10 Macam Oleh-oleh Cirebon yang Bisa Dijadikan Buah Tangan Terfavorit

Tidak hanya Bandung, Cirebon juga menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang cukup difavoritkan banyak wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. Tidak heran jika Cirebon juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang beragam jenisnya. Tidak berbeda dengan beragam oleh-oleh di kota lain, oleh-oleh Cirebon ini juga didominasi oleh kudapan atau makanan khas dan juga kerajinan asli dari kota udang tersebut. Sebagai kota yang terletak di tepi pantai utara Jawa, tidak heran jika Cirebon ini memiliki beragam oleh-oleh khas yang berupa makanan laut.

Namun demikian tidak hanya itu saja, beragam kerajinan khas Cirebon yang tidak sedikit jumlahnya juga menjadi salah satu hal lain yang bisa Anda dapatkan di Cirebon untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Di mana, salah satu souvenir yang paling terkenal dari Cirebon tentu saja adalah kain batik khasnya yang bahkan salah satu motifnya sudah dikenal hingga mancanegara. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai beragam oleh-oleh Cirebon yang bisa dibawa pulang, ayo simak ulasan Kompas Wisata berikut ini.

 

Aneka Oleh-oleh Cirebon

 

1. Batik Cirebon

Batik Oleh oleh Cirebon

Batik – Oleh-oleh Cirebon

Oleh-oleh Cirebon yang pertama akan kita bahas tentunya adalah Batik khas dari kota udang ini. Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, Batik Cirebon memang kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi. Salah satu ciri dari motif Batik khas Cirebon yang membedakannya dari Batik daerah lain adalah warnanya yang cerah. Meskipun demikian, proses pembuatan Batik Cirebon ini sebenarnya tidaklah berbeda dari Batik pada umumnya. Untuk mendapatkan Batik khas Cirebon ini, Anda bisa mengunjungi sentra Batik Cirebon yang dikenal dengan nama Trusmi. Di mana, di tempat ini Anda bisa memilih sesuka hati Batik mana yang cocok untuk Anda bawa pulang.

 

2. Terasi Cirebon

Terasi Oleh oleh Cirebon

Terasi – Oleh-oleh Cirebon

Cirebon memang dikenal sebagai kota penghasil udang yang melimpah di tepian utara Pulau Jawa. Bahkan melimpahnya produksi udang di Cirebon ini tersemat pada namanya yang membawa kata rebon atau udang. Sehingga, adalah suatu hal yang sangat wajib bagi Anda yang berkunjung ke kota ini untuk membeli terasi khas Cirebon sebagai oleh-oleh. Kualitas Terasi Cirebon yang dibuat dari udang kecil atau rebon bahkan diketahui sudah terkenal diseluruh pelosok Negeri ini. Sehingga, sangat layak jika Anda membelinya untuk dijadikan oleh-oleh Cirebon.

 

3. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay Oleh oleh Cirebon

Sirup Tjampolay – Oleh-oleh Cirebon

Tidak hanya terasi ataupun kain Batik, Anda juga bisa membawa Sirup Tjampolay sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Cirebon. Di mana, Sirup Tjampolay ini sendiri merupakan sirup khas Cirebon yang memiliki rasa unik pisang susu. Rasanya yang unik tersebut membuatnya sangat digemari bahkan tidak hanya oleh wisatawan namun juga oleh warga lokal. Anda bisa menikmati kesegaran dari Sirup Tjampolay ini sembari menikmati suasana hangat Cirebon di siang hari.

 

4. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat Oleh oleh Cirebon

Kerupuk Melarat – Oleh-oleh Cirebon

Dari namanya, oleh-oleh Cirebon yang satu ini memang terlihat sangat unik bahkan terkesan aneh. Namun demikian, rasa dari Kerupuk Melarat ini dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Pasalnya, Kerupuk Melarat ini sendiri sebenarnya tidaklah berbeda dari kerupuk lainnya dalam hal bahan dasar pembuatnya. Di mana, sama halnya dengan kerupuk pada umumnya, Kerupuk Melarat ini juga terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan berbagai bumbu. Namun, yang membedakannya dari kerupuk lainnya adalah cara penggorengannya yang tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir. Hal ini lah yang membuatnya memiliki nama Kerupuk Melarat. Meskipun digoreng dengan pasir, kebersihan dari Kerupuk Melarat ini tetap terjaga.

