10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Madura yang Asyik Buat Liburan

Wisata Madura – Tempat wisata alam di Madura sangat dan patut buat Anda kunjungi. Objek wisata di pulau Madura sangat beragam dan mempesona, apalagi pantainya sangat menawan juga menarik buat Anda kunjungi. Pemandangan pantai yang paling dicari adalah lamunan ombaknya, apalagi dilengkapi bersama pemandangan yang eksotis dari tenggelamnya matahari.

Seperti wisata Madura sampan, yang cocok banget dijadikan tempat berlibur. Selain itu air terjun Pamekasan juga salah satu yang wajib Anda kunjungi saat berlibur kesana. Kabupaten ini juga yang menambah deretan daftar tempat wisata alam di Madura yang mempesona. Langsung saja untuk semua traveler, simak ulasan Kompas Wisata di bawah tentang berbagai macam objek wisata di Madura yang bisa Kalian kunjungi.

 

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Madura

 

1. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng Tempat Wisata Alam di Madura

Pantai Slopeng – Tempat Wisata Alam di Madura

Tempat wisata alam di Madura yang pertama kita ulas adalah Pantai Slopeng. Pantai Slopeng Madura, merupakan pantai yang terkenal sangat eksotis juga berlokasi sekitar 7 km selatan dari kota Bangkalan, desa Slopeng, Madura, Jawa Timur. Pantai Slopeng Madura merupakan salah satu pantai yang masih terpencil juga sangat alami. Walaupun begitu ketika Anda tiba di pantai ini, Anda diharuskan merogoh kocek untuk membayar tiket masuk kendaraan. Buat mobil Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 3.000 sedangkan buat motor sekitar Rp 2.000.

 

2. Pantai Camplong

Pantai Camplong Tempat Wisata Alam di Madura

Pantai Camplong – Tempat Wisata Alam di Madura

Buat Anda para traveler di pulau Madura, Anda bisa melewati dua jalur jalan raya dari ujung barat sampai ujung timur pulau Madura adalah jalur tengah dan jalur utara. Bila Anda ingin melewati jalur tengah Anda akan melintasi kota-kota seperti Bangkalan, Sampang, Pamekasan sampai ke Sumenep. Tapi kalau Anda melalui jalur utara, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah juga membuat tak ingin mata Anda berkedip, karena sepanjang perjalanan itu membentang pantai-pantai yang sangat indah.

 

3. Makam Aer Mata

Makam Aer Mata Tempat Wisata Alam di Madura

Makam Aer Mata – Tempat Wisata Alam di Madura

Makam Aer Mata merupakan salah satu komplek makam raja-raja yang berlokasi di bagian utara kabupaten Bangkalan juga merupakan makam raja-raja yang telah memerintah bahkan sebelum Indonesia merupakan negara kesatuan. Komplek situs sejarah ini berlokasi sekitar 30 Km dari pusat kota, atau sekitar 30 menit perjalanan melalui jalur darat juga mempunyai banyak fakta dan juga cerita sejarah, termasuk beberapa peninggalan berupa beberapa makam Islam kuno, yang dilengkapi bersama arsitektur budaya adat Hindu-Budha yang  sudah ada juga  berkembang sebelumnya.

 

4. Tirta Sumekar Indah

Tirta Sumekar Indah Tempat Wisata di Madura

Tirta Sumekar Indah – Tempat Wisata di Madura

Kalau ingin bermain air bersama keluarga, Anda bisa berkunjung ke Tirta Sumekar Indah salah satu area berenang yang ukurannya cukup besar. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau. Anda bisa bermain air sambil merasakan suasana Madura yang hangat juga cerah. Tidak cuma kolam renang, di Tirta Sumekar Indah tapi ada beberapa ruangan futsal juga yang bisa Anda sewa juga berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti perlombaan buat anak-anak pada setiap akhir pekan.

 

5. Bukit Cinta

Bukit Cinta Tempat Wisata Alam di Madura

Bukit Cinta – Tempat Wisata Alam di Madura

Bukit Cinta di Pamekasan merupakan sebuah bukit yang mempunyai tangga berbentuk hati. Saat Anda di puncak Bukit Cinta ini, Anda juga bisa menikmati permainan Flying Fox. Beberapa wahana yang ada, cuma Bukit Cintalah yang paling sering dipadati wisatawan. Tidak cuma menikmati keindahannya saja, para wisatawan juga bisa berfoto ria memakai kamera buat mengabadikan setiap momen saat mereka berlokasi di sana.

Wisatawan juga bisa memancing  serta  menikmati waterboom-nya, tapi banyak yang  lebih tertarik buat memadati Bukit Cinta. Sebutlah saat libur lebaran lalu, ada sekitar 5 ribu orang wisatawan yang memadati SPM, terutama di  Bukit Cinta. Tidak cuma berasal dari Pamekasan, tapi ada juga dari Sumenep, Sampang, dan bahkan luar Madura. Mereka hilir mudik memasuki areal wisata SPM seluas 2,5 hektare ini. Keramaian itu masih bertahan sampai sekarang, utamanya saat akhir pekan. Memasang tiket masuk sebesar Rp. 20.000, SPM buka pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB

 

6. Bukit Kapur Jaddih

Bukit Kapur Jaddih Tempat Wisata Alam di Madura

Bukit Kapur Jaddih – Tempat Wisata Alam di Madura

Bukit Kapur Jaddih juga termasuk ke dalam salah satu referensi tempat wisata alam di Madura yang bisa membuat liburan Anda menjadi lebih berwarna. Kalau Bukit Cinta berlokasi di Pamekasan, wisata Bukit Jaddih Madura ini berada di Kabupaten Bangkalan. Seperti bersama wisata lainnya, dua gunung Jaddih Madura ini menjadi viral melalui media sosial.

Banyak wisatawan yang  penasaran, sampai kawasan-kawasan wisata seperti ini pun seringkali bingung bersama datangnya banyak wisatawan. Kalau misal Anda ke Bukit Cinta, jangan lupa mampir ke Bangkalan. Anda akan terpesona bersama keindahan alam batu kapur yang eksotis bisa kamu dapat ketika berpose di wisata Madura Pamekasan ini.

 

7. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu Tempat Wisata Alam di Madura

Jembatan Suramadu – Tempat Wisata Alam di Madura

Salah satu tempat wisata malam Madura yang bisa Anda kunjungi di malam hari adalah jembatan Suramadu. Jembatan ini mempunyai pemandangan malam yang indah juga terdapat pantai di Madura dekat Suramadu. Jembatan ini dibangun bersama tujuan buat menghubungkan Surabaya dan Madura. Selain berfungsi sebagai jembatan penghubung, jembatan ini terkenal bersama keindahan struktur jembatannya. Sesampai tidak heran kalau jembatan Suramadu dijadikan salah satu tempat wisata di Madura juga Madura.

Untuk biaya masuk ke jembatan Suramadu mempunyai 4 golongan, yaitu : Golongan 1 akan dikenakan Rp. 30.000 sedangkan golongan II akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 45.000 dan golongan 3 akan dikenakan Rp. 60.000. Buat motor yang ingin melewati jembatan ini tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

 

8. Pantai Batu Kerbuy

Pantai Batu Kerbuy Tempat Wisata Alam di Madura

Pantai Batu Kerbuy – Tempat Wisata Alam di Madura

Buat Anda yang berkunjung ke pulau Madura, Anda juga bisa melalui dua jalur jalan raya dari ujung barat sampai ujung timur pulau Madura adalah jalur tengah dan jalur utara buat ke pantai ini. Pantai ini berlokasi di Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, berjarak lebih kurang 45 km dari pusat Kota Pamekasan, Jawa Timur. Buat mencapai ke lokasi ini, sangatlah mudah dijangkau karena lokasinya yang berdekatan bersama jalan raya Pantura jurusan Sumenep – Kamal.

Pantai Batu Kerbuy Madura merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami. Walaupun begitu ketika Anda tiba di pantai ini Anda diharuskan merogoh kocek untuk membayar tiket masuk kendaraan. Buat mobil Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000 sedangkan buat motor sekitar Rp. 2.000

 

9. Pantai Ponjuk Timur

Pantai Ponjuk Timur Tempat Wisata Alam di Madura

Pantai Ponjuk Timur – Tempat Wisata Alam di Madura

Tempat wisata alam di Madura selanjutnya adalah Pantai Ponjuk Timur. Pantai Ponjuk Timur merupakan pantai terkenal lainnya juga pantai terdekat dari surabaya. Buat bisa tiba di pantai ini Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 menit dari pusat kota. Saat ini, Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata di Madura yang paling favorit serta ramai wisatawan.

Dilengkapi hamparan pasir yang indah serta diiringi deburan ombak laut yang relatif tenang. Membuat banyak wisatawan menjadikannya sebagai destinasi liburan bersama keluarga tercinta. Selama disana Anda bisa bermain di tepi pantai, atau berenang, juga kegiatan menarik lainnya yang bisa banyak Anda temui selama disana.

 

10. Air Terjun Toroan Madura

Air Terjun Toroan Madura Tempat Wisata Alam di Madura

Air Terjun Toroan – Tempat Wisata Alam di Madura

Kawasan objek wisata air terjun ini berlokasi di Kecamatan Ketapang. Masih merupakan satu kawasan bersama hutan Nepa atau sekitar 5 km perjalanan saja dari pusat kota. Anda juga tidak perlu khawatir bersama akses jalan menuju kawasan air terjun ini. Karena akses jalannya sudah cukup. Ada dua pilihan akses jalan yang bisa dipilih agar  bisa sampai ke tempat air terjun Toroan.

Anda juga bisa pergi ke ketapang bersama mobil L 300 yang menuju kecamatan ketapang dan perlu membayar ongkos sekitar Rp. 20.000. Kalau melewati Tol Suramadu, dari Terminal Bungurasih Surabaya Anda bisa menggunakan bus menuju kabupaten Sampang. Juga pergi bersama mobil L 300 menuju kecamatan Ketapang, ongkosnya sebesar Rp. 10.000. Anda tidak akan dikenakan tarif masuk setibanya di objek wisata air terjun Toroan Madura ini, Anda cuma perlu merogoh kocek  untuk parkir kendaraan sekitar Rp. 5.000 saja. Bagi Anda yang memakai mobil tarif parkir yang di bayar sebesar Rp. 10.000.

 

Nah itulah beberapa referensi temapat wisata alam di Madura yang bis dijadikan target liburan bersama orang-orang terdekat. Jangan lupa juga untuk mencicipi wisata kuliner khas Madura seperti sate, soto atau bebek songkem saat berkunjung ke Madura. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!