10 Macam Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Anti Mainstream

Liburan selalu identik dengan souvenir maupun oleh-oleh yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan ketika kita berkunjung ke suatu tempat atau daerah. Yogyakarta, sebuah provinsi di Pulau Jawa menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi turis lokal maupun asing. Tidak mengherankan, pasalnya Yogyakarta memang menyimpan beragam keunikan budaya Jawa yang masih sangat kental diberbagai sudut wilayahnya. Bahkan tidak hanya itu saja, Yogyakarta bisa dibilang memiliki alam yang begitu indah yang bisa dieksplor. Selain itu, bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta tentu wajib hukumnya untuk membawa pulang oleh-oleh khas Yogyakarta yang cukup beragam.

Sebagai salah satu tempat atau destinasi wisata favorit setelah Bali, Yogyakarta tidak hanya menawarkan beragam wahana atau destinasi wisata saja. Melainkan, Yogyakarta juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk bisa dibawa pulang. Untuk diketahui, secara administratif Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya. Di mana, di 5 wilayah tersebut masing-masing memiliki wisata andalannya masing-masing. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui mengenai oleh-oleh khas Yogyakarta dan juga destinasi wisatanya, mari kita simak ulasan Kompas Wisata di bawah ini.

 

Aneka Oleh-oleh Khas Yogyakarta

 

1. Walang Goreng

Walang Goreng Oleh oleh Khas Yogyakarta

Walang Goreng – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Oleh-oleh khas Yogyakarta pertama yang akan kita ulas kali ini adalah Walang Goreng atau dalam Bahasa Indonesia berarti belalang goreng. Oleh-oleh yang satu ini memang terbilang tidak biasa bahkan mungkin beberapa dari Anda menganggapnya cukup ekstrim. Namun demikian, Walang Goreng ini nyatanya diketahui sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Yogyakarta yang cukup banyak diburu para wisatawan.

Walang Goreng sendiri merupakan jajanan khas dari Kabupaten Gunung Kidul, yang terletak di sebelah selatan pusat kota Jogja. Rasa dari Walang Goreng ini sendiri disebut-sebut mirip seperti udang goreng dengan tekstur dan rasanya yang unik.

 

2. Keripik Welut

Keripik Welut Oleh oleh Khas Yogyakarta

Keripik Welut – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Jika di Gunung Kidul ada Walang Goreng, Yogyakarta juga memiliki oleh-oleh lain yang berupa keripik belut atau dalam Bahasa Jawa disebut dengan Keripik Welut. Oleh-oleh khas Yogyakarta yang satu ini merupakan jajanan khas dari daerah Godean, Sleman, Yogyakarta yang banyak terdapat populasi belut di wilayah persawahan.

Anda bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh di setiap sudut Jogja yang biasanya dijual kiloan. Selain nikmat, Keripik Welut ini juga cukup awet untuk dibawa pulang dan disimpan berhari-hari.

 

3. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk Oleh oleh Khas Yogyakarta

Peyek Tumpuk – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Peyek merupakan cemilan khas dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Yogyakarta yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan kacang ataupun teri. Jika biasanya peyek berbentuk pipih dan melebar, maka berbeda halnya dengan Peyek Tumpuk yang merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta. Pasalnya, Peyek Tumpuk ini memiliki bentuk yang cukup tebal dan berbeda dari bentuk peyek pada umumnya yang dikenal. Namun, meskipun demikian Peyek Tumpuk ini tetap memiliki rasa dan tekstur yang gurih dan renyah seperti peyek pada umumnya.

 

4. Jadah Tempe

Jadah Tempe Oleh oleh Khas Yogyakarta

Jadah Tempe – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Salah satu kawasan wisata legendaris di Yogyakarta yang berada di lereng Gunung Merapi adalah kawasan wisata Kaliurang. Tidak hanya panorama alam yang memukau, di kawasan ini juga ada sebuah makanan khas yang biasanya kerap dijadikan buah tangan khas Yogyakarta yang bernama Jadah Tempe. Jadah merupakan makanan yang diolah dari ketan yang memiliki rasa gurih dan pulen.

