10 Macam Oleh-oleh Khas Surabaya yang Layak Dibawa Pulang

Selain dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya juga dikenal memiliki beragam tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika selain menjadi kota industri yang terus tumbuh, Surabaya juga dikenal sebagai kota wisata yang sangat menarik. Sebagai sebuah kota wisata, tentu Surabaya tidak bisa dilepaskan dari makanan maupun oleh-oleh khas. Ya, kedua hal tersebut memang berkaitan erat dengan pariwisata yang berkembang di suatu kota atau daerah. Nah, oleh-oleh khas Surabaya sendiri terbilang cukup beragam dari mulai makanan hingga kerajinan tangan.

Tentu saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa menemukan makanan ataupun oleh-oleh khas dari Surabaya ini dibeberapa tempat di kota Pahlawan tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai oleh-oleh khas Surabaya, nampaknya kunjungan Anda kali ini sangatlah tepat. Pasalnya, pada kesempatan kali ini kita akan secara khusus mengulas mengenai hal tersebut. baiklah, langsung saja kita simak beberapa ulasan yang ada di bawah ini.

 

Aneka Oleh-oleh Khas Surabaya

 

1. Kaos Cak-cuk

Kaos Cak cuk Oleh oleh Khas Surabaya

Kaos Cak-cuk – Oleh oleh Khas Surabaya

Ulasan mengenai oleh-oleh khas Surabaya kali ini akan kita awali dari oleh-oleh yang berupa kaos. Ya, kaos memang menjadi sebuah barang yang sangat umum menjadi oleh-oleh dari suatu daerah atau kota. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri pun kaos menjadi salah satu pilihan utama oleh-oleh ketika seseorang berkunjung ke suatu kota.

Nah, Surabaya sebagai kota yang menjadi tujuan wisata juga memiliki kaos oleh-oleh bernama Kaos Cak-Cuk. Kaos Cak-Cuk ini sendiri merupakan kaos yang memiliki tulisan desain nyeleneh khas Surabaya. Meskipun pada awalnya, Kaos Cak-Cuk ini hanyalah sebuah distro kecil, kini Kaos Cak-Cuk sudah menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Surabaya. Anda bisa mendapatkan kaos ini di beberapa tempat di kota ini.

 

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran Oleh oleh Khas Surabaya

Kerupuk Ikan Kenjeran – Oleh oleh Khas Surabaya

Sebagai kota yang berada di tepi pantai, Surabaya memang terkenal dengan pelabuhan besar dan juga tentu saja hasil laut yang melimpah. Salah satu daerah di Surabaya yang terkenal dengan hasil lautnya adalah Kenjeran yang merupakan daerah pantai. Hasil lautnya yang melimpah, membuat warga daerah Pantai Kenjeran kreatif untuk membuat dan mengolahnya menjadi beragam olahan.

Salah satu oleh-oleh dari Pantai Kenjeran yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya adalah kerupuk ikannya. Di mana, kerupuk ikan khas Pantai Kenjeran ini cukup unik karena biasanya ditawarkan dengan beragam pilihan warna seperti hitam, hijau atau bahkan coklat. Selain unik dan tentu saja enak, kerupuk ikan Pantai Kenjeran ini juga cukup terjangkau.

 

3. Sirup Mangrove

Sirup Mangrove Oleh oleh Khas Surabaya

Sirup Mangrove – Oleh oleh Khas Surabaya

Mangrove merupakan sebuah tanaman yang biasanya dijadikan sebagai pelindung pantai dari bahaya abrasi yang mengancam karena kerusakan lingkungan. Salah satu kawasan di Surabaya tepatnya Rungkut merupakan kawasan yang terdapat hutan mangrove atau biasa disebut juga dengan hutan bakau.

Rupanya, selain bisa dijadikan sebagai pelindung pantai dari abrasi, mangrove juga bisa dimanfaatkan sebagai sirup yang nikmat. Hal ini dilakukan oleh kelompok petani di Rungkut yang mengolah buah mangrove sebagai sirup yang menjadi oleh-oleh khas Surabaya. Selain nikmat, sirup mangrove ini juga diklaim memiliki beragam kandungan vitamin.

 

4. Siropen Telasih

Siropen Telasih Oleh oleh Khas Surabaya

Siropen Telasih – Oleh oleh Khas Surabaya

Jika pada segmen sebelumnya merupakan sirup yang dikreasikan oleh kelompok petani di daerah Rungkut, Surabaya, Siropen Telasih merupakan minuman khas Surabaya yang sudah ada sejak zaman Belanda. Ya, Siropen Telasih merupakan produk sirup yang sudah ada semenjak 1932 yang pada masa itu diproduksi oleh perusahaan Belanda. Yang menarik dari Siropen Telasih ini adalah pembuatannya yang hanya menggunakan bahan alami dan tanpa pemanis buatan.

 

5. Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy Oleh oleh Khas Surabaya

Sambal Udang Bu Rudy – Oleh oleh Khas Surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya yang selanjutnya merupakan produk olahan makanan yang sangat cocok digunakan sebagai pendamping makan yakni Sambal Udang Bu Rudy. Selain pedas, Sambal  Udang Bu Rudy ini disebut-sebut memiliki cita rasa yang khas yang tidak dimiliki oleh sambal lain.

Anda bisa menemukan Sambal Udang Bu Rudy ini di Jalan Dharmahusada Surabaya. Selain cocok dijadikan oleh-oleh, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pendamping makanan khas Surabaya lainnya.

 

6. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno Oleh oleh Khas Surabaya

Spikoe Resep Kuno – Oleh oleh Khas Surabaya

Jika pada beberapa segmen di atas kita sudah mengulas mengenai oleh-oleh khas Surabaya yang berupa sirup, kaos atau bahkan kerupuk dan sambal, oleh-oleh yang satu ini merupakan kue legendaris yang ada di kota ini. Di mana, Spikoe Resep Kuno ini merupakan kue lapis yang sudah berdiri sejak tahu 1976. Rasa dari Spikoe Resep Kuno ini sendiri sangat lezat dengan teksturnya yang empuk dan lembut. Meskipun sudah ada sejak tahun 1976, resep dari kue ini masih tetap mempertahankan resep lawas yang lezat dan nikmat tersebut.

 

7. Guna-guna Snack

Guna guna Snack Oleh oleh Khas Surabaya

Guna guna Snack – Oleh oleh Khas Surabaya

Jika kita melihat namanya memang terbilang cukup unik dan menarik atau bahkan bisa dibilang aneh. Namun demikian, Guna-guna Snack ini bukanlah hasil dari guna-guna ataupun santet dan mantra.  Guna-guna Snack ini sendiri merupakan keripik yang berbahan dasar singkong dan kentang yang tampil dengan berbagai rasa kekinian.

Beragam, rasa yang ditawarkan oleh Guna-guna Snack diantaranya adalah rasa manis, balado, kentang pedas dan berbagai rasa lainnya. selain nikmat dan unik, jajanan khas Surabaya yang satu ini juga bisa dibilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 20 ribuan.

 

8. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro Oleh oleh Khas Surabaya

Abon Sapi Padmosusastro – Oleh oleh Khas Surabaya

Oleh-oleh Khas Surabaya yang selanjutnya adalah Abon Sapi Padmosusastro yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh bafi Anda pecinta abon. Anda bisa menemukan Abon Sapi Padmosusastro ini di Jalan Padmosusastro yang tidak hanya sebagai toko namun juga tempat pembuatan dari abon tersebut. Sehingga, selain bisa membelinya dalam bentuk yang sudah dikemas, Anda juga bisa melihat proses pembuatan dari Abon Sapi Padmosusastro ini. Harganya sendiri, Abon Sapi Padmosusastro ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

 

9. Almond Crispy

Almond Crispy Oleh oleh Khas Surabaya

Almond Crispy – Oleh oleh Khas Surabaya

Almond Crispy yang merupakan salah satu jajanan hits di Surabaya juga bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Cemilan yang belum lama keberadaannya ini memang sukses menyita perhatian warga masyarakat Surabaya dan juga para wisatawan untuk bisa menikmatinya.

Salah satu yang membuatnya terkenal adalah karena beragam varian rasa yang ditawarkan serta rasanya yang nikmat. Camilan yang satu ini sangat cocok dimakan bersama dengan kopi panas di pagi-pagi. Anda bisa menemukan jajanan hits yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Surabaya.

 

10. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep Oleh oleh Khas Surabaya

Bebek Djangkep – Oleh oleh Khas Surabaya

Selain camilan maupun makanan ringan, olahan bebek juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda bawa pulang. Ya, Surabaya memang menjadi surga bagi para pecinta masakan atau olahan bebek. Salah satunya adalah Bebek Djangkep ini yang merupakan olahan bebek yang telah dimasak dengan beragam rempah-rempah yang dikemas dalam kemasan kedap udara. Hal tersebut membuat bebek Djangkep ini memiliki tingkat keawetan yang lebih lama.

 

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda pilih dan bawa pulang ketika Anda berkunjung ke kota Pahlawan tersebut. Tentu saja, selain beberapa oleh-oleh di atas masih ada banyak lagi oleh-oleh lain yang bisa Anda bawa dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Kota Pahlawan ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!