 

5. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang Oleh oleh Cirebon

Kerupuk Udang – Oleh-oleh Cirebon

Berbeda dengan Kerupuk Melarat yang digoreng menggunakan pasir, Kerupuk Udang khas Cirebon digoreng menggunakan minyak layaknya kerupuk pada umumnya. Cirebon yang terkenal dengan produksi udang yang melimpah memang membuat masyarakatnya memanfaatkannya untuk diolah menjadi beragam makanan. Di mana, salah satunya adalah Kerupuk Udang ini sendiri yang kepopulerannya pun tidak kalah dari Terasi Cirebon. Rasa dari Kerupuk Udang khas Cirebon ini renyah dan gurih sehingga sangat cocok digunakan untuk camilan maupun pendamping makanan lain seperti mie atau bakso.

 

6. Kue Gapit

Kue Gapit Oleh oleh Cirebon

Kue Gapit – Oleh-oleh Cirebon

Oleh-oleh Cirebon yang selanjutnya adalah Kue Gapit yang merupakan salah satu jajanan legendaris yang sudah ada sejak jaman dahulu di Cirebon. Di mana, Kue Gapit ini memiliki bentuk yang sangat tipis dan mirip dengan kue Simping. Rasa dari Kue Gapit ini sendiri kini cukup bervariasi mulai dari balado, bawang, rasa udang, manis bahkan rasa keju. Salah satu yang unik dari Kue Gapit ini adalah cara pembuatannya yang dipanggang menggunakan dua lempengan besi panas atau digapit. Tentu dengan keunikan dan kelezatannya tersebut sangat layak jika Anda membelinya untuk biah tangan.

 

7. Kerupuk Lambak

Kerupuk Lambak Oleh oleh Cirebon

Kerupuk Lambak – Oleh-oleh Cirebon

Tidak hanya Kerupuk Melarat dan juga Kerupuk Udang, Cirebon juga memiliki Kerupuk Lambak yang bisa Anda jadikan buah tangan ketika bekunjung ke Kota ini. Di mana, Kerupuk Lambak ini merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan dasar kulit sapi yang disamak dan dibersihkan sedemikian rupa kemudian diolah hingga mengembang. Bisa dibilang, Kerupuk Lambak ini mirip seperti Rambak yang ada di Jawa Tengah, bahkan mungkin proses pembuatannya pun sama. Rasa dari Kerupuk Lambak ini gurih dan tentu saja renyah dengan tekstur yang lembut ketika sudah dikunyah. Selain nikmat untuk dikudap secara langsung, Kerupuk Lambak juga nikmat untuk dicampur dengan beragam makanan.

 

8. Serabi Cirebon

Serabi Oleh oleh Cirebon

Serabi – Oleh-oleh Cirebon

Serabi bisa dibilang sebagai kue yang bisa Anda temukan diberbagai daerah di Indonesia. Namun demikian, setiap daerah tentu memiliki keunikannya tersendiri dalam membuat Serabi. Di Cirebon sendiri memiliki Serabi khas yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh Cirebon yang enak. Cara pembuatannya sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kebanyakan Serabi di daerah lain. Namun, Serabi khas Cirebon ini memiliki beragam toping yang lezat dan membuatnya menarik.

 

9. Rengginang

Rengginang Oleh oleh Cirebon

Rengginang – Oleh-oleh Cirebon

Rengginang merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang diracik atau dibuat sedemikian rupa. Rengginang memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah ketika digigit. Meskipun Rengginang bisa Anda temukan diberbagai daerah, namun ada satu hal yang membedakan Rengginang Cirebon dengan daerah lain. Hal tersebut adalah rasa dari Rengginang Cirebon yang gurih dengan rasa udang, keju atau bahkan terasi. Sehingga, selain enak dan renyah,Rengginang Cirebon ini memang cukup unik.

 

10. Ikan Asin

Ikan Asin Oleh oleh Cirebon

Ikan Asin – Oleh-oleh Cirebon

Oleh-oleh Cirebon yang terakhir dan tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Cirebon adalah Ikan Asin. Sebagai kota pantai yang melimpah dengan hasil laut, tidak heran jika di Cirebon Anda akan dengan mudahnya menemukan pengrajin Ikan Asin. Tidak heran jika kemudian Ikan Asin ini pun menjadi salah satu oleh-oleh yang kerap dibawa para pelancong ketika berkunjung ke kota Udang ini.

 

Nah, demikianlah beberapa ulasan yang perlu Anda ketahui mengenai beragam oleh-oleh Cirebon yang bisa Anda bawa pulang. Beraga oleh-oleh tersebut tentu bisa Anda dapatkan dengan mudah diberbagai toko oleh-oleh maupun souvenir khas Cirebon. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

One Response

  1. SenSen Juli 21, 2018
Close
error: Content is protected !!