Jadah ini biasanya dipasangkan dengan tempe bacem khas yang bercitarasa manis gurih. Tidak heran jika kemudian kedua makanan tersebut disatukan dengan nama Jadah Tempe. Meskipun tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama, Jadah Tempe ini tetap bisa Anda jadikan oleh-oleh.

 

5. Wader Goreng

Wader Goreng Oleh oleh Khas Yogyakarta

Wader Goreng – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Ikan wader adalah ikan kecil yang banyak terdapat di sungai yang biasanya sering dijadikan sebagai pendamping Nasi Kucing yang dijajakan di angkringan. Namun, rupanya wader kini tidak hanya dijadikan sebagai makanan pendamping Nasi Kucing saja melainkan juga dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta.

Rasa dari Wader Goreng ini sendiri gurih dan asin yang membuatnya sangat cocok dijadikan camilan ketika bersantai ataupun dijadikan sebagai pendamping makanan lainnya. Anda bisa mendapatkan Wader Goreng ini diberbagai gerai oleh-oleh di Yogyakarta dengan harga yang cukup murah.

 

6. Thiwul

Thiwul Oleh oleh Khas Yogyakarta

Thiwul – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Thiwul merupakan makanan khas dari Kabupaten Gunung Kidul yang terbuat dari bahan dasar singkong. Dahulu, Thiwul ini merupakan makanan yang dijadikan sebagai pengganti nasi oleh warga di Gunung Kidul. Namun, kini dengan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul, membuat Thiwul ini menjadi salah satu daftar oleh-oleh khas Yogyakarta yang patut Anda bawa pulang. Bahkan, untuk bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik kini Thiwul pun diberi inovasi dengan beragam varian rasa yang bisa Anda pilih dan juga tentunya lebih awet.

 

7. Blangkon

Blangkon Oleh oleh Khas Yogyakarta

Blangkon – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mengetahui salah satu item dari pakaian khas Jawa yang satu ini. Dahulu, Blangkon ini hanya dipakai oleh para kalangan atas atau priyayi di wilayah Jawa. Namun saat ini seiring dengan perkembangan jaman, Blangkon sudah menjadi salah satu souvenir oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa Anda bawa pulang. Biasanya, Blangkon ini banyak dijual di kawasan Malioboro Yogyakarta dengan harga yang cukup terjangkau.

 

8. Mainan Tradisional

Mainan Tradisional Oleh oleh Khas Yogyakarta

Mainan Tradisional – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi memang memaksa kita untuk beralih dari hal yang bersifat tradisional menjadi lebih maju dan modern. Salah satu yang mulai terlupakan adalah mainan tradisional yang kini berganti menjadi game atau mainan modern yang serba mesin.

Namun, bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan mainan tradisional Anda pun bisa mendapatkannya di Yogyakarta. Di mana, ada banyak mainan tradisional seperti gasing, ketapel, papan dakon dan berbagai mainan tradisional lainnya di pusat toko cinderamata khas Yogyakarta.

 

9. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy Oleh oleh Khas Yogyakarta

Jogja Scrummy – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Oleh-oleh yang satu ini mungkin menjadi salah satu oleh-oleh yang paling hits dan banyak diburu khususnya oleh kalangan milenial. Di mana, Jogja Scrummy ini merupakan salah satu produk dari maraknya kue kekinian atis di berbagai daerah.

Jogja Scrummy sendiri merupakan merek kue artis yang dimiliki oleh artis Ibukota Dude Herlino. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khususnya anak muda dengan berbagai varian rasa dan tampilan yang modern.

 

10. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja Oleh oleh Khas Yogyakarta

Mamahke Jogja – Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Tidak hanya Jogja Scrummy, di Jogja juga ada kue artis kekinian lainnya yang bernama Mamahke Jogja yang merupakan produk dari artis Saskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Untuk diketahui, Hanung Bramantyo yang merupakan sutradara ternama tersebut merupakan salah satu putra daerah Yogyakarta. Oleh-oleh khas Yogya yang satu ini bida Anda dapatkan di beberapa toko resmi dari Mamahke Jogja ini.

 

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta anti-mainstream yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang ketika berkunjung ke kota ini. Tidak hanya oleh-oleh tradisional, nyatanya oleh-oleh dari Jogja juga ada produk modern kekinian yang tidak kalah hits dari oleh-oleh lainnya. Selamat mencoba. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!