10 Macam Oleh-oleh Makassar yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan yang juga termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia selain Jakarta. Sebagai salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, Makassar memang dipenuhi berbagai industri sebagai penggerak roda ekonomi. Namun tidak hanya itu saja, kecantikan kota yang terletak di tepi pantai ini pun membuatnya kerap dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik. Hal ini pun membuat Makassar memiliki banyak oleh-oleh atau cenderamata yang biasanya dicari oleh para pelancong dari berbagai daerah. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui beragam oleh-oleh Makassar yang bisa dibeli, Anda harus menyimak ulasan Kompas Wisata kali ini hingga selesai.

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kota ini adalah Pantai Losari yang juga merupakan landmark dari Makassar. Satu hal yang cukup unik dari Pantai Losari ini adalah Anda bisa melihat sunset dan sunrise di satu lokasi yang sama. Sebagai kota yang berada di tepi pantai, Makassar memang memiliki beragam kuliner laut yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nah, baiklah langsung saja kita simak oleh-oleh Makassar yang bisa Anda beli dibeberapa pilihan di bawah ini.

 

Ragam Oleh-oleh Makassar

 

1. Otak-otak Ikan Tenggiri

Otak otak Ikan Tenggiri

Otak-otak Ikan Tenggiri

Seperti yang sudah diungkapkan pada paragraf pembuka, jika Makassar memiliki beragam kuliner laut yang bisa dijadikan oleh-oleh salah satunya adalah Otak-otak Ikan Tenggiri ini. Di mana, Anda bisa mendapatkan oleh-oleh Makassar yang satu ini disepanjang Pantai Losari atau gerai oleh-oleh.

Rasa dari Otak-otak Ikan Tenggiri ini sendiri gurih dan juga nikmat seperti otak-otak pada umumnya. Ada dua merek Otak-otak Ikan Tenggiri yang paling terkenal di Makassar yakni Otak-tak Ibu Elly dan juga Otak-otak Ibu Sanny.

 

2. Kain Tenun dan Sarung khas Bugis

Kain Tenun dan Sarung khas Bugis

Kain Tenun dan Sarung khas Bugis

Selain kuliner, kain khas dari suatu daerah merupakan salah satu yang biasanya dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh ketika kita berkunjung ke kota tersebut. jika di wilayah Jawa ada batik atau di Medan ada Ulos, maka Makassar juga memiliki kain khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman ataupun sanak saudara.

Kain khas Makassar ini memiliki corak yang unik dan menarik khas suku Bugis. Selain menarik dan indah, Anda bisa mendapatkan kain khas Bugis ini dengan harga yang bervariatif mulai dari 20 ribuan hingga ratusan ribu tergantung dari bahan pembuatannya.

 

3. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi – Oleh-oleh Makassar

Jika membaca namanya yang terbilang cukup unik Anda tentu akan penasaran dengan oleh-oleh khas Makassar yang satu ini. Sesuai namanya, jajanan khas Makassar yang satu ini memang berbahan dasar dari kacang yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Rasa yang nikmat tersebut membuatnya sangat cocok untuk dimakan sembari bersantai menikmati keindahan Pantai Losari. Anda bisa mendapatkan Kacang Sembunyi ini di berbagai gerai oleh-oleh di Kota Makassar tersebut.

 

4. Kopi Toraja

Kopi Toraja Oleh oleh Makassar

Kopi Toraja – Oleh-oleh Makassar

Jika Anda merupakan penggemar kopi, tentu sudah tidak asing lagi dengan Kopi Toraja ini. Seperti namanya, jenis kopi yang satu ini memang ditanam di daerah Toraja Sulawesi Selatan tidak jauh dari Makassar.

Rasa dari Kopi Toraja ini disebut-sebut memiliki rasa yang berbeda dari jenis kopi lain di Indonesia. Saat ini, Kopi Toraja memiliki 3 jenis kopi seperti Arabica, Robusta dan juga Special Blend yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko dan gerai oleh-oleh di Makassar.

 

5. Bannang-Bannang

Bannang Bannang

Bannang-Bannang – Oleh-oleh Makassar

Mungkin beberapa dari Anda sudah ada yang pernah merasakan kenikmatan dari oleh-oleh Makassar yang satu ini. Di mana, kue Bannang-Bannang ini memang kini sudah cukup populer sebagai jajanan yang disukai banyak orang. Dari namanya, Bannang-Bannang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai benang-benang.

Tidak heran memang, pasalnya kue jajanan yang satu ini memang menyerupai benang kusut yang sulit terurai. Namun demikian, meskipun terlihat sederhana, Bannang-Bannang rupanya menyimpan filosofi tinggi yang berarti sebagai lambang ikatan erat. Tidak heran jika kue satu ini sering dipakai dalam upacara-upacara pernikahan warga Kota Makassar.

 

6. Kue Kurma

Kue Kurma Oleh oleh Makassar

Kue Kurma – Oleh-oleh Makassar

Meskipun namanya mirip seperti buah khas dari Timur Tengah, namun Kue Kurma ini sama sekali tidak menggunakan kurma sebagai bahan pembuatannya. Pasalnya, Kue Kurma ini terbuat dari campuran telur, mentega, tepung terigu dan juga maizena yang diolah sedemikian rupa.

Yang membuatnya dinamai kurma tidak lain adalah tampilannya yang coklat menyerupai buah kurma. Di mana, warna coklat pada Kue Kurma tersebut sebenarnya didapatkan dari balutan karamel. Rasa dari Kue Kurma ini sendiri manis dan juga sedikit gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan bersantai.

 

7. Kain Sutra Sengkang

Kain Sutra Sengkang

Kain Sutra Sengkang

Tidak hanya kain tenun Bugis saja, di Makassar juga ada kain khas lainnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung. Di mana, oleh-oleh Makassar yang satu ini memang dibuat dengan bahan benang sutra yang halus.

Meskipun terbuat dari bahan sutra, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang dibanderolkan pada kain ini. Pasalnya, bagi Anda yang memiliki bajet tidak terlalu besar, Anda pun tetap bisa mendapatkan kain semi sutra yang kualitasnya tidak kalah bagus.

 

8. Kerajinan Tangan Toraja

Kerajinan Tangan Toraja

Kerajinan Tangan Toraja

Selain makanan dan juga kain khas, Anda juga bisa membawa kerajinan tangan Toraja sebagai salah satu oleh-oleh Makassar. Di mana, kerajinan tangan Toraja ini biasanya berupa ukiran kayu, gantungan kunci, lukisan atau bahkan baju khas Toraja.

Seperti diketahui, Toraja merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Selatan yang memiliki kebudayaan unik dan menarik. Tidak heran jika kerajinan tangan Toraja ini pun menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi para pelancong yang datang ke Makassar, Sulawesi Selatan.

 

9. Dangke

Dangke Oleh oleh Makassar

Dangke – Oleh-oleh Makassar

Dangke merupakan makanan yang terbuat dari susu kerbau yang di fermentasi selama beberapa waktu. Makanan yang satu ini sendiri banyak terdapat di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan yang tidak jauh dari Makassar. Enrekang sendiri memang diketahui sebagai tempat yang terkenal sebagai penghasil susu kambing Etawa di daerah Sulawesi Selatan.

Rasa Dangke yang gurih membuatnya sangat cocok dimakan dengan nasi hangat dan sambal. Meskipun berasal dari Enrekang, nyatanya Dangke juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Makassar yang banyak diburu wisatawan.

 

10. Sirup DHT

Sirup DHT Oleh oleh Makassar

Sirup DHT – Oleh-oleh Makassar

Nah, selain makanan, kerajinan ataupun kain, Makassar juga memiliki sirup sebagai salah satu oleh-oleh khas yang bisa Anda pilih yang bernama Sirup DHT. Sirup yang satu ini bukan sirup biasa, melainkan sirup yang dibuat dengan rasa pisang ambon.

Banyak yang bilang jika Sirup DHT ini memiliki rasa yang sedikit mirip dengan sirup tjampolay khas Cirebon namun ada sedikit perbedaan dari Sirup DHT ini. Sirup DHT sendiri sudah cukup lama dikenal sebagai minuman khas yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh dari kota Makassar ini.

 

Nah, demikian beberapa ulasan yang bisa disampaikan mengenai oleh-oleh Makassar yang bisa Anda pilih ketika berkunjung ke kota Daeng tersebut. Dari informasi di atas, diketahui jika oleh-oleh khas dari Makassar memang terbilang cukup beragam dan jarang ditemui di daerah lain. Semoga ulasan ini dapat membantu sobat traveler dan memudahkan liburan sobat. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!