumbuh tinggi berjejer memenuhi bukit dan lembah, tetapi ada juga yang memutuskan untuk camping di hutan pinus Malino. Bayangkan jika terbangun di pagi hari lalu menemukan embun yang memenuhi pucuk-pucuk daun pinus dan kabut tebal yang turun menambah indahnya suasana pagi di hutan pinus.

Di kawasan hutan pinus ini terdapat jejeran warung yang menyediakan beragam minuman dan makanan ataupun beberapa kebutuhan sehari-hari. Selain itu kita juga bisa menunggang kuda mengitari hutan pinus, jangan khawatir, kudanya jinak dan ada penjaganya juga.

 

Lembanna

Desa Lembanna umumnya sudah tidak asing lagi bagi para pendaki atau pecinta kegiatan alam terbuka di kawasan pegunungan Bawakaraeng. Desa ini merupakan desa terakhir yang menjadi titik awal pendakian ke gunung Bawakaraeng ataupun Lembah Ramma.

Desa Lembanna

Desa Lembanna

Keindahan Lembanna menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Lokasi Camping di Gowa. Ditambah lagi dengan keramahan masyarakatnya yang akrab dipanggil Tata’ yang menerima para pengunjung dengan tangan terbuka. Para pendaki biasanya mempercayakan penitipan motornya di rumah penduduk sekaligus menjadikan lokasi untuk beristirahat sebelum atau sepulang dari mendaki.

Paket wisata

Spot camping yang biasanya dipilih adalah di area air terjun Lembanna. Jaraknya hanya sekira satu kilometer dari pemukiman penduduk. Indahnya suasana pegunungan dengan lebatnya pepohonan, kabut, embun pagi dan kicauan merdu burung-burung akan menjadi pengalaman camping yang tak terlupakan.

 

Lembah Ramma

Pada tanggal 17 Agustus, Lembah Ramma biasanya ramai oleh para pengunjung yang ingin merayakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pun demikian di hari-hari besar lainnya misalnya hari Sumpah Pemuda, hari Pahlawan hingga malam pergantian tahun. Lembah Ramma menjadi alternatif lokasi camping yang ada di Gowa, karena jalur pendakiannya relatif lebih mudah dibandingkan jalur menuju puncak Bawakaraeng.

Lembah Ramma

Lembah Ramma

Rute ke Lembah Ramma dimulai dari Lembanna melewati area perkebunan wortel, bawang, kentang dan markisa milik warga Lembanna lalu memasuki hutan, melalui bebatuan dan akar pohon dengan trek menanjak dan menurun. Tapi jangan khawatir, karena rambu dan petunjuk menuju Lembah Ramma cukup jelas.

Biasanya para pengunjung hanya camping selama satu atau dua malam saja di Lembah Ramma, kecuali sedang ada kegiatan barulah mereka menginap lebih lama.

 

Lembah Loe dan Danau Tanralili

Lembah Loe (biasa juga disebut Lohe) adalah nama sebuah lembah yang tersembunyi di antara dua gunung yaitu Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobatang. Kawasan Lembah Loe tidak bisa dipisahkan dengan Danau Tanralili karena kedua tempat ini berdekatan dan merupakan spot camping dengan panorama alam yang menakjubkan.

Lembah Loe

Lembah Loe

Untuk menuju Lembah Loe dan Danau Tanralili harus melalui sebuah desa bernama Lengkese yang berlokasi di pelosok lereng pegunungan Bawakaraeng. Sejarah mencatat Gunung Bawakaraeng pernah mengalami musibah longsor yang menghancurkan desa Lengkese, namun seiring waktu bertahun-tahun kemudian desa ini kembali pulih, hijau dan rimbun.

Setiap akhir pekan, Lembah Loe dan Danau Tanralili nyaris tak pernah sepi dengan pengunjung. Menjelang pagi dan sore hari, pemandangan di lembah Loe sangatlah eksotis dengan turunnya kabut yang mengambang di ujung tebing dan pucuk-pucuk pohon dan dilewati bias sinar matahari.

Danau Tanralili

Danau Tanralili

Berkemah di alam terbuka memang meninggalkan sensasi dan kesan tersendiri. Minum kopi di tengah dinginnya cuaca, gitaran sambil menyanyi, api unggun dan gelak tawa di tengah dinginnya cuaca lalu keesokan harinya menjelajah daerah sekitar lokasi camping.

Demikianlah tadi informasi seputar lokasi camping di Gowa yang asik, menantang, dan tentunya dengan keindahan alamnya yang menawan. Jangan lupa ya untuk menyiapkan semua peralatan dan perbekalan yang dibutuhkan seperti tenda, sleeping bag, jaket tebal, senter, ransum, peralatan masak dan lain-lain. Dan satu hal penting lainnya, jangan tinggalkan sampah di lokasi camping. Biarkan kawasan asri tersebut tetap asri tanpa dikotori sampah peninggalan para pengunjung.

5 Lokasi Camping di Gowa yang Menantang dan Patut Dicoba 1
Please follow and like us: