10 Makanan Khas Semarang yang Terkenal dan Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Kuliner Semarang – Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam keunikan dan kebudayaan yang menarik. Tidak hanya itu saja, Semarang juga dikenal dengan beragam tempat wisata yang begitu memukau untuk bisa didatangi. Berbicara mengenai wisata, tentu tidak lepas dengan yang namanya kuliner ataupun makanan khas. Sebagai salah satu kota dengan destinasi wisata yang cukup banyak, makanan khas Semarang pun juga terbilang beragam. Salah satu yang paling terkenal adalah lumpia yang kepopulerannya sudah melegenda.

Namun demikian, makanan khas Semarang rupanya tidak hanya lumpia yang sudah banyak dikenal. Ada beragama makanan khas dari kota Atlas ini yang perlu Anda ketahui. Di mana, beragam makanan tersebut tentu bisa Anda cicipi atau bahkan dibawa pulang sebagai oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke kota ini. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahuinya lebih lengkap, pada pertemuan kali ini Kompas Wisata akan mengulasnya secara lengkap pada beberapa segmen di bawah ini.

 

Menu Makanan Khas Semarang

 

1. Lumpia

Lumpia Makanan Khas Semarang

Lumpia – Makanan Khas Semarang

Rekomendasi makanan khas Semarang yang pertama ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kawan-kawan travellers yang sudah pernah mengunjungi kota ini. Ya, ke Semarang rasanya belum lengkap jika Anda belum mencicipi makanan khas yang satu ini. Lumpia bisa Anda temui disetiap sudut kota Semarang. Kabarnya, Lumpia sendiri sebenarnya bukanlah makanan asli Semarang melainkan merupakan makanan yang dibawa dari Tiongkok sekitar 1930. Saat ini, varian dari Lumpia semakin banyak dan semakin membuatnya terkenal.

 

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto Makanan Khas Semarang

Bandeng Presto – Makanan Khas Semarang

Tidak hanya Lumpia, Bandeng Presto juga sudah cukup dikenal sebagai salah satu oleh-oleh atau makanan khas Semarang yang wajib Anda cicipi ketika ke kota ini. Seperti namanya, makanan yang satu ini memang merupakan makanan yang berbahan dasar ikan Bandeng. Di mana, yang membedakannya dengan bandeng lain adalah tulangnya yang sudah dimasak hingga lunak. Selain dijadikan sebagai salah satu kudapan ditempat, Anda juga bisa membawa Bandeng Presto ini sebagai oleh-oleh.

 

3. Babat Gongso

Babat Gongso Makanan Khas Semarang

Babat Gongso – Makanan Khas Semarang

Babat Gongso juga menjadi salah satu makanan atau kuliner khas yang ada di Semarang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, kuliner yang satu ini memang terbuat dari bahan dasar jeroan atau babat yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa dari Babat Gongso ini sendiri begitu lezat dengan perpaduan rasa manis dan pedas yang seimbang. Tidak heran jika hal tersebut membuatnya sangat layak dicicipi ketika Anda berkunjung ke Semarang. Anda bisa menemui Babat Gongso ini di berbagai sudut kota Semarang.

 

4. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal Makanan Khas Semarang

Tahu Gimbal – Makanan Khas Semarang

Nah, makanan khas Semarang yang selanjutnya ini mungkin juga sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tahu Gimbal memang sudah cukup terkenal dan sudah banyak tersebar di beberapa kota luar Semarang. Tahu Gimbal sendiri terdiri dari beberapa bahan seperti tahu goreng, tempe, irisan kol, dan juga gimbal yang disiram dengan sambal kacang. Gimbal sendiri merupakan sebutan untuk udang yang digoreng dengan tepung. Rasa dari Tahu Gimbal ini sendiri sangat lezat dengan paduan asa gurih, manis dan juga pedas.

 

5. Tahu Pong

Tahu Pong Makanan Khas Semarang

Tahu Pong – Makanan Khas Semarang

Tidak hanya Tahu Gimbal, Semarang juga memiliki makanan khas berbahan dasar tahu lainnya yakni Tahu Pong. Nama dari Tahu Pong ini sendiri merupakan singkatan dari tahu kopong atau kosong. Ya, berbeda dengan kebanyakan tahu yang memiliki isi di dalamnya, Tahu Pong ini tidak memiliki isi di dalamnya. Biasanya Tahu Pong ini paling enak disantap ketika kondisi masih panas dengan dicocol petis udang encer dan juga acar. Rasa Tahu Pong sendiri tidak jauh berbeda dengan tahu pada umumnya yakni gurih.

 

6. Soto Semarang

Soto Semarang Makanan Khas Semarang

Soto Semarang – Makanan Khas Semarang

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas soto masing-masing, tidak terkecuali Semarang. Makanan khas Semarang yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Di mana, Soto Semarang ini memiliki kuah bening dengan isian seperti bihun dan juga daging di dalamnya. Soto Semarang yang sudah cukup terkenal adalah Soto Bangkong yang kabarnya sudah berdiri semenjak tahun 1950.

 

7. Wingko Babat

Wingko Babat Makanan Khas Semarang

Wingko Babat – Makanan Khas Semarang

Wingko Babat juga bisa dibilang sebagai salah satu makanan atau oleh-oleh khas Semarang sudah cukup terkenal selain Lumpia. Wingko Babat sendiri merupakan makanan yang berupa kue atau jajanan sehingga tidak heran membuatnya menjadi oleh-oleh favorit. Seiring perkembangan zaman, Wingko Babat kini memiliki banyak varian rasa yang semakin membuatnya terlihat modern. Satu hal yang membuat Wingko Babat kerap menjadi oleh-oleh favorit Semarang adalah karena keawetannya. Meskipun demikian, Wingko Babat ini tidak menggunakan bahan pengawet buatan.

 

8. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Makanan Khas Semarang

Roti Ganjel Rel – Makanan Khas Semarang

Jika Anda membaca nama makanan khas Semarang yang satu ini mungkin memang terlihat agak aneh. Namun demikian, rasa dari roti yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Namanya yang agak terlihat aneh tersebut tidak lepas dari bentuknya yang memang mirip dengan bantalan atau ganjal rel kereta api. Anda bisa menemukan makanan yang satu ini di pusat oleh-oleh yang bisa ditemukan di beberapa gerai. Harganya pun terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan oleh-oleh kekinian artis. Pasalnya, Roti Ganjel Rel ini hanya dibanderol dengan angka Rp 20 ribuan per kotak.

 

9. Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala Manyung Makanan Khas Semarang

Mangut Kepala Manyung – Makanan Khas Semarang

Satu lagi kuliner kha Semarang yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Semarang adalah Mangut Kepala Manyung. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kepala ikan manyung. Ikan manyung sendiri bisa dibilang ikan yang cukup melimpah dan banyak ditemukan diperairan Semarang. Salah satu kedai Mangut kepala Manyung yang cukup terkenal adalah Mangut Kepala Manyung Bu Fat yang terletak tidak jauh dari Simpang Lima Semarang.

 

10. Pisang Plenet

Pisang Plenet Makanan Khas Semarang

Pisang Plenet – Makanan Khas Semarang

Pisang Plenet merupakan salah satu jajanan tradisional Semarang yang keberadaannya saat ini sudah cukup sulit ditemukan. Di mana, jajanan yang satu ini terbuat dari pisang kepok yang dibakar di atas arang dan kemudian di buat menjadi pipih dengan cara diplenet atau ditekan. Biasanya, jajanan khas Semarang yang satu ini bisa Anda temukan di gerobak-gerobak pinggir jalan. Harganya pun sangat murah meriah yakni hanya dibanderol dengan kisaran harga Rp 4000an saja per porsinya. Anda bisa memilih beragam toping untuk ditaburkan di Pisang Plenet ini seperti keju, coklat atau bahkan nanas.

 

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Semarang yang perlu Anda cicipi dan sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke kota Semarang. Beberapa makanan atau kuliner di atas, wajib menjadi sasaran untuk dicicipi ketika sedang berkunjung ke kota Semarang. Tidak hanya rasanya yang lezat, beberapa kuliner di atas juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah meriah. Selamat mencoba. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!