Pendakian Gunung Kerinci yang Eksotis, Jalur dan Estimasi Biaya

Kompaswisata.comPendakian Gunung Kerinci adalah salah satu aktivitas untuk menyegarkan pikiran oleh sebagian orang yang hobi naik gunung. Ya, mendaki gunung sembari menikmati keindahan alam selama perjalanan menuju ke puncak gunung pasti memiliki sensasi tersendiri oleh sebagian orang. Sehingga tak heran jika tidak sedikit orang yang rela naik gunung dan menyusuri hutan serta rintangan lainnya hanya untuk berada di puncak gunung sembari menikmati keindahan dan keeksotisannya.

Bahkan tak sedikit juga orang yang tertantang untuk mendaki gunung berapi tertinggi di Indonesia yakni Gunung Kerinci, Jambi. Ya, Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 mdpl.

Walaupun dinobatkan sebagai gunung berapi yang masih aktif dan tertinggi di Indonesia. Namun hal ini tidak mengurungkan niat para pendaki yang tertantang untuk bisa menaklukkannya. Bahkan ada banyak pendaki yang mengagumi keindahan Gunung Kerinci ini.

 

Lokasi Gunung Kerinci

Lokasi Gunung Kerinci berada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung Kerinci juga seringkali disebut dengan gunung Gadang, Korinci, Puncak Indrapura atau Berapi Kurinci. Lebih tepatnya Gunung Kerinci berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Hingga saat ini gunung Kerinci masih aktif dan terkahir meletus pada tahun 2009. Namun, walaupun statusnya masih merupakan gunung berapi aktif, gunung ini masih saja memikat para pendaki yang tertantang untuk menaklukkannya.

Sebenarnya seperti apa daya tarik dan keindahan gunung Kerinci? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

 

Sejarah dan Misteri Gunung Kerinci

Sejarah dan Misteri Gunung Kerinci

Sebelum membahas tentang keindahan dan keeksotisan gunung Kerinci. Terlebih dahulu saya akan menceritakan tentang sejarah gunung Kerinci sebagai gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia ini.

Gunung Kerinci termasuk gunung yang bersejarah dan ada banyak cerita sejarah berbau mistis yang beredar di masyarakat tentang gunung Kerinci ini. Mulai dari misteri Uhang Pandak hingga mitos penampakan di rumah sakit peninggalan Belanda yang ada di sekitar gunung yang beredar dan menjadi mitos di masyarakatnya.

1. Misteri Uhang Pandak

Konon katanya gunung Kerinci dihuni oleh makhluk bertubuh pendek yang dikenal dengan nama Uhang Pandak. Uhang pandak adalah sosok yang menyerupai kera dengan tinggi badan sekitar 80 cm, memiliki tangan panjang, tubuh gemuk, mata merah dan bulu warna abu-abu. Hingga saat ini sosok ini masih dipercaya menghuni gunung Kerinci.

2. Misteri Naga Raksasa

Tak hanya itu, ada juga misteri Naga Raksasa. Cerita mitos ini sangat melegenda. Bahkan keberadaan naga raksasa ini ada kaitannya dengan danau dan sungai yang berada di kawasan gunung Kerinci. Tak hanya cerita rakyat tentang Uhang Pandak dan Naga Raksasa saja.

3. Misteri Rumah Sakit Bersejarah Kolonial Belanda

Di gunung Kerinci juga terdapat bangunan bersejarah yakni rumah sakit yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Rumah sakit yang dibangun berabad-abad lamanya ini juga memiliki cerita melegenda di masyarakat tentang penghuni rumah sakit yang merupakan makhluk ghaib.

 

Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Terlepas dari misteri dan sejarah gunung Kerinci yang terkenal di masyarakat. Tak membuat para pendaki mengurungkan niatnya untuk melakukan pendakian hingga ke puncak gunung Kerinci ini. Bahkan hingga saat ini gunung Kerinci masih menjadi salah satu gunung favorit pada pendaki.

Untuk Anda yang ingin mendaki gunung Kerinci, ada beberapa jalur pendakian gunung Kerinci yang bisa Anda lewati yakni jalur Kersik Tuo Kerinci dan Bangun Reko Sangir, Solok Selatan. Anda bisa pilih salah satu jalur pendakian gunung Kerinci ini.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Paket wisata

Selama pendakian Anda akan melewati beberapa tempat hingga menuju ke puncak gunung Kerinci berikut ini.

1. Pintu Rimbo – Pos III

Pertama-tama, pendakian akan dimulai di pintu Rimbo. Untuk bisa sampai ke pos I dan pos II. Medan yang akan Anda tempuh dalam perjalanan pendakian gunung Kerinci awal ini masih terbilang cukup mudah karena pendakian yang cuup landai, namun masih tetap cukup membuat keringat Anda berkucuran.

Gunung Kerinci terdiri dari tiga pos. Semakin banyak pos yang akan dilewati maka jalanan akan curam. Pastikan fisik dan mental kalian siap untuk menghadapi ini. Anda bisa mengisi air di Pos II karena terdapat sumber air disana.

2. Shelter I – Shelter III

Lanjut, setelah pos III berakhir. Selanjutnya Anda bisa lanjutkan perjalanan pendakian ke Shelter I hingga Shelter III yang membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 12 jam. Medan yang ditempuh menuju ke shelter III tentu saja akan semakin sulit dan curam.

Untuk Anda yang tidak sanggup menempuh Shelter I hingga Shelter III sekaligus. Tak perlu khawatir, Anda bisa beristirahat ketika sampai di Shelter II karena terdapat camp yang cukup luas dan sumber air bersih disana.

Sesampainya di shelter III, rasa capek dan usaha Anda menerjang jalur pendakian yang sulit dan curam akan terbayarkan. Karena pemandangan yang ada di Shelter III cukup indah dan mempesona. Sehingga mampu mengobati rasa capek yang sudah Anda lalui.

Anda bisa menikmati keindahan negeri di atas awan di Shelter III ini. Anda juga bisa beristirahat pasangan tenda dan makan untuk melanjutkan pendakian menuju puncak keesokannya di shelter III ini.

3. Summit Attack

Lanjut, setelah melewati Shalter iII berikutnya Anda harus melewati Summit Attack yang merupakan jalur pendakian menuju puncak. Perjalanan pendakian di Summit Attack ini akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Pastikan Anda membawa barang-barang berharga untuk menuju puncak gunung Kerinci.

Jalur dari Shelter III menuju puncak ini tergolong cukup sulit karena berpasir dan licin. Jadi, pastiiakn Anda peralatan yang dibutuhkan untuk memudahkan pendakian. Jalurnya sangat terjal, tidak ada pohon dan semuanya bebatuan. Pastikan Anda tetap waspada dan jangan sampai tergelincir atau terjatuh.

4. Tugu Yudha

Setelah melewati Summit Attack, Anda akan melewati jalur pendakian tugu Yudha yang dijadikan sebagai monument bersejarah perjuangan pendaki gunung yang bernama Yudha yang terpisah dengan rombongan pendaki lainnya.

Dari tugu Yudha, puncak gunung Kerinci sudah mulai terlihat. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat. Pastikan Anda sampai di puncak sebelum jam 11 siang agar terhindar dari asap belerang yang akan semakin banyak keluar.

5. Atap Sumatra, Puncak Gunung Kerinci

Puncak Gunung Kerinci

Sekarang Anda bisa menikmati keindahan alam dari atas gunung Kerinci yang mempesona. Segala usaha perjuangan untuk bisa sampai puncak gunung yang seringkali disebut dengan Atap Sumatera ini akan terobati dengan suguhan pemandangan alam yang indah.

Dari puncak gunung Kerinci Anda bisa melihat awan dan kebun teh yang ada di kaki gunung Kerinci. Tak hanya itu, keindahan juga semakin sempurna dengan pemandangan kawah gunung kerinci yang menawan.

Tertarik untuk meninggalkan jejak di puncak Gunung Kerinci?

 

Biaya Pendakian Gunung Kerinci

Berbicara mengenai biaya pendakian gunung Kerinci, tentu saja ini tergantung pada masing-masing personal. Anda perlu menyiapkan biaya tranportasi dari kota Jambi menuju ke kaki gunung Kerinci melalui darat sekitar 160.ooo biaya travel ke kota Sungai Penuh dan 30.000 untuk ke Kayu Aro. Sedangkan biaya penginapan dan biaya konsumsi untuk makan tergantung selera masing-masing.

Masalah penginapan dan tempat makan tak usah khawatir, karena di Gunung Kerinci tersedia penginapan dan tempat untuk makan pagi/sarapan, makan siang dan makan malam. Untuk lebih hemat, tak ada salahnya jika Anda juga menyiapkan bekal dari rumah dan membawa peralatan  masak sendiri.

Untuk biaya masuk kawasan Gunung Kerinci sekitar 5.000 – 10.000 atau dihitung biaya parkir kendaraan. Jika membutuhkan, disana Anda juga bisa menyewa jasa porter dengan harga nego sekitar 250.000 hingga 300.000 per porter.

Itu dia sedikit informasi tentang Gunung Kerinci. Selain mempersiapkan biaya pendakian, Anda juga wajib mempersiapkan stamina dan kondisi fisik yang prima sebelum melakukan pendakian Gunung Kerinci. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi sebelum melakukan pendakian. See u at the top !!

Pendakian Gunung Kerinci yang Eksotis, Jalur dan Estimasi Biaya 1
Please follow and like us: