10 Oleh-oleh Khas Jogja yang Patut Kamu Bawa Pulang

Jogja merupakan sebuah daerah yang terkenal sebagai pusat berkembang dan tumbuhnya budaya Jawa yang hingga kini masih terus terjaga. Kebudayaan Jawa yang masih sangat kental di kota ini, membuatnya banyak di datangi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya karena budayanya saja, Jogja juga dikenal dengan beragam tempat wisata yang sangat menarik. Di mana, tempat wisata di Jogja ini sangatlah beragam mulai dari wisata sejarah, alam hingga wisata buatan. Selain memiliki banyak destinasi tempat wisata yang beragam, oleh-oleh khas Jogja juga dikenal sangat beragam.

Beragam oleh-oleh tersebut bisa Anda dapatkan diberbagai tempat di sudut kota Jogja. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Jogja tentunya adalah Jalan Malioboro yang terletak tepat di tengah kota Jogja. Di tempat ini, beragam oleh-oleh mulai dari kerajinan, kaos hingga makanan khas Jogja bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Nah, kira-kira apa saja oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang dari kota Jogja ini?

 

Oleh-oleh Khas Jogja yang Paling Terkenal

 

1. Kain Batik

Kain Batik Oleh-oleh Khas Jogja

Kain Batik – Oleh oleh Khas Jogja

Batik merupakan warisan budaya nenek moyang Indonesia yang sudah diakui oleh Dunia. Jogja yang merupakan kota pusat bertumbuhnya budaya Jawa dari masa lalu hingga saat ini dikenal dengan kain batik khasnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Di mana, batik bisa dibilang menjadi oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diburu wisatawan ketika berkunjung ke kota Pelajar ini. Anda bisa mendapatkan kain batik ini di kawasan daerah sekitar Malioboro yang dibanderol dengan harga terjangkau.

 

2. Bakpia

Bakpia Oleh oleh Khas Jogja

Bakpia – Oleh oleh Khas Jogja

Berbicara mengenai Jogja tentu sudah pasti Anda akan terlintas dengan kue Bakpia yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja paling terkenal. Makanan yang konon berasal dari China ini kini sudah menjadi oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Pada awalnya, produksi Bakpia ini hanya di lakukan oleh warga yang bermukin di kampung Pathuk Yogyakarta yang tidak jauh dari kawasan Malioboro. Seiring dengan perkembangan kepopulerannya, kini Anda bisa menemukan Bakpia di berbagai sudut kota Jogja. Namun demikian, jika Anda ingin melihat proses pembuatan Bakpia di tempat asalnya, Anda bisa mengunjungi Kampung Pathuk.

 

3. Yangko

Yangko Oleh oleh Khas Jogja

Yangko – Oleh oleh Khas Jogja

Jika di Semarang ada Wingko, maka di Jogja juga memiliki oleh-oleh yang memiliki nama hampir mirip yakni Yangko. Yangko merupakan kue yang menyerupai mochi di Jawa Barat dengan tekstur empuk, lembut dan manis. Bahan utama pembuat dari Yangko ini adalah tepung ketan yang dicampur dengan beragam bahan dan diproses. Yangko sendiri disebut-sebut berasal dari daerah Kota Gede gi Jogja yang merupakan Ibu Kota dari Kerajaan Mataram di masa lalu. Di mana, Yangko sendiri pada masa lalu merupakan makanan yang hanya bisa dinikmati oleh para Raja.

 

4. Geplak

Geplak Oleh oleh Khas Jogja

Geplak – Oleh oleh Khas Jogja

Tidak berbeda dengan dua oleh-oleh yang dibahas pada poin sebelumnya, Geplak juga merupakan oleh-oleh khas Jogja yang memiliki rasa manis dan legit. Di mana, Geplak sendiri merupakan kue yang terbuat dari parutan kelapa kasar yang dimasak dengan dicampur gula. Saat ini, Geplak ini banyak ditawarkan dalam beragam varian rasa yang kian banyak. Selain memiliki rasa yang khas, Geplak juga dibanderol cukup murah yakni berada di kisaran harga Rp 16 ribuan per-kilonya. Untuk diketahui, Geplak sendiri merupakan makanan yang berasal dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Anda bisa menemukan Geplak ini diberbagai toko oleh-oleh dan tentu saja di Jalan Malioboro.

 

5. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu Oleh oleh Khas Jogja

Kaos Dagadu – Oleh oleh Khas Jogja

Jika di Bali ada kaos Joger, maka di Jogja ada kaos Dagadu yang merupakan produk kreatif yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Jogja. Dagadu sendiri merupakan nama brand dari kaos kreatif yang sudah lebih daro 20 tahun ada di Jogja. Tidak hanya kaos, Dagadu juga memiliki beragam produk kreatif lain seperti sticker, gantungan kunci hingga tas yang sangat menarik. Saat ini, ada tiga gerai resmi Dagadu di Kota Jogja yang bisa Anda datangi untuk membeli produk-produknya.

 

6. Salak Pondoh

Salak Pondoh Oleh oleh Khas Jogja

Salak Pondoh – Oleh oleh Khas Jogja

Salak Pondoh merupakan buah-buahan khas yang banyak ditanam di daerah lereng Gunung Merapi Sleman Yogyakarta. Di mana, ciri khas dari Salak Pondoh ini sendiri memiliki rasa manis yang legit dengan tekstur yang masir. Selain di daerah Sleman Yogyakarta, Salak Pondoh ini juga banyak tumbuh atau ditanam di daerah Magelang yang tidak jauh dari Yogyakarta.

 

7. Kerajinan Perak Kota Gede

Kerajinan Perak Kota Gede Oleh oleh Khas Jogja

Kerajinan Perak Kota Gede – Oleh oleh Khas Jogja

Kota Gede yang merupakan kota lama pusat peradaban Kerajaan Mataram di masa lalu memang memiliki beragam hal yang sangat menarik untuk ditelusuri. Tidak hanya sejarahnya, di Kota Gede juga masih memiliki suasana yang sangat kental dengan nuansa Jawa Kuno di berbagai sudutnya. Salah satu hal yang sudah terkenal di Kota Gede ini adalah kerajinan perak yang banyak dibuat oleh warga lokal. Ada beragam aksesoris dan juga souvenir berbahan perak yang bisa Anda dapatkan sebagai oleh-oleh khas Jogja di kawasan Kota Gede ini. Untuk diketahui, Kota Gede berada di sebelah selatan kawasan Keraton sekitar 30 menit dari kawasan Malioboro.

 

8. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan Oleh oleh Khas Jogja

Gerabah Kasongan – Oleh oleh Khas Jogja

Jika di kawasan Kota Gede terkenal dengan kerajinan peraknya, maka Kasongan yang terletak tidak jauh dari Keraton Jogja ini terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Di mana, kerajinan gerabah atau tanah liat ini kabarnya sudah ada di desa Kasongan, Bantul ini semenjak abad ke 17. Kini, kerajinan gerabah Kasongan ini bahkan menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan manca negara yang berkunjung ke kota Jogja.

 

9. Gudeg

Gudeg Oleh oleh Khas Jogja

Gudeg – Oleh oleh Khas Jogja

Bisa dibilang, Gudeg merupakan makanan atau kuliner paling terkenal yang ada di Jogjakarta yang menjadi buruan favorit para wisatawan. Namun kini, Anda pun tidak hanya bisa menjadikan Gudeg sebagai kuliner yang bisa dimakan di tempat. Pasalnya, kini sudah ada Gudeg kering atau Gudeg kaleng yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang. Dengan kemasan kaleng tersebut, Gudeg kini mampu bertahan lebih lama hingga beberapa hari.

 

10. Coklat Monggo

Coklat Monggo Oleh oleh Khas Jogja

Coklat Monggo – Oleh oleh Khas Jogja

Tidak hanya Bakpia dan berbagai kue tradisional, di Jogja Anda juga bisa menjadikan Coklat Monggo sebagai oleh-oleh. Di mana, Coklat Monggo ini merupakan coklat yang diproduksi dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatra dan juga Sulawesi. Meskipun dibuat dari biji coklat lokal, cita rasa dari Coklat Monggo ini tidak kalah dari cita rasa coklat Belgia.

 

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda dapatkan untuk bisa dibawa pulang ketika Anda berkunjung ke kota Pelajar yang juga kota Budaya ini. Selain beberapa oleh-oleh di atas, ada banyak oleh-oleh atau hal lain yang bisa Anda dapatkan dan dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Jogja.

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!