9 Macam Oleh-oleh Khas Sukabumi Ini Wajib Anda Bawa Pulang

Kompaswisata.com – Pergi jalan-jalan ke suatu tempat memang sangat seru dan menyenangkan. Selain menikmati keindahan alamanya, pastinya wisata kuliner dari tempat wisata yang Anda kunjungi, jelas menjadi salah satu daya tarik. Sukabumi merupakan salah satu kota yang menjadi salah satu destinasi wisata di jawa barat.

Saat berwisata ke Sukabumi, tidak ada salahnya Anda juga menjelajahi wisata kulinernya. Ada berbagai macam jajanan khas sukabumi yang dapat Anda nikmati, diantara jajanan atau makanan yang ada, juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi, lho. Yuk intip beberapa makanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh dari Sukabumi berikut ini

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sukabumi

Apa saja si makanan khas dari kota sukabumi yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga, atau keraba Anda di rumah? Pada tulisan kali ini akan membahas oleh-oleh Sukabumi yang berupa makanan. Yuk, dari pada membuang waktu, mending Anda langsung baca saja ulasan berikut ini

1. Mochi

Mochi

Mochi

Oleh-oleh khas Sukabumi yang pertama adalah kue mochi. Saat mendengar kata mochi, pasti Anda sudah membayangkan makanan yang bertekstur lembut serta kenyal, dan tentunya berasa sangat enak serta khas. Membayangkannya saja sudah sangat nikmat ya! apalagi kalo benar-benar bisa memakan mochi khas Sukabumi ini, aduh.. enggak kebayang deh nikmatnya.

Mochi merupakan salah satu makanan khas dan sangat legendaris dari kota Sukabumi. Jadi saat berkunjung ke Sukabumi, Anda wajib banget menjadikan mochi sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat Anda di rumah. Mochi memiliki banyak varian rasa, jadi Anda bisa memilih rasa yang sesuai dengan selera.

2. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Sagon Bakar

Makanan yang memiliki rasa gurih dan khas ini akan terasa sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Sukabumi berikutnya. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan tepung sagu dan kelapa, jadi pantas saja jika makanan ini memiliki cita rasa yang gurih. Anda bisa menikmati makanan satu ini, sambil bersantai dengan kopi atau teh.

Dijamin deh, Anda engga akan sanggup berhenti makan, jika menyantap makanan ini dengan kopi atau the panas. Tanpa ditemani kopi dan teh pun makanan ini tetap saja nikmat. Jadi selalu pastikan selain mochi, Anda juga perlu membeli sagon bakar khas Sukabumi sebagai buah tangan Anda dari mengunjungi kota Sukabumi. Sagon bakar hadir dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari yang original, keju, coklat hingga dengan cita rasa kopi.

3. Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie

Roti yang sudah ada sejak jaman kolonial Jepang ini, juga merupakan salah satu makanan khas dan legendaris di kota Sukabumi. Yang menjadi istimewa dari roti ini adalah cita rasanya yang tidak berubah. Dari awal produksi sampai saat ini, roti legendaris ini masih tetap mempertahankan penggunaan mesin oven tradisional, maka dari itu cita rasa roti priangan tidak pernah berubah.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui, bahwa roti ini tidak menggunakan bahan pengewet, sehingga roti ini hanya bertahan satu hari saja. Jadi jika Anda ingin membawa pulang roti ini, pastikan jarak tempuh dari kota Sukabumi sampai kota Anda memiliki waktu tempuh kurang dari satu hari. Rotinya padat mengenyangkan gak kempes kayak roti jaman sekarang, ukurannya juga besar dan dipanggang di tungku bara api. Satu lagi yang menjadi ciri khas roti ini adalah roti ini dipasarkan menggunakan gerobak yang tidak pernah berubah.

4. Kue Jahe

Kue Jahe

Kue Jahe

Seperti namanya kue jahe memang terbuat dari bahan dasar jahe. Dari bahan jahe inilah saat Anda memakan kue ini, Anda akan merasakan kehangatan di dalam tubuh. Kota Sukabumi memang dikenal sebagai kota yang memiliki udara dingin. Jadi saat berkunjung ke sana, Anda bisa banget untuk mencoba kue khas Sukabumi yang satu ini sembari menghangatkan badan di sore hari.

Agar keluarga atau kerabat juga dapat merasakan hangatnya kue jahe khas Sukabumi ini, maka Anda juga bisa menjadikan kue yang satu ini sebagai oleh-oleh khas dari Sukabumi. Pasti keluarga atau kerabat akan ketagihan menikmati kue jahe khas Sukabumi ini. Apalagi jika menyantap kue ini dengan teh panas di sore hari, pasti akan lebih nikmat. Bagaimana Anda tertarik menjadikan kue jahe sebagai oleh-oleh khas Sukabumi?

