10 Aneka Oleh-oleh Lombok yang Paling Banyak Dicari

Terkenal dengan pantainya yang indah, Lombok kini sudah menjadi salah satu destinasi favorit wisata Internasional di Indonesia selain Bali. Ribuan bahkan puluhan ribu turis asing dan lokal selalu memadati pulau Lombok untuk menikmati keindahan alam pantai dan juga budayanya. Namun, di lain sisi Lombok juga terkenal dengan beragam makanan dan juga kerajinan khasnya yang sangat menarik. Di mana, makanan dan juga kerajinan khas tersebut kerap dijadikan sebagai oleh-oleh Lombok bagi para wisatawan.

Kepopuleran Lombok sebagai destinasi wisata yang menarik berkembang semakin pesat semenjak dibukanya bandara internasional di Pulau Lombok pada beberapa tahun lalu. Tidak heran jika kunjungan turis mancanegara yang datang ke Lombok pun semakin meningkat. Salah satu destinasi yang paling terkenal di Lombok adalah Desa Sade yang memiliki budaya lokal yang masih kuat. Di mana, di Desa Sade ini juga terdapat kain tenun khas yang biasanya dijadikan oleh-oleh Lombok bagi para wisatawan. Nah, untuk mengetahui oleh-oleh khas Lombok yang bisa di bawa pulang, simak ulasan Kompas Wisata di bawah ini.

 

10 Oleh-oleh Khas Lombok

 

1. Kain Tenun Ikat Sasak

Kain Tenun Ikat Sasak

Kain Tenun Ikat Sasak

Oleh-oleh khas Lombok yang pertama yang wajib Anda dapatkan ketika berkunjung ke Lombok adalah Kain Tenun Ikat Sasak. Di mana, kain ini merupakan kain tenun khas dari Suku Sasak yang ada di Lombok.

Anda bisa melihat pembuatan Kain Tenun Ikat Sasak ini di Desa Pringgasela, Lombok Timur di mana masyarakatnya mayoritas pengrajin kain khas Lombok ini. Selain melihat proses pembuatannya, Anda juga bisa membelinya langsung dari pengrajin yang masih dalam bentuk kain lembaran maupun syal dengan harga bervariasi.

 

2. Songket Sasak

Songket Sasak Oleh oleh Lombok

Songket Sasak – Oleh-oleh Lombok

Selain Kain Tenun Ikat Sasak, Lombok juga memiliki Songket Sasak yang bisa Anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung di Pulau ini. Songket Sasak ini merupakan kain yang menjadi pakaian adat tradisional wanita di Suku Sasak. Jika Anda ingin melihat proses pembuatan dari Songket Sasak ini secara langsung, Anda bisa mengunjungi Desa Sukarara, Lombok Tengah dimana terdapat banyak pengrajin kain ini.

karena proses pembuatannya yang tidak mudah, Songket Sasak ini dibanderol dengan harga yang cukup bervariatif. Di mana, harganya biasanya dibanderol mulai dai Rp 200 ribuan untuk motif yang paling mudah.

 

3. Mutiara

Mutiara Oleh oleh Lombok

Mutiara Oleh-oleh Lombok

Selain kain khas, Mutiara juga bisa menjadi oleh-oleh Lombok yang bisa Anda bawa pulang dari Pulau Cantik ini. Di mana, Lombok memang dikenal sebagai pusat budidaya Mutiara yang berkualitas baik. Mutiara yang dibudidayakan di Lombok sendiri ada dua jenis yakni Mutiara air tawar dan juga Mutiara air asin.

Selain cara budidaya, keduanya juga memiliki perbedaan pada tampilan bentuk dan warnanya meskipun sama-sama indah dan cantik. Mutiara asli Lombok yang banyak dibudidayakan di Kampung Sekarbela ini biasanya dibanderol antara Rp15 ribu hingga Rp 500 ribuan per butirnya.

 

4. Kaos Lombok

Kaos Oleh oleh Lombok

Kaos Oleh-oleh Lombok

Kaos memang sepertinya akan selalu menjadi oleh-oleh favorit dari suatu kota wisata yang banyak diburu oleh wisatawan tak terkecuali di Lombok. Tidak berbeda dengan kaos Bali yang banyak memiliki desain tentang keindahan alam dari Bali, kaos khas Lombok pun menggambarkan keindahan alam Lombok tersebut.

Harga kaos Lombok ini pun cukup terjangkau yakni biasanya hanya dibanderol pada kisaran harga Rp 45 ribu hingga Rp 120 ribuan saja.

 

5. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa Oleh oleh Lombok

Madu Sumbawa – Oleh-oleh Lombok

Meskipun sebenarnya berasal dari Sumbawa yang masih satu provinsi dengan Lombok, nyatanya Madu Sumbawa kini juga sudah menjadi salah satu oleh-oleh Lombok yang cukup difavoritkan para wisatawan. Tidak heran jika Anda akan dengan mudahnya menemukan Madu Sumbawa ini diberbagai gerai oleh-oleh khas Lombok.

Yang membedakan Madu Sumbawa dengan madu lainnya adalah madu ini diambil dari sarang lebah yang berada di karang-karang putih. Sehingga, khasiat dari Madu Sumbawa ini disebut-sebut sangat beragam. Selain memiliki khasiat yang sangat banyak, madu ini juga dibanderol dengan harga murah yakni sekitar Rp 30 hingga Rp 250 ribuan.

 

6. Susu Kuda Liar Sumbawa

Susu Kuda Liar Sumbawa

Susu Kuda Liar Sumbawa

Tidak berbeda dengan sebelumnya, oleh-oleh Lombok yang satu ini pun sebenarnya berasal dari Sumbawa. Di mana, sesuai namanya susu ini memang diambil dari kuda liar yang banyak terdapat di Sumbawa. Susu Kuda Liar Sumbawa ini sendiri sejak lama sudah dipercaya memiliki khasiat yang cukup banyak untuk tubuh.

Meskipun, jika menilik pada rasanya Susu Kuda Liar Sumbawa ini memiliki rasa yang berbeda dengan susu sapi. Biasanya Anda bisa mendapatkan Susu Kuda Liar Sumbawa ini di toko oleh-oleh khas Lombok yang sudah dikemas menggunakan botol sehingga lebih tahan lama dan praktis.

 

7. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut Oleh oleh Lombok

Dodol Rumput Laut – Oleh-oleh Lombok

Tidak hanya Garut yang terkenal dengan dodol, Lombok pun memiliki dodol khas yang bisa menjadi oleh-oleh ketika Anda berkunjung. Namun, Dodol di Lombok ini bisa dibilang cukup berbeda dari dodol yang ada di daerah lainnya. Pasalnya, dodol yang ada di Lombok ini dibuat menggunakan bahan dasar rumput laut yang banyak dibudidayakan di perairan Lombok.

Selain rasanya yang unik dan khas, Dodol Rumput Laut ini dibanderol dengan harga murah yakni hanya berkisar antara Rp 13 ribuan hingga Rp 50 ribuan saja.

 

8. Peyek Kangkung Rumput Laut

Peyek Kangkung Rumput Laut

Peyek Kangkung Rumput Laut

Melimpahnya hasil budidaya rumput laut di Lombok memang membuatnya banyak diolah menjadi beragam makanan khas. Selain dijadikan Dodol, rumput laut juga menjadi olahan lain yang menjadi oleh-oleh Lombok favorit wisatawan yakni menjadi Peyek.

Seperti namanya, Peyek Kangkung Rumput Laut ini memang dibuat dari dua tanaman yang banyak dibudidaya di Lombok. Tentu saja, keunikan dari Peyek Kangkung Rumput Laut ini membuatnya cocok dijadikan camilan ketika bersantai. Peyek Kangkung Rumput Laut ini sendiri ditawarkan dalam berbagai varian rasa yakni original, pedas, seledri dan juga teri pedas.

 

9. Terasi Khas Lombok

Terasi Khas Lombok

Terasi Khas Lombok

Tidak hanya Cirebon, Lombok juga memiliki terasi khas yang banyak dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya Lombok memang dikenal memiliki hasil laut yang melimpah salah satunya udang.

Terasi khas Lombok ini disebut-sebut memiliki rasa yang berbeda dari terasi lainnya. Bahkan, konon kabarnya Ayam Taliwang yang merupakan makanan khas Lombok akan memiliki rasa yang berbeda jika tidak menggunakan terasi ini. Terasi khas Lombok ini biasanya dijual kiloan dengan harga antara Rp 50 hingga Rp 90 ribu perkilonya.

 

10. Kerajinan Tangan Khas Lombok

Kerajinan Tangan Khas Lombok

Kerajinan Tangan Khas Lombok

Selain berbagai oleh-oleh di atas, tentu satu hal yang tidak boleh ketinggalan ketika kita berkunjung ke suatu daerah adalah kerajinan tangan khas daerah tersebut. Di Lombok sendiri, Anda juga bisa mendapatkan beragam kerajinan tangan khas yang berupa gantungan kunci gelang, kalung dan beragam aksesoris lain. Harganya pun sangat murah yakni berkisar antara Rp 5000 hingga Rp 20000.

 

Nah, demikian beragam oleh-oleh Lombok yang bisa Anda bawa pulang ketika berlibur ke kota Lombok. Sebagai tempat wisata yang sangat terkenal, tidak heran jika oleh-oleh khas Lombok tersebut terbilang cukup banyak dan jarang ditemui di daerah lain. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!