10 Macam Oleh-oleh dari Lampung yang Bisa Anda Bawa Pulang

Lampung merupakan provinsi paling selatan di Pulau Sumatera yang juga berbatasan langsung dengan Pulau Jawa. Meskipun tidak terlalu banyak dikenal sebagai kota wisata, nyatanya Lampung memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu saja, sebagai jalur penghubung utama antara Pulau Jawa dan Sumatera membuat Lampung kerap dilalui banyak orang yang akan maupun dari Pulau Jawa menuju Sumatera da sebaliknya. Tidak heran jika banyak orang yang melalui Lampung dan mencari oleh-oleh dari Lampung.

Ada beragam oleh-oleh dari Lampung yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung atau bahkan sekedar singgah di kota ini. Di mana, banyaknya ragam oleh-oleh tersebut bisa Anda beli diberbagai gerai maupun toko-toko di pinggir jalan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai oleh-oleh dari Lampung, nampaknya kunjungan Anda kali ini sangat tepat. Pasalnya, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai hal tersebut secara lengkap di bawah ini.

 

Aneka Oleh-oleh dari Lampung

 

1. Kopi Lampung

Kopi Oleh oleh dari Lampung

Kopi – Oleh oleh dari Lampung

Kopi Lampung bisa dibilang sebagai oleh-oleh dari Lampung yang paling banyak diburu atau dicari ketika seseorang singgah di Lampung. Bukan tanpa alasan, Lampung diketahui merupakan salah satu daerah pemasok kopi terbesar di Indonesia. Tidak heran jika di Lampung Anda bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai penjual kopi berkualitas. Salah satu merek Kopi Lampung yang paling terkenal adalah Kopi Cap Bola Dunia yang merupakan merek kopi bubuk paling tua di Lampung.

 

2. Keripik Pisang

Keripik Pisang Oleh oleh dari Lampung

Keripik Pisang – Oleh oleh dari Lampung

Selain Kopi, kini Lampung juga terkenal dengan olahan pisang yang beraneka ragam salah satunya adalah keripik pisang aneka rasa. Bukan tanpa alasan jika pisang menjadi bahan yang banyak diolah sebagai kudapan khas Lampung. Pasalnya, diketahui jika produksi buah pisang di Lampung memang sangat melimpah. Yang unik dari Keripik Pisang di Lampung dan membedakannya dengan daerah lain adalah rasanya yang beraneka ragam. Di mana, jika biasanya keripik pisang disajikan dalam rasa gurih atau pedas, di Lampung keripik pisang ini ditawarkan dengan aneka rasa seperti coklat, bahkan keju. Selain nikmat, Keripik Pisang Lampung juga dibanderol cukup murah.

 

3. Dodol Sirsak

Dodol Sirsak Oleh oleh dari Lampung

Dodol Sirsak – Oleh oleh dari Lampung

Oleh-oleh dari Lampung yang selanjutnya ini mungkin tidak sepopuler Kopi Lampung ataupun Keripik Pisang Lampung. Namun, makanan yang satu ini dijamin sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang singgah di Lampung. Dodol Sirsak merupakan dodol yang dibuat dari buah sirsak yang banyak tumbuh atau ditanam di daerah Lampung. Tidak berbeda dengan dodol yang ada di daerah lainnya, Dodol Sirsak khas Lampung ini juga memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Dodol Sirsak ini sangat cocok untuk dimakan sembari meminum kopi di pagi hari.

 

4. Lempok Durian

Lempok Durian Oleh oleh dari Lampung

Lempok Durian – Oleh oleh dari Lampung

Lempok merupakan kudapan khas Lampung yang bahan dasar pembuatannya dan juga teksturnya mirip degan dodol. Perbedaannya, Lempok ini biasanya dicampur dengan durian yang membuatnya memiliki aroma dan rasa durian yang sangat kuat. Bagi Anda penggila durian, tentu sangat wajib untuk mencoba Lempok Durian ini ketika berkunjung ke Lampung. Selain memiliki rasa nikmat yang unik, Lempok Durian juga dibanderol cukup murah yakni sekitar Rp 30.000 hingga Rp 40.000an saja.

 

5. Kain Tapis

Kain Tapis Oleh oleh dari Lampung

Kain Tapis – Oleh oleh dari Lampung

Tidak kalah dengan daerah-daerah lain, Lampung juga memiliki kain khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Lampung. Di mana, kain tersebut bernama Kain Tapis yang memiliki motif khas Lampung dengan ciri khas flora dan fauna. Kain Tapis ini sendiri memiliki beragam jenis seperti Kain Tapis yang dibuat dengan cara tradisional hingga yang dibuat dengan cara modern menggunakan mesin. Biasanya, Kain Tapis yang diproduksi dengan cara tradisional yakni disulam akan dibanderol lebih mahal karena proses produksinya yang memakan waktu berminggu-minggu.

 

6. Souvenir Gajah Lampung

Souvenir Gajah Oleh oleh dari Lampung

Souvenir Gajah – Oleh oleh dari Lampung

Gajah bisa dibilang sebagai salah satu ikon ataupun kebanggaan dari warga Lampung. Bukan tanpa alasan, pasalnya di Lampung ini terdapat pusat penangkaran gajah Sumatera terbesar di Indonesia. Tidak heran jika ada banyak souvenir yang bernuansa gajah ketika Anda berkunjung ke Lampung. Di mana, biasanya souvenir bernuansa Gajah tersebut ada yang berupa patung, lukisan atau bahkan kaos gajah Lampung.

 

7. Pie Pisang

Pie Pisang Oleh oleh dari Lampung

Pie Pisang – Oleh oleh dari Lampung

Seperti yang sudah sedikit disinggung dibeberapa segmen di atas, jika Lampung memang terkenal dengan produksi buah pisang yang sangat melimpah. Tak heran jika ada banyak kudapan khas Lampung yang berbahan dasar pisang. Selain Keripik Pisang Lampung, Pie Pisang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh dari Lampung untuk Anda bawa pulang ke rumah. Di mana, bisa dibilang Pie Pisang ini merupakan oleh-oleh yang cukup baru di Lampung. Anda bisa mendapatkannya di gerai Pie Pisang yang terletak di beberapa titik di Kota Bandar Lampung.

 

8. Sambal Khas Lampung

Sambal Khas Lampung

Sambal Khas Lampung

Tidak hanya cemilan atau jajanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Lampung. Anda juga bisa mendapatkan sambal khas Lampung untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Di mana, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di banyak gerai toko oleh-oleh di Kota Bandar Lampung. Ada beragam jenis Sambal Khas Lampung yang biasanya dijual di toko oleh-oleh yang biasanya telah dikemas dalam wadah khusus. Salah satunya adalah Sambal Ikan Peda yang menjadi salah satu sambal khas Lampung tersebut.

 

9. Kerupuk Kemplang

Kerupuk Kemplang Oleh oleh dari Lampung

Kerupuk Kemplang – Oleh oleh dari Lampung

Lokasinya yang tidak jauh dari Palembang, memang membuat Lampung memiliki kebudayaan dan makanan khas yang tidak berbeda jauh. Salah satunya adalah Kerupuk Kemplang yang juga banyak ditemukan di Palembang. Kerupuk Kemplang sendiri merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan, tepung sagu, telur dan juga garam. Rasa dari Kemplang ini gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan atau bahkan dijadikan sebagai pendamping makanan lain seperti bakso.

 

10. Manisan Lampung

Manisan Oleh oleh dari Lampung

Manisan – Oleh oleh dari Lampung

Nah, oleh-oleh dari Lampung yang terakhir ini adalah manisan buah Lampung yang beragam jenis. Manisan sendiri memang tidak hanya ada di Lampung melainkan hampir di semua daerah di Indonesia. Namun di Lampung sendiri jenis buah yang dijadikan manisan ini biasanya cukup beragam seperti salak, pala, mangga dan buah-buahan lainnya. Selain terjangkau, manisan buah khas Lampung ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama meskipun pembuatannya tanpa pengawet buatan.

 

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh dari lampung yang perlu Anda ketahui dan perlu Anda beli ketika  berkunjung ataupun sekedar singgah di Lampung. Dengan informasi tersebut, kini Anda mengetahui jika Lampung yang selama ini dikenal sebagai kota transit dan penghubung dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya, nyatanya memiliki beragam oleh-oleh khas. Di mana, oleh-oleh khas tersebut bisa Anda dapatkan degan mudah di berbagai gerai maupun toko-toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh sudut Lampung.

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!