10 Macam Oleh-oleh Khas Malang Terlaris dan Menjadi Favorit Wisatawan

Oleh-oleh Khas Malang – Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan beragam wisatanya baik wisata alam maupun buatan. Sebagai kota wisata, Malang tidak hanya menyediakan destinasi atau tempat wisata yang menarik. Kota dingin ini juga memiliki beragam oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke kota tersebut. Di mana, beragam oleh-oleh tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah diberbagai gerai toko oleh-oleh yang tersebar diberbagai sudut kota Malang.

Salah satu oleh-oleh ataupun buah tangan yang paling mainstream dibawa ketika seseorang berkunjung ke kota Malang tentunya adalah makanan khas Malang. Di mana, makanan khas Malang yang bisa Anda jadikan oleh-oleh pun cukup banyak. Namun tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjadikan beragam souvenir sebagai oleh-oleh khas Malang yang menarik untuk dibawa pulang. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak beberapa segmen di bawah ini.

 

Pilihan Oleh-oleh Khas Malang

 

1. Apel Malang

Apel Malang

Apel Malang

Oleh-oleh khas Malang yang pertama dan paling wajib untuk Anda bawa pulang dari kota Malang tentunya adalah Apel Malang. Di mana, Apel malang memang kepopulerannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Suasana dan cuaca yang sejuk memang membuat tanaman buah apel tumbuh subur di Kota malang ini. Ada dua jenis apel yang paling terkenal di Malang yakni Apel Manalagi dan juga Apel Nana. Anda bisa membeli Apel Malang ini di pedagang pinggir jalan atau langsung memetik dari pohonnya dengan mengunjungi agrowisata.

 

2. Sari Apel

Sari Apel

Sari Apel

Masih berkaitan dengan buah Apel yang produksinya melimpah di Kota Malang yang bisa dibuat menjadi bermacam-macam olahan. Salah satunya adalah Sari Apel ini yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu oleh-oleh. Sari Apel sendiri biasanya sudah dijual dalam berbagai kemasan mulai dari kecil hingga besar. Anda bisa mendapatkan Sari Apel ini di berbagai gerai oleh-oleh yang ada di Kota Malang tersebut.

 

3. Keripik Buah

Keripik Buah

Keripik Buah

Produksi buah yang melimpah di Malang memang membuatnya banyak diolah menjadi beragam olahan yang menarik. Di mana, salah satunya adalah diolah menjadi keripik buah yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang. Keripik buah ini merupakan sebuah inovasi yang membuat persediaan buah yang melimpah menjadi bisa dikonsumsi lebih lama atau dengan kata lain lebih awet. Biasanya, beberapa buah yang dijadikan sebagai keripik diantaranya adalah apel, salak, kelengkeng, rambutan dan bahkan semangka.

 

4. Keripik Ceker

Keripik Ceker

Keripik Ceker

Tidak hanya keripik buah, Malang juga memiliki oleh-oleh yang berupa keripik lainnya yakni Keripik Ceker. Seperti namanya, makanan yang satu ini memang terbuat atau berbahan dasar dari ceker. Selain memiliki rasa yang nikmat, Keripik Ceker disebut-sebut memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Gizi tersebut diantaranya adalah asam amino, kolagen dan juga kalsium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, Keripik Ceker khas Malang ini juga dibanderol dengan cukup terjangkau.

 

5. Malang Strudel

Malang Strudel

Malang Strudel

Oleh-oleh khas Malang yang satu ini bisa dibilang sebagai oleh-oleh yang cukup baru dan kekinian di Kota Malang. Di mana, Strudel sendiri merupakan makanan atau kue yang berasal dari Austria yang dibuat dengan adonan tepung dan berbagai bahan lain. Meskipun berasal dari Eropa, namun kini Strudel sudah menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke kota Malang. Untuk diketahui kue Malang Strudel ini merupakan salah satu dari kue artis kekinian ang banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di mana, untuk Malang Strudel ini sendiri membawa nama besar dari sang pemilik yakni Aktor Teuku Wisnu yang kabarnya menjadi pelopor maraknya oleh-oleh kekinian artis.

 

6. Pia Mangkok

Pia Mangkok

Pia Mangkok

Jika di Jogja ada Bakpia, maka di Malang juga ada kudapan bernama Pia Mangkok yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Di mana, Pia Mangkok sendiri memiliki tekstur yang empuk dengan kulit yang renyah dan garing ketika digigit. Hal ini membuatnya berbeda dengan Bakpia ataupun Pia Bandung. Bagi Anda yang berkunjung ke Malang, wajib hukumnya bagi Anda untuk membawa pulang oleh-oleh yang satu ini. di mana, Anda dapat mendapatkannya dengan mudah dan dengan harga terjangkau di berbagai gerai oleh-oleh di Malang.

 

7. Carang Mas

Carang Mas

Carang Mas

Carang Mas ini merupakan salah satu makanan khas Malang yang dibuat dengan bahan dasar Apel. Di mana, pada awalnya Carang Mas ini pertama kali diciptakan dibuat oleh Ibu Nazil sekitar tahun 2011 yang lalu. Kini, seiring dengan berkembangnya pariwisata di Malang yang kian bergeliat membuatnya menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa ketika Anda berkunjung ke kota Malang. Rasa dari Carang Mas ini sendiri manis dan renyah sehingga sangat cocok untuk menemani waktu bersantai Anda.

 

8. Coklat Tempe

Coklat Tempe

Coklat Tempe

Dari namanya, oleh-oleh khas Malang yang satu ini memang terbilang cukup unik karena namanya memadukan antara dua makanan yang sangat bertolak belakang. Namun demikian, hal ini lah yang menjadi daya tarik dan keunikan dari produk oleh-oleh yang satu ini. Di mana, sebagai salah satu oleh-oleh kekinian yang banyak diburu oleh kalangan muda, Coklat Tempe memang memiliki tampilan yang modern dan menarik. Seperti namanya, Coklat Tempe ini memang benar-benar dibuat dengan menggunakan bahan dasar tempe dan juga cokelat. Sehingga Nama tersebut memang bukan hanya sekedar merek.

 

9. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Tidak hanya makanan maupun jajanan, Anda juga bisa menjadikan kerajinan keramik Dinoyo sebagai salah satu oleh-oleh khas Malang. Di mana, Keramik Dinoyo ini merupakan produk kerajinan yang banyak diproduksi oleh warga kelurahan Dinoyo yang juga menjadi kampung wisata sejak 2010 lalu. Ada beragam jenis kerajinan keramik yang bisa Anda dapatkan seperti kendi, patung dan juga beragam jenis keramik lainnya.

 

10. Kaos Malang

Kaos Malang

Kaos Malang

Kaos bisa dibilang sebagai salah satu oleh-oleh yang hampir disetiap daerah maupun kota menjadi buruan favorit para wisatawan. Bukan tanpa alasan, selain mudah ditemukan oleh-oleh kaos juga menjadi oleh-oleh yang awet untuk dikenakan selama beberapa waktu. Di Malang sendiri ada kaos khas yang banyak diburu oleh wisatawan yang bernama Soak Ngalam. Di mana, kaos ini memiliki desain khas boso walikan Malang. Tidak hanya membawa ke khasan tersendiri, kaos khas Malang ini juga dibanderol dengan harga yang murah yakni sekitar Rp 55 hingga Rp 88 ribuan saja.

 

Nah, demikian beberapa oleh-oleh khas Malang yang wajib Anda beli dan bawa pulang ketika Anda berkunjung ke kota Malang. Sebagai salah satu kota tujuan wisata favorit di Jawa Timur, berbagai pilihan oleh-oleh dari Malang tersebut tentu bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan. Selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!