Trip Pulau Berhala Jambi, Surga Tersembunyi di Pulau Sumatera

Kompaswisata.com – Pulau Berhala merupakan sebuah destinasi wisata yang terbilang masih baru di wilayah pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Kep.Riau. Meski belum populer namun destinasi wisata ini memiliki banyak sekali daya tarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Dengan daya tarik tersebut, trip Pulau Berhala Jambi yang Anda lakukan bisa meninggalkan kesan yang mendalam. Apakah Anda sudah penasaran apa saja daya tarik dan pesona dari Pulau Berhala Jambi. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.

 

Daya Tarik dan Pesona Trip Pulau Berhala Jambi

 

1. Pantai dengan pasir putih yang indah

Layaknya destinasi wisata pulau lain di Indonesia, Anda bisa menemukan pantai yang indah apabila melakukan trip Pulau Berhala Jambi. Pasir di pulau ini masih sangat putih dan bersih karena Pulau Berhala terbilang destinasi wisata baru yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pulau Berhala - Tempat wisata di Jambi

Selain pasir putih yang bersih dan indah, di sekitar pantai juga terlihat banyak batu-batu vulkanik yang ada secara alami. Batu-batu tersebut menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Anda bisa memandangi pantai sembari duduk di atas batu berukuran besar.

2. Deretan rumah apung

Meski berada di wilayah terluar dari Indonesia dan bisa dibilang cukup terpencil, namun Pulau Berhala merupakan pulau berpenghuni. Selain warga asli, ada juga Tentara Nasional Indonesia atau TNI yang bertugas untuk menjaga wilayah dari garis terluar Indonesia.

Beberapa penduduk di pulau ini membangun rumah apung di sisi pantai sebagai tempat tinggal. Sedangkan beberapa lainnya membuat rumah dan tinggal di pinggir hutan. Pemandangan rumah apung milik peduduk juga bisa menjadi daya tarik lain ketika Anda mencoba trip Pulau Berhala Jambi.

3. Makam raja Jambi

Meski terdengar tidak biasa, namun nama Berhala yang disematkan pada pulau ini memiliki sejarah tersendiri. Nama tersebut diambil dari nama raja yang pernah memimpin Jambi yaitu Datuk Paduke Berhala. Karena kecintaannya terhadap keindahan pulau ini, Datuk Berhala kemudian berpesan agar dimakamkan di tempat tersebut ketika meninggal.

Makam Datuk Paduko Berhalo - Wisata Pulau Berhala Jambi

Makam dari raja Jambi ini berada di tengah pulau, kurang lebih berjarak 150 meter dari jalan setapak yang ada di tengah pulau. Selain makam Datuk Berhala yang memiliki nama asli Ahmad Salim, pulau ini juga menyimpan peninggalan sejarah lain seperti meriam peninggalan Belanda dan benteng peninggalan Jepang.

4. Berkesempatan melihat langsung penyu bertelur

Tidak hanya pemandangan alam yang indah saja, dengan trip Pulau Berhala Jambi Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat langsung penyu bertelur. Namun untuk mendapatkan pengalaman tersebut, Anda harus memilih waktu yang tepat karena penyu tidak bertelur setiap waktu.

Menjadi Lokasi Penyu Bertelur - Wisata Pulau Berhala

Waktu yang tepat datang ke Pulau Berhala untuk melihat penyu bertelur yaitu pada akhir tahun atau awal tahun. Pasalnya, pada waktu-waktu tersebut, penyu-penyu akan mulai menepi ke pantai dan mencari tempat yang nyaman untuk bertelur. Untuk menyaksikan penyu bertelur, Anda bisa menyewa kapal motor berukuran kecil dan menuju ke lokasi dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja.

5. Pemandangan indah di atas mercusuar

Pemandangan alam di atas ketinggian memang menjadi daya tarik lain yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ketika trip pulau berhala Jambi, Anda bisa menikmati pemandangan di atas ketinggian dengan menaiki mercusuar yang ada di sana. Untuk sampai di atas mercusuar, Anda harus menaiki anak tangga sebanyak 770 buah dengan kemiringan mencapai 70 derajat.

Mercusuar - Wisata Pulau Berhala Jambi

Paket wisata

Meski melelahkan untuk Anda yang tidak terbiasa berjalan kaki atau olahraga, namun keindahan alam dari atas mercusuar akan membayar kelelahan tersebut. Selain melihat pemandangan, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto setelah sampai di atas mercusuar.

6. Melihat terumbu karang dengan diving dan snorkeling

Di sekitar pulau Berhala terdapat hutan akar bahar sehingga tidak heran jika laut di sekita pulau menjadi subur dan keindahannya semakin bertambah. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling atau diving untuk melihat keindahan pemandangan laut dengan nyaman.

diving dan snorkeling pulau berhala Jambi

Hal ini juga yang menjadi alasan banyak penyelam mengunjungi Pulau Berhala Jambi. Pasalnya, keindahan pemandangan laut di pulau ini bisa membuat mereka yang melihatnya terkagum-kagum. Salah satu jenis terumbu karang yang paling terkenal yaitu Intertidal Coral Reef. Namun, Anda harus membawa peralatan sendiri karena belