Gua Hawang, Obyek Wisata Indah Berbalut Mitos Bikin Awet Muda

Obyek Wisata Gua Hawang Kei – Bagi anda yang sedang berencana mengunjungi pulau Maluku sebagai destinasi wisata, ada baiknya anda mampir ke Kepulauan Kei. Lebih tepatnya ke obyek wisata Gua Hawang atau Hawang Cave yang terletak di Maluku Tenggara. Gua yang satu ini memiliki kolam air payau di dalamnya yang berasal dari mata air Evu yang kemudian bermuara di laut. Yang menarik, para pengunjung yang datang ke tempat tersebut pun diperbolehkan untuk berenang disana.

Ketika masuk ke dalam gua, para wisatawan sudah dapat meilihat air payau yang merupakan gabungan air laut dengan air tawar. Terlihat pemandangan air laut yang begitu indah dengan warna gradasi tosca, biru tua dan biru muda. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat stalaktit dan stalagmit yang menghiasi seisi gua.

Gua Hawang

Keunikan dan Mito Gua Hawang Kei

Ada satu keunikan yang menarik pada gua ini, yakni mitos awet muda dibalik keindahannya. Menurut warga setempat, siapa saja yang berenang di kolam gua ini akan awet muda serta lebih mudah mendapatkan jodoh. Tentunya hal ini hanya sebuah mitos belaka, namun anehnya hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesana.

Selain itu, di kawasan wisata ini awalnya merupakan sebuah tempat bersemedi untuk mendapatkan keturunan. Jadi selain bikin awet mudah dan mudah mendapatkan jodoh, gua ini juga dipercaya dapat membantu mendapatkan keturunan dengan lebih cepat.

Gua Hawang Kei

Sedangkan untuk keunikannya secara nyata adalah warna air yang nampak seperti halnya air laut namun memiliki rasa yang tidak asin. Selain itu di tempat tersebut juga terdapat tetesan air murni dari stalaktit yang menimbulkan bunyi pung-pung. Hal ini menimbulkan sensasi tersendiri ketika berada di tempat tersebut, layaknya berada di alam liar.

Suasana Gua Hawang Kei
Suasana di gua ini cukup tenang dan nyaman, bahkan cenderung sepi dari keramaian. Namun untungnya setiap kali ada wisatawan yang berkunjung kesana, anak-anak lokal kerap kali menyertai untuk berenang ataupun sekedar memandu wisata. Untuk anda yang hendak berkunjung kesana juga perlu sedikit hati-hati, karena ketika hendak masuk ke bibir gua harus terlebih dahulu menuruni anak tangga yang cukup licin.

Pada saat berenang pun harus lebih berhati-hati. Sebab meski memiliki kedalaman paling dalam sampai 3,5 meter, kolam di gua tersebut juga memiliki sebuah stalagmit besar di tengah-tengahnya. Dan mungkin saja di dasarnya juga terdapat stalagmit lainnya yang lebih kecil, tentunya akan sangat membahayakan bila sampai tidak sengaja menginjaknya dengan kaki.

Akses Menuju Lokasi Wisata Gua Hawang
Obyek wisata ini sendiri terletak di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Letvuan, Maluku Tenggara. Dan untuk menuju ke lokasi wisata para wisatawan dapat menggunakan transportasi angkot dari pasar Langgur dengan tarif Rp.7.000,- atau bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan tarif masuk Rp.25.000,- per mobilnya.

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!