3 Objek Unggulan dari Taman Nasional Baluran yang Eksotis dan Menawan

Wisata Situbondo – Africa Van Java atau Little Africa in Java adalah julukan yang di berikan pada Taman Nasional Baluran yang merupakan sebuah zona konservasi alam di daerah Jawa Timur. Taman nasional ini merupakan habitat bagi ribuan spesies tanaman hutan tropis dan ratusan jenis hewan yang ada di dalamnya.

Berbagai aktivitas penelitian masih sering dilakukan di area taman ini guna menunjang ilmu pengetahuan dan pendidikan khususnya di bidang ekosistem hutan yang ada di Indonesia. Selain itu taman ini juga dibuka sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di Jawa Timur.

 

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman nasional ini terletak pada perbatasan antara dua wilayah besar di Jawa Timur yakni antara Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Namun secara administratifnya masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk bis masuk ke kawasan TNB sebelumnya Anda harus membayar tiket masuk (retribusi) sebesar Rp. 5.000 per orang. Jika membawa kendaraan roda empat, Anda harus membayar tarif parkir/penitipan kendaraan Rp. 10.000 per hari.

 

Menjelajahi Taman Nasional Baluran

Setelah membayar tiket retribusi Anda harus menempuh perjalanan masuk ke kawasan hutan untuk menuju ke tempat-tempat yang menjadi objek wisata yang indah di Taman Nasional Baluran ini.

Pertama-tama Anda harus melakukan trekking sejauh 12 Km dari pintu masuk menuju ke Padang Savana Bekol. Setelah melakukan perjalanan sejauh 9 km Anda akan memasuki kawasan hutan Evergreen, sebuah istilah yang digunakan untuk kawasan hutan yang bersemi sepanjang tahun.

Salah satu keunikan kawasan hutan Evergreen ini adalah tumbuhan di dalamnya yang selalu hijau dan tidak pernah mengering atau mati. Hal ini dikarenakan kawasan hutan ini berada di wilayah cekungan TNB yang di bawahnya terdapat aliran sungai. Di sepanjang jalur trekking Anda akan melihat kawasan hutan tropis yang hijau sejauh mata memandang.

Kali ini Kompas Wisata akan membahas beberapa objek wisata unggulan yang ada di Taman Nasional Baluran untuk Anda jadikan tujuan utama saat menjelajahi TNB. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum terjun ke alam bebas.

 

1. Camping Ground

Camping Ground Taman Nasional Baluran

Camping Ground – Taman Nasional Baluran

Bagi Anda yang ingin berkemah di kawasan hutan TNB, Anda bisa melakukannya di kawasan Camping Ground yang berjarak sekitar 0,5 km dari pintu masuk. Tempat ini biasa digunakan oleh para mahasiswa dan komunitas pecinta alam yang ingin menghabiskan malam mereka di area hutan tropis TNB.

 

2. Padang Savana Bekol

Padang Savana Bekol Taman Nasional Baluran

Padang Savana Bekol – Taman Nasional Baluran

Melanjutkan trekking menuju ke Savana Bekol. Setelah melewati kawasan hutan Evergreen, Anda akan tiba di destinasi pertama di TNB yaitu Padang Savana Bekol. Kawasan ini merupakan sebuah savana yang memiliki luas sekitar 300 hektar yang berisi padang rumput yang terlihat sangat hijau. Jika Anda berkunjung di saat musim kemarau, warna padang savana ini akan berubah menjadi kecokelatan karena rumput yang ada di sini akan mengering. Bahkan tak jarang terjadi kebakaran jika kemarau yang terjadi cukup panjang.

Padang Savana Bekol inilah yang serig disebut dengan Little Afrika-nya Pulau Jawa. Hal ini tampak jelas terutama pada saat padang savana sedang mengering. Hamparan padang rumput kecokelatan yang terlihat sejauh mata memandang di tambah beberapa satwa liar yang melintas di atasnya sangat mirip dengan pemandangan yang ada di padang rumput Afrika. Beberapa satwa liar yang akan Anda jumpai di sini di antaranya seperti rusa liar, banteng, monyet liar, hingga burung merak.

 

3. Pantai Bama

Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Pantai Bama – Taman Nasional Baluran

Setelah puas menikmati keindahan alam yang ada di Padang Savana Bekol Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke destinasi wisata selanjutnya di Taman Nasional Baluran yaitu Pantai Bama. Jaraknya tidak terlalu jauh dai Bekol, Anda hanya perlu trekking sejauh 3 Km sebelum mencapai lokasi pantai.

Pantai Bama bisa dibilang sebagai sisi eksotis yang tersembunyi di balik TNB. Di pantai ini Anda akan melihat pemandangan pantai alami yang menjadi habitat bagi puluhan satwa endemik yang ada di Jawa Timur. Pantai Bama memiliki bibir pantai yang cukup bersih, dengan pasir pantainya yang berwarna putih kecokelatan. Di sini juga terdapat kawasan hutan mangrove yang menjadi habitat asli bagi kera abu-abu ekor putih. Anda bisa menyusuri kawasan ini untuk menikmati keindahannya sambil mengamati berbagai satwa liar yang melintas.

Pantai Bama juga memiliki fasilitas yang cukup  lengkap. Di tempat ini Anda bisa beristirahat dan melakukan sholat bagi yang muslim. Pantai Bama memiliki fasilitas mushola, beberapa kantin, dan penginapan bagi Anda yang ingin bermalam di pantai ini.

 

Nah, itulah 3 tujuan wisata di Taman Nasional Baluran yang bisa Anda jadikan pilihan utama saat berkunjung ke sana. Selain perlengkapan, Anda juga harus mempersiapkan fisik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat menjelajahi alam Indonesia. Be Happy !!

Cari Kamar dan Tiket Pesawat dengan Harga Spesial Member Kompas Wisata di :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!