Mengenal Wisata Umbul Ponggok Klaten, Wahana Diving dan Snorkeling Air Tawar

Wisata Umbul Ponggok – Wahana bermain air di Klaten, Jawa Tengah ini memang keren dan unik. Diving dan snorkeling bisa kamu dapatkan disini. Dengan fasilitas lengkap yang ada di Umbul Ponggok, membuat aktivitas diving dan snorkelingmu jadi ajib banget.

Umbul Ponggok Klaten bisa di bilang mirip dengan wisata laut, pasalnya Umbul Ponggok Klaten ini memiliki wahana air yang jernih serta adanya banyak jenis ikan air tawar di dalamnya.

Menikmati serunya aktifitas diving dan snorkeling yang bisa membuat kamu betah dan rasanya tidak mau pergi dari lokasi ini. Destinasi wisata yang menjadi titik perhatian warga sekitar ini, bisa kamu tempuh dari berbagai macam rute yang mengarah ke wisata Umbul Ponggok.

Kali ini Kompas Wisata akan membahas lengkap apa saja yang disuguhkan ketika kamu berlibur ke Umbul Ponggok Klaten. Konon terdapat sejarah yang unik disana, jadi baca yang lengkap ya.

 

Sejarah Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah

Dalam catatan sejarah yang diyakini oleh masyarakat, Umbul Ponggok ini merupakan salah satu mata air tertua di daerah Klaten. Masyarakat setempat mengatakan bahwa ini telah ada sejak awal abad ke-19. Bahkan wahana ini sudah ada pada sejak pemerintahan Hindia Belanda.

Pabrik Gula di Umbul Ponggok

Pabrik Gula di Umbul Ponggok

Pada tahun 1920, daerah di sekitar sumber air (umbul) menjadi kawasan industri dengan pendirian pabrik gula. Pada saat itu Umbul Ponggok digunakan sebagai waduk air untuk memenuhi kebutuhan operasional pabrik gula. Daerah lama Umbul Ponggok dibangun menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa dinikmati saat ini.

Umbul Ponggok sendiri berasal dari kata Umbul yang artinya sumber air atau mata air dan Ponggok adalah nama daerahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa Umbul Ponggok ini berarti sumber mata air yang ada di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

 

Wisata Diving dan Snorkeling untuk latihan

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan dalam wisata air alami ini adalah latihan menyelam. kamu dapat melakukan kegiatan diving yang cukup aman disini, karena tidak ada ombak seperti di laut. Tapi kamu masih akan bisa merasakan sensasi seperti di laut karena kamu dapat melihat berbagai ikan hias warna-warni serta dasar kolam yang berupa pasir dan batu. Ditambah dengan air yang segar dan jernih dari sumber mata air alami.

 

Selain itu, tentu saja salah satu kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan saat mengunjungi objek wisata di Ponggok adalah snorkeling. Sama seperti Menyelam, snorkeling di sini juga relatif aman dibandingkan dengan di lepas pantai. Namun tetap dengan sensasi yang tidak jauh berbeda. Bahkan, kamu akan merasa sangat nyaman dengan air tawar yang jernih dibandingkan dengan air asin dan cenderung lengket.

 

Spot Foto Unik di Dalam Air

Selain dikenal sebagai tempat untuk belajar diving dan snorkeling, wisata Umbul Ponggok juga sering digunakan untuk kegiatan fotografi, atau lebih tepatnya berpoto di dalam air. Karena di kolam Superior Ponggok sendiri ada banyak spot foto yang sangat indah untuk kamu nikmati. Dengan tingkat kedalaman yang tidak terlalu dalam serta daya tarik air alam yang super jernih, sangat cocok untuk kegiatan fotografi, baik untuk profesional (preweding) atau hanya selfie maupun wefie bersama orang terdekat.

Spot Foto Unik Umbul Ponggok

Spot Foto Unik Umbul Ponggok

Selain itu, ada juga beberapa fasilitas lengkap yang sengaja diletakkan di kolam untuk berfoto atau selfie. Ada beberapa fasilitas peralatan yang diletakkan di dalam kolam untuk media foto antara lain sepeda motor antik, vespa antik, sepeda ontel dan beragam macam ornament menarik yang biasa kita jumpai di daratan namun kali ini adanya didalam air.

 

Harga Tiket Masuk dan Sewa Alat di Umbul Ponggok 2020

Seperti yang di lansir dari website resmi Umbul Ponggok, Harga tiket masuk Umbul Ponggok pada tahun 2020 mencapai harga Rp.15.000/orang. Itupun berlaku pada hari biasa maupun weekend day. Jika dilihat dari nuansa yang diberikan Umbul Ponggok, masih cukup murah sih dengan harga segitu.

Tak hanya itu, pengelola wahana air tersebut juga menawarkan fasilitas alat untuk di sewakan dengan paket lengkapnya sekitar Rp.250.000/orang. Apa saja sih peralatan itu?

  • Kamera Underwater
  • Perlengkapan Snorkeling
  • Perlengkapan Diving
  • Wahana Permainan

Rute Menuju Wisata Umbul Ponggok

4 Rute Menuju Wisata Umbul Ponggok

1. Rute Umbul Ponggok dari Solo

Bagi kamu yang dari Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Ngawi atau Magetan, rute terdekat jika kamu ingin nikmati nuansa wahana air Umbul Ponggok, kamu bisa melalui jalan tol Solo-Yogyakarta. Setelah melewati Delanggu pemberhentian pertama di terminal Klaten dari sisi kiri jalan.

Terminal ini terletak di persimpangan lampu lalu lintas disekitar situ, dari ancer-ancer tersebut dapat mengarah ke arah desa Ponggok. Dari sini mengambil arah ke kanan dan mengikuti jalan sampai kamu bertemu dengan markas Koramil di sisi kiri jalan di pertigaan. Ikuti arah petunjuk jalan sehingga sampai di Umbul Ponggok.

2. Rute Umbul Ponggok dari Jogja

Jika kamu dari arah Yogyakarta, rute ini bias dilalui dari jalan tol Yogyakarta-Solo. Sesampainya di persimpangan di depan rumah sakit Suradji Tirtonegoro, langsung saja melalui kota dari arah yang sama sampai menuju ke Gelarsena Klaten Sport Hall.

Setelah mencapai GOR, ambil kiri menuju Jatinom/Polanharjo sampai kamu menemukan persimpangan di dekat markas Koramil di sisi kiri jalan. Ikuti jalan dan Umbul Ponggok terlihat.

3. Rute Umbul Ponggok dari Boyolali

Jika kamu berangkat dari arah Boyolali, kamu langsung saja menuju Klaten melalui Jatinom. Setelah mencapai pasar Jatinom, pergilah menuju Penggung terminal.

Sebelum sampai di terminal, kamu akan melihat markas Koramil dari sisi kanan jalan dekat pertigaan. Setelah tiba di Koramil ambil kiri sisi jalan, terus ikuti aja jalur dan tak jauh dari situ Umbul Ponggok akan terlihat.

4. Rute Umbul Ponggok dari Arah Selatan

Jika kamu dari kota Yogyakarta kamu hanya perlu mengikuti jalan Raya Yogyakarta Solo, hingga sampai dari persimpangan Penggung kamu ambil kiri ke arah Jl Penggatin Jatinom, ke perempatan Karanganom belok kanan lalu akan ada jalan Karanganom yang menuju arah Ponggok. Lokasi Umbul Ponggok tepat berada di sisi jalan Delanggu Polanharjo.

Note : Alamat lengkap Wisata Umbul Ponggok berada di Jl. Delanggu-Polanharjo, Ds Ponggok, Kec Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, 57474, Indonesia.

Bagaimana menurut kamu dengan wisata kali ini? Indah banget bukan. Umbul Ponggok memang memiliki ciri khas unik. Dengan nuansa yang disuguhkan serta fasilitas peralatan alat sewa yang lengkap banget, tentunya membuat aktifitas liburan kamu lebih santai. Umbul Ponggok bisa kalian jadikan daftar liburan untuk selanjutnya. Sekian dari pembahasan kali ini, selamat berlibur and be happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!