Paket wisata

5. Deblo

Deblo

Deblo

Deblo, pasti kata itu akan terdengar unik ya di telinga Anda. Pasti Anda juga akan bertanya-tanya, apa itu deblo? Deblo merupakan salah satu makanan khas dari kota Sukabumi. Makanan ini terbuat dari singkong yang dibumbui dengan kunyit, bawang putih, merica, daun bawang dan garam.

Semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian digoreng sampai kering. Campuran rasa gurih dan asin dari makanan ini memang akan sangat pas untuk lidah orang Indonesia. saat berkunjung ke Sukabumi, Anda bisa banget menjadikan makanan satu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

6. Pisang Cakra

Pisang Cakra

Pisang Cakra

Selanjutnya ada pisang cakra, makanan Sukabumi satu ini juga cocok untuk Anda bawa pulang kerumah sebagai oleh-oleh. Makanan satu ini terbuat dari pisang dan cokelat yang dibalut oleh kulit lumpia yang renyah. Sudah kebayangkan bagaimana enaknya makanan satu ini, jika sudah ada di dalam mulut?

Sekali gigit, Anda akan menikmati sensasi renyahnya lumpia dan sensai manisnya coklat dan lembutnya buah pisang, pasti akan membuat ketagihan. Untuk dijadikan oleh-oleh, Anda bisa membeli pisang cakra yang masih mentah belum digoreng. Jadi saat di rumah pun Anda masih bisa menikmati pisang cakra dalam keadaan hangat. Pisang cakra yang hangat akan cocok sekali dinikmati saat waktu dingin.

7. Coklat Unai Choco

Coklat Unai Choco

Coklat Unai Choco

Anda penggemar cokelat? Jika iya, maka Anda wajib sekali untuk mencoba olahan dari cokelat yang satu ini. Olahan coklat ini terbuat dari cokelat yang diperoleh langsung dari petani di Sukabumi. Makanan cokelat yang satu ini dikemas dengan bentuk-bentuk yang menarik, dan tentunya olahan cokelat ini memilki rasa yang nikmat dan enak.

Anda bisa sekali menjadikan olahan coklat ini sebagai salah satu oleh-oleh khas Sukabumi. Ada bebrbagai varian rasa juga, mulai dari cokelat keju, cokelat strawberry, cokelat mette dan masih banyak lagi. Pasti Anda ingin mencicipi semua varian rasa dari jajanan yang satu ini.

8. Bolu Pisang Sukabumi

Bolu Pisang Sukabumi

Bolu Pisang Sukabumi

Bukan Sukabumi namanya, jika tak menyediakan makanan ini, ya bolu pisang. Memang ya Sukabumi identik dengan bolu pisang. Bayangin deh, lembutnya bolu yang dipadu dengan aroma pisang yang khas, pasti makanan ini akan sangat lezat di lidah.

Nah, saat di Sukabumi Anda bisa mencicipi lezatnya makanan satu ini. jangan lupa juga berbagi kelezatan makanan ini dengan keluarga atau kerabat yang sudah menunggu Anda pulang di rumah. Jadi jangan lupa bawakan buah tangan dari Sukabumi berupa bolu pisang untuk mereka.

9. Bandros

Bandros

Bandros

Tak lengkap rasanya jika sudah di Sukabumi, tapi Anda tak mencicipi bandros. Ya, bandros merupakan salah satu makanan yang wajib Anda cicipi ketika di Sukabumi. Sore sampai malam merupakan waktu yang tepat bagi Anda yang memang ingin membeli bandros.

Banyak penjual bandros yang menawarkan bandros pada waktu tersebut. bandros akan terasa nikmat saat dinikmati dengan kopi atau teh panas, pastinya rasa bandros akan meleleh di mulut Anda. Tak ada salahnya juga menjadikan bandros sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang ada di Sukabumi

Dari 9 jenis oleh-oleh khas Sukabumi diatas, pasti ada salah satu yang membuat Anda tertarik kan? Ayo datang ke Sukabumi untuk dapat mencicipi salah satu dari Sembilan makanan khas Sukabumi tersebut. Dijamin mulut Anda tak mau berhenti makan. Have a nice day !!

9 Macam Oleh-oleh Khas Sukabumi Ini Wajib Anda Bawa Pulang 1
Please follow and like us: