9 Referensi Tempat Wisata Kediri yang Menjadi Idola Wisatawan

Wisata Kediri – Siapa yang tidak mengetahui kota Kediri, semua orang sudah pasti mengetahui kota ini. Apalagi kota ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat terkenal. Tidak hanya itu, tempat wisata Kediri juga tidak jauh menariknya dengan wisata di kota-kota lainnya.

Buat yang senang berwisata pada malam hari, kalian juga bisa menemukan banyak wisata malam kediri yang sangat menarik. Untuk tiket masuk yang ditawarkan juga beragam, bahkan relatif murah dikantong. Tidak cuma wisatanya, selama disana kalian wajib mencicipi makanan khas Kediri. Berikut tempat wisata Kediri yang wajib kalian kunjungi jika kalian pergi ke sana.

 

Rekomendasi Tempat Wisata Kediri

 

1. Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud Tempat Wisata Kediri

Gunung Kelud – Tempat Wisata Kediri

Wisata Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api yang cukup aktif di Indonesia, setelah Gunung Merapi. Gunung ini bahkan pernah meletus kembali pada tahun 2014 lalu. Sampai sekarang, walaupun begitu banyak wisatawan yang sering mengunjungi wisata ini karena pemandangannya yang cantik dan indah dari gunung kelud. Yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki saja, tapi juga wisatawan biasa. Kalian bisa sampai di ketinggian gunung yang lumayan tinggi dengan menggunakan kendaraan karena jalanannya yang sudah beraspal serta mudah untuk kalian lalui.

 

2. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo Tempat Wisata Kediri

Air Terjun Dolo – Tempat Wisata Kediri

Seperti kebanyakan tempat wisata Kediri dan kota sekitarnya, cuaca di kota ini terbilang cukup panas. Karena itu, wajib buat kalian berkunjung ke tempat wisata airnya. Salah satunya adalah air terjun Dolo Kediri Jawa Timur yang berlokasi di desa Jugo, kecamatan Mojo, berada kurang lebih 25 km dari arah barat pusat kota Kediri. Perjalanan ke wisata air terjun di Kediri ini terbilang sangat menyenangkan serta bisa kalian tempuh selama dua jam dari Pare atau kurang lebih satu jam dari pusat kota Kediri.

Buat bisa tiba di tempat wisata Kediri ini, kalian memang perlu melakukan trekking karena jalan yang cukup menanjak. Tapi jangan khawatir akan merasa lelah dan bosan karena kalian bisa berkunjung ke perkebunan strawberry serta sayuran berada tidak jauh dari lokasi wisata air ini. Kalian juga bisa memetik stroberi sepuasnya di kebun tersebut.

Kawasan wisata ini mempunyai beberapa fasilitas seperti taman bermain, ada juga camping ground, area buat joging, serta hiking dll. Keindahan obyek wisata ini menjadi semakin lengkap karena udara yang sangat segar serta sejuk khas pegunungan, suasananya juga hijau serta tenang bahkan kealamian air terjun ini tidak kalah dengan air terjun ngleyangan Kediri

 

3. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island Tempat Wisata Kediri

Gumul Paradise Island – Tempat Wisata Kediri

Jika kalian pergi berlibur ke Kediri bersama keluarga, Gumul Paradise Island sangat cocok sekali dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Tempat wisata Kediri ini berlokasi di Jalan Simpang Lima Gumul Barat, dekat dengan lokasi wisata MSLG yang terkenal. Di sini kalian bisa menemukan banyak wahana bermain serta hiburan yang bisa kalian nikmati.

Dengan fasilitas yang baik, kalian beserta keluarga bisa melakukan kegiatan flying fox, serta speed slider, bahkan kalian bisa berenang dan masih banyak lainnya. Untuk harga tiket masuk tempat ini terbilang murah, yaitu Rp. 20.000/orang dewasa serta Rp. 15.000/peranak .

 

4. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark Tempat Wisata Kediri

Kediri Waterpark – Tempat Wisata Kediri

Kediri mempunyai waterpark lengkap dengan seluncuran yang cukup panjang di Indonesia. Kediri Waterpark berlokasi kurang lebih 15 km dari kota Kediri. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk kalian yang berlibur bersama keluarga terutama kalian yang berlibur bersama putra-putri. Karen banyak sekali wahana bermain yang beragam, mulai dari kolam renang sampai dengan kolam bermain yang sangatlah seru. Buat bisa masuk ke tempat wisata air ini, kalian harus membayar Rp. 50.000  buat hari Senin hingga Jumat serta Rp. 70.000 buat hari Sabtu, Minggu serta hari Libur. Buat anak yang tinggi di bawah 120 cm juga ada harga khusus yaitu seharga Rp. 15.000/anak.

 

5. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng Tempat Wisata Kediri

Gua Selomangleng – Tempat Wisata Kediri

Konon katanya pada zaman dulu, gua ini merupakan tempat yang biasa dipakai oleh Dewi Kilisuci, putri Raja Erlangga buat mengasingkan dirinya serta bertapa. Menurut cerita, putri ini pernah menolak tahta kerajaan yang akan diberikan kepadanya. Sehingga sang dewi mengasingkan diri dan melakukan pertapa. Bukti keberadaannya pun bisa kalian lihat dari relief yang berada di dalam bahkan hingga di luar dinding gua. Tidak heran kalau gua ini mempunyai nilai sejarahnya tersendiri. Jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata ini, berlokasi sekitar 7 km dari kota Kediri, tepatnya berada di Desa Waung, Mojoroto. Keindahan gua ini tidak kalah dengan keindahan gua maria Kediri.

 

6. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo Tempat Wisata Kediri

Air Terjun Irenggolo – Tempat Wisata Kediri

Air terjun Irenggolo kediri  ini berlokasi kurang lebih 20 km, sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Kediri. Pemandangan pegunungannya yang luar biasa dari Besuki-Irenggolo telah siap buat kalian nikmati. Selain itu, para wisatawan bisa menemukan banyak hal menarik, seperti tempat wisata hutan teduh alami pinus, ada juga taman bermain, camping ground, serta hiking bahkan juga  jogging area, ada banyak pohon yang membuatnya semakin hijau dan menyejukan mata Kalian.

 

7. Candi Surowono

Candi Surowono Tempat Wisata Kediri

Candi Surowono – Tempat Wisata Kediri

Masih di kawasan Kediri, kalian bisa menemukan sebuah tempat wisata kota Kediri yang terbuka sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Namanya adalah Candi Surowono, tempat wisata di Kediri ini salah satu candi bercorak Hindu yang sangat bersejarah. Disebutkan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-14 dengan maksud buat menghormati Raja Bhre Wengker, raja kerajaan Wengker. Jika kalian ingin tahu sedikit tentang sejarah tentang yang ada di Kediri, tidak ada salahnya kalian berkunjung ke Candi Surawana.

Candi Surowono merupakan salah satu tempat penyucian raja Wengker yang merupakan salah pada masa Raja Hayam Wuruk dari Majapahit Empire. Candi ini berbentuk persegi dengan panjang 8×8 meter serta dibangun pada tahun 1400 Masehi. Yang menjadi daya tarik obyek wisata candi ini adalah karena candi ini merupakan salah satu hasil bangunan bersejarah karya kelalaian pada masa lalu dan mempunyai terowongan bawah tanah. Hal ini berlokasi kurang lebih 100 meter dari Desa Canggu, Kecamatan Pare, atau sekitar 25 km timur laut  dari arah kota Kediri.

 

8. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul Tempat Wisata Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul – Tempat Wisata Kediri

Jika Paris memiliki Arc de Triomphe, maka Kediri memiliki Monumen Simpang Lima Gumul atau yang yang dikenal dengan MSLG. Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 silam serta berhasil diresmikan pada tahun 2008. Obyek wisata ini merupakan salah satu wisata Kediri terbaru, tapi jangan salah ketenarannya sudah dikenal se-Indonesia. Apalagi buat kalian yang gemar fotografi, lokasi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat hunting di Kediri serta memuaskan hobi fotografi kalian.

Tak hanya itu, MSLG ini juga merupakan tempat rekreasi di Kediri yang ngehits. Nama simpang lima berasal dari lokasi bangunan yang berasa pada persimpangan 5 jalan mulai dari Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren hingga Plosoklaten.

 

9. Museum Fotografi

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kota Kediri tapi tidak punya banyak waktu untuk jalan-jalan? Kalian bisa datang saja ke Museum Fotografi Kediri. Di sana kalian akan melihat ratusan foto kota Kediri dari zaman dahulu kala. Di sini kalian bisa banyak belajar serta mengetahui tentang bagaimana keadaan Kediri pada zaman dahulu.

 

Bagaimana sobat? sudah tahu mau kemana saat di Kediri nanti. Semoga ulasan tempat wisata Kediri ini bisa membantu para traveller setia pengunjung Kompas Wisata untuk menjadwalkan liburannya saat di Kediri nanti. Selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!