4 Rekomendasi Tempat Wisata di Karanganom Klaten, Jawa Tengah

Tempat Wisata di Karanganom – Membahas mengenai wisata yang ada di Jawa Tengah memang tak kunjung usai. Nyatanya provinsi ini memiliki daerah wisata yang indah, salah satunya yang akan kita bahas adalah tempat wisata yang berada di Karanganom, Klaten. Tak hanya indah, beberapa objek wisata disini terbilang unik sehingga kota ini dikenal sebagai kota dengan wisata terpopuler di Indonesia.

Ada sekitar 4 wisata populer di Karanganom ini, Apa sajakah itu? langsung saja simak ulasan Kompas Wisata dibawah ini :

Tempat Wisata di Karanganom Klaten

 

1. Jungkare

Wisata Jungkare

Wisata Jungkare

Tempat wisata kali ini terbilang cukup menarik, dikarenakan Jungkare ini memiliki konsep spot foto yang unik. Wisata Jungkare ini terletak pada sebuah desa di Klaten. Nah awalannya masyarakat sekitar membuat spot foto kece dilokasi ini yang tak disangka menjadi viral dan terkenal dikalangan anak muda Klaten.

Spot photo dengan latar ruang persawahan hijau yang indah ini sukses membuat para pelancong terpukau.

Desa Jungkare

Desa Jungkare

Jungkare terdapat di Desa Jungkare, Kec. Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sekitar kurang lebih 20 menit jarak waktu yang harus kamu tempuh agar bisa mencapai lokasi tersebut. Untuk perkiraan jarak mencapai sekitar 8 km dari pusat kota Klaten. Akses ke arah Jungkare ini terbilang gampang ditemukan, sebab memang tempatnya tidak jauh dari pusat kota.

 

2. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo

Jika bertandang ke Klaten, janganlah sampai terlewati untuk berkunjung ke objek wisata umbul, yakni salah satunya ialah Umbul Jolotundo Klaten. Pada tujuan ini kamu akan merasakan sensasi keindahan alamnya. Hingga bisa merehatkan pemikiran dari kepenatan yang sedang dirundung.

Khususnya pada kalian yang bekerja di kota-kota besar, sehari-harinya tentu padat dengan kegiatan rutin kerjanya. Oleh karenanya, bila ada waktu luang coba bertandang ke destinasi wisata yang berada di Klaten ini.

Daya tarik dari tujuan Umbul Jolotundo Klaten tidak hanya pesona alamnya yang indah, masyarakat yang ada disekelilingnya pun ramah kepada pengunjung yang hadir. Lokasi wisata ini punya luas 220 meter persegi. Ada tiga kolam renang yang punya kedalaman tak sama, yaitu diantaranya kedalamana hingga 1 meter, 1,5 meter, dan ada juga yang 2 meter.

Sarana yang ada di objek wisata Umbul Jolotundo Karanganom Klaten seperti, ruang parkir kendaraan, Kamar Mandi atau MCK, Mushola, Kantin serta masih banyak yang lain. Janganlah lupa untuk bawa camera untuk menyimpan momen paling lucu dan unik dengan keluarga atau orang terdekat kamu.

Paket wisata

Tentang harga tiket masuk Umbul Jolotundo Klaten per orang dikenai ongkos Rp 5.000. Ongkos masuknya benar-benar murah sekali, jadi tak perlu khawatir bila membawa beberapa orang untuk berlibur ke Umbul Jolotundo.

 

3. Taman Koplak Andong

Taman Koplak Andong

Taman Koplak Andong

Taman ini diperlengkapi dengan beberapa permainan anak yang berwarna-warni. Taman Koplak Andong dihiasi dengan beberapa jenis tanaman hias serta rumput hijau dan beberapa kursi taman. Pada malam hari taman ini tidak kalah indah, keindahan yang dibuat dari warna-warni lampu taman yang menyinari.

Tiap sore hari di muka taman ada beberapa bendi atau delman yang dihiasi aksesoris warna-warni yang berjajar serta siap mengantarkan beberapa pengunjung untuk berkeliling-keliling di seputar Desa Karangan. Membicarakan tentang ongkosnya cukuplah murah. Banyak pula penjual minuman dan makanan yang berdagang di seputar taman.

Untuk wisata taman tentu saja tidak ada harga tiket masuk, namun jika kamu ingin jajan atau menikmati serunya naik kuda, kamu harus membayar dengan harga yang ditentukan oleh pemiliknya.

 

4. Menara Tugu Waseso

Menara Tugu Waseso

Menara Tugu Waseso

Wisata kali ini merupakan tugu yang konon memiliki sejarah bangsa Indonesia. Tugu Waseso berdiri di pinggir sawah Dukuh Pandanan, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom. Di salah satunya fundamen tugu ada pintu ke arah sisi dalam tugu setinggi 12,5 meter.

Tangga memiliki bahan logam yang dijadikan titian ke arah puncak tugu. Di atas tugu, bendera merah putih berkibar. Maka dari itu warga sekitar memberikan nama tugu ini yaitu Tugu Waseso.

Mengulik kilas sejarah Tugu Waseso. Tugu itu jadi pengingat pertemuan diantara Kiai Karsorejo dengan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Pertemuan itu berlangsung sekitar 1934-1935. Kiai Karsorejo adalah sesepuh desa itu.

Pertemuan Soekarno serta Kiai Karsorejo berawal saat Soekarno menjumpai Raja Keraton Solo. Oleh raja yang memegang waktu itu, Soekarno dianjurkan minta doa restu pada Kiai Karsorejo, seorang tokoh spiritual di Dukuh Pandanan.

Dari pertemuan antara Soekarno dengan Kiai Karsorejo lalu dibuat tugu dengan tujuan sebagai pengingat atau kenang-kenangan. Dan pada akhirnya tugu itu dinamakan Waseso yang berarti terakhir.

Nah bagaimana menurutmu  Tak hanya wisata alam saja yang ada di Karanganom  ini, melainkan juga ada wisata bersejarah juga. 4 tempat wisata di Karanganom Klaten ini bisa kamu jadikan destinasi liburan dikemudian hari. Selamat berlibur.

4 Rekomendasi Tempat Wisata di Karanganom Klaten, Jawa Tengah 1
Please follow and like us: