10 Aneka Oleh-Oleh khas Bandung yang Hits dan Wajib Dibeli

Cinderamata Bandung – Berbicara mengenai Bandung tentu tidak akan lepas dari yang namanya makanan maupun tempat wisatanya yang sangat banyak. Ya, Bandung saat ini masih menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia yang selalu dipadati wisatawan kala liburan tiba. Bahkan tidak hanya difavoritkan oleh wisatawan lokal Indonesia saja. Bandung juga disebut-sebut telah menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia bagi para turis dari negara tetangga seperti Singapura dan juga Malaysia. Tidak heran jika hal tersebut membuat toko oleh-oleh khas Bandung selalu dipadati para pembeli.

Bandung sebagai kota wisata memiliki banyak sekali oleh-oleh yang bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika Anda berkunjung ke kota kembang ini. Di mana, salah satu yang paling terkenal dari kota Bandung ini adalah tren fashionnya yang menjadi trendsetter di Indonesia. Tidak heran jika hal tersebut membuat Bandung dijuluki sebagai Paris van Java atau Paris dari Pulau Jawa. Namun demikian, oleh-oleh khas Bandung tidak hanya seputar fashion saja. Nah, berikut ini Kompas Wisata akan ulas secara lengkap di beberapa segmen di bawah ini.

 

10 Oleh-oleh Khas Bandung

 

1. Peuyeum Bandung

Peuyeum Oleh oleh Khas Bandung

Peuyeum – Oleh oleh Khas Bandung

Peuyeum bisa dibilang sebagai makanan atau oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal yang sudah ada sejak jaman dulu. Sebagai salah satu oleh-oleh favorit, Peuyeum memang sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Bandung. Peuyeum ini merupakan rebusan singkong yang difermentasi hingga rasanya menjadi manis. Harga dari Peuyeum Bandung ini sendiri cukup terjangkau untuk bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik.

 

2. Tas & Sepatu Cibaduyut

Tas Sepatu Cibaduyut Oleh oleh Khas Bandung

Tas Sepatu Cibaduyut – Oleh oleh Khas Bandung

Seperti yang sudah diungkapkan pada paragraf pembuka jika Bandung dikenal dengan industri kreatif dan fashionnya yang sangat maju. Tidak heran jika salah satu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh dari Bandung adalah produk tas dan juga sepatu. Di mana, Anda bisa mendapatkan produk tas dan sepatu buatan asli Bandung di kawasan Cibaduyut. Tidak kalah dengan produk tas dan sepatu buatan luar negeri, tas dan sepatu Cibaduyut ini pun sudah terkenal se-Indonesia. Bahkan, Presiden Jokowi pun sempat membeli sepatu yang dia pakai di kawasan Cibaduyut ini. Yang paling menarik tentunya adalah harganya yang murah meriah.

 

3. Pakaian dan Kaos Bandung

Pakaian dan Kaos Oleh oleh Khas Bandung

Pakaian dan Kaos – Oleh oleh Khas Bandung

Selain sepatu dan tas, di Bandung Anda juga bisa membawa produk-produk fashion lainnya sebagai oleh-oleh khas Bandung. Di mana, jika produk tas dan sepatu bisa Anda temui di kawasan Cibaduyut produk pakaian dan juga kaos khas Bandung ini bisa Anda temukan dengan mudah di Jalan Cihampelas, Jalan Dago, dan juga Jalan Riau. Di mana, di beberapa tempat tersebut Anda bisa dengan mudah menemukan produk-produk fashion khas Bandung yang bisa Anda beli di beberapa factory outlet atau distro. Ada berbagai brand atau merek terkenal di Indonesia yang membuka gerai resminya di kawasan ini.

 

4. Keripik Maicih

Keripik Maicih Oleh oleh Khas Bandung

Keripik Maicih – Oleh oleh Khas Bandung

Keripik Maicih merupakan salah satu camilan kekinian dari Bandung yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Meskipun saat ini Anda bisa mendapatkan keripik Maicih ini di berbagai kota ataupun dengan cara online, Anda tentu harus mendapatkannya langsung di Bandung. Satu hal yang cukup khas dari keripik Maicih ini adalah level kepedasan yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. harga dari keripik Maicih ini pun cukup terjangkau dan bisa Anda jadikan sebagai buah tangan murah meriah yang nikmat dari Bandung.

 

5. Oncom Raos

Oncom Raos Oleh oleh Khas Bandung

Oncom Raos – Oleh oleh Khas Bandung

Oncom bisa dibilang salah satu bahan makanan yang merupakan khas dari Jawa Barat yang banyak diolah menjadi berbagai makanan lezat. Tidak heran jika kita pun bisa menjadikan oncom sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Adalah Oncom Raos yang merupakan gerai yang menyediakan beragam makanan olahan oncom yang lezat dan nikmat. Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan yang terletak di Jalan Cihampelas 91 * atau tepat berada di pusat Kota Bandung.

 

6. Batagor Bandung

Batagor Oleh oleh Khas Bandung

Batagor Kuah – Oleh oleh Khas Bandung

Batagor merupakan makanan khas Bandung yang kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi dan sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di mana, Batagor ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu dan bakso yang digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang yang memiliki rasa gurih dan juga pedas atau dengan kuah yang lebih nikmat dilidah. Selain cocok dimakan secara langsung, Batagor sangat cocok dijadikan oleh-oleh dalam kondisi mentah. Saat ini, Anda bisa mendapatkan Batagor mentah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh di berbagai toko oleh-oleh di kota tersebut.

 

7. Tahu Lembang

Tahu Lembang Oleh oleh Khas Bandung

Tahu Lembang – Oleh oleh Khas Bandung

Jika Anda cukup familiar dengan Tahu Sumedang, Bandung juga memiliki produk tahu khas yang kini sudah banyak diketahui. Yang membedakan Tahu Bandung dari tahu Sumedang adalah bahan dasar pembuatannya yang dicampur dengan susu. Rasa dari Tahu Lembang Bandung ini sendiri gurih dan tentu saja empuk. Rasa gurih tersebut tidak lepas dari susu yang menjadi salah satu campuran bahan pembuatan dari tahu ini. Anda bisa menemukan tahu ini di daerah Lembang Bandung yang juga cukup terkenal sebagai destinasi hits dikalangan para wisatawan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa secara langsung melihat proses pembuatannya.

 

8. Cireng

Cireng Oleh oleh Khas Bandung

Cireng – Oleh oleh Khas Bandung

Selain Batagor, Cireng juga dikenal sebagai salah satu jajanan Bandung yang sudah cukup populer tak hanya di Bandung namun juga di Indonesia. Sebagai salah satu jajanan favorit yang ada di Bandung, tentu sangat layak jika Anda menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Di mana, meskipun sebenarnya Cireng ini tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama jika sudah dimasak, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Anda bisa membelinya dalam kondisi mentah untuk kemudian digoreng ketika Anda sampai di rumah.

 

9. Kue Artis

Kue Artis

Saat ini, tren kue artis yang dijual sebagai oleh-oleh khas memang sedang menjamur di berbagai kota yang banyak didatangi wisatawan di Indonesia. Salah satunya adalah Bandung yang memiliki beragam kue artis yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Ada beberapa artis ternama yang membuka gerai kue di Kota Bandung yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas dari kota Kembang ini. Beberapa artis tersebut seperti Laudya Chintya Bella, Pevita Pearce dan beberapa artis lainnya.

 

10. Kerajinan Tangan Lembang

Kerajinan Tangan Lembang Oleh oleh Khas Bandung

Kerajinan Tangan Lembang – Oleh oleh Khas Bandung

Selain memiliki kuliner Tahu Lembang yang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung, daerah Lembang yang terkenal dengan hawa dinginnya ini juga terkenal dengan kerajinan tangannya. Di mana, di kawasan wisata yang cukup terkenal di Bandung ini ada banyak pengrajin yang bisa Anda jadikan Cinderamata. Di mana, kerajinan yang dijual di Lembang biasanya berupa tas anyaman, keramik hingga beragam kerajinan dari bambu.

 

Nah, demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai oleh-oleh khas Bandung yang cukup beragam jenisnya. Di mana, beragam jenis dari oleh-oleh tersebut bisa Anda pilih untuk dibawa pulang dari kota Bandung yang cantik. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!