Menikmati 2 Keindahan Objek Wisata Pulau Sempu yang Menawan

Objek wisata Pulau Sempu merupakan sebuah destinasi wisata yang cukup populer di Malang. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri dari sisi alamnya yang masih alami, garis pantainya yang panjang, dan ekosistem bawah lautnya yang indah. Salah satu pantai yang sangat terkenal di Pulau Sempu adalah Laguna Segara Anakan dengan pantai pasir putih yang luasnya lebih dari 4 hektar, terhampar sejauh mata memandang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Sempu pada liburan Anda kali ini, berikut Kompas Wisata berikan ulasan lengkap mengenai pulau indah di Malang ini sebagai referensi Anda.

 

Lokasi Pulau Sempu

Pulau Sempu berada di bagian selatan Pulau Jawa, secara administratifnya masih berada di kawasan Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasi Pulau Sempu

Rute Menuju Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah, karena itu sebelum menyeberang anda harus mengurus izin terlebih dahulu di UPT Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam yang ada di area Pantai Sendang Biru.

Untuk bisa mencapai ke lokasi objek wisata Pulau Sempu Anda harus menempuh perjalanan sejauh 80 Km jika berangkat dari Kota Malang. Perjalanan ini memakan waktu hingga 3 Jam. Pertama Anda harusĀ  menuju ke Pantai Sendang Biru sebelum kemudian menyeberang ke Pulau Sempu. Di Pantai Sendang biru Anda bisa menyewa perahu untuk mengantarkan Anda menyeberang, tarifnya Rp. 100.000 per orang. Penyeberangan dengan menggunakan perahu ini memakan waktu sekitar 20 menit.

 

Keindahan Objek Wisata Pulau Sempu

Jika perjalanan Anda lancar, maka waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di Pulau Sempu hanya akan memakan waktu tidak lebih dari 3 jam. Selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah Pulau Sempu.

Secara umum Objek wisata Pulau Sempu di dominasi oleh hutan tropis seluas 877 hektar. Kawasan hijau ini merupakan sebuah Cagar Alam yang di kelola oleh BBKSDA atau Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang berada di bawah naungan Departemen Kehutanan Indonesia. Karena statusnya yang dilindungi oleh pemerintah, maka kondisi alam yang ada di Pulau Sempu ini terbilang masih sangat hijau dan alami, udaranya juga bersih dan segar.

 

1. Laguna Segara Anakan

Objek wisata Pulau Sempu juga memiliki daya tarik berupa sebuah laguna dengan pantai yang indah bernama Laguna Segara Anakan. Namun untuk bisa mencapai spot indah di Pulau Sempu ini Anda harus melakukan perjuangan yang lumayan berat. Anda harus trekking menyusuri hutan tropis yang cukup lebat dan melewati trek yang curam selama kurang lebih 3 jam sebelum akhirnya bisa sampai di Laguna Segara Anakan.

Laguna Segara Anakan

Laguna Segara Anakan merupakan sebuah surga tersembunyi yang ada di Pulau Sempu. Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berada di Pantai Pribadi begitu sampai di lokasi. Laguna ini memiliki air yang sangat jernih dengan pasir pantainya yang putih bersih. Di sekelilingnya Anda akan melihat hutan tropis seolah menutupi laguna ini dari dunia luar.

Karena kawasan laguna ini merupakan kawasan konservasi yang di lindungi secara hukum, Anda harus memperhatikan apa yang Anda lakukan di laguna ini dengan sangat hati-hati. Jangan membuang sampah sembarangan ataupun merusak ekosistem yang ada. Selebihnya Anda bebas untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan mulai dari berenang, menyelam, atau berfoto di banyak spot yang sangat cantik di Laguna Segara Anakan Pulau Sempu ini.

 

2. Bermalam di Pulau Sempu

Hingga saat ini belum ada fasilitas penginapan yang tersedia di Pulau Sempu, hal ini dikarenakan karena memang sejatinya Pulau Sempu bukanlah kawasan yang di khususkan untuk pariwisata melainkan sebuah cagar alam. Namun bagi Anda yang ingin bermalam di pulau ini Anda bisa mendirikan kemah bersama rombongan Anda. Salah satu tempat terbaik untuk mendirikan tenda adalah di area pantai Laguna Segara Anakan.

Bermalam di Pulau Sempu

Pastikan Anda membawa semua perbekalan dan peralatan berkemah yang memadai. Sebelumnya Anda juga harus mendaftar di UPT yang ada di Pantai Sendang Biru jika Anda memutuskan untuk mendapat izin berkemah di Pulau Sempu.

Jika mendapatkan kesempatan bermalam di pulau ini, Anda akan mendapatkan banyak kejutan dan pengalaman liburan yang sangat berkesan. Pemandangan sunset di Pulau Sempu terkenal sangat indah, begitu pula dengan suasana saat malam tiba. Dan ketika bangun di pagi hari Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen berharga Anda di pulau ini dengan kamera terbaik Anda.

 

Bagaimana sobat traveller? sudah siap untuk menikmati keindahan objek wisata Pulau Sempu yang sudah melegenda ini. Jangan lupa untuk selalu persiapkan fisik dan perlengkapan sebelum menjelajahi alam yang baru. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda tentang Pulau Sempu sebelum mengunjunginya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Cari Kamar dan Tiket Pesawat dengan Harga Spesial Member Kompas Wisata di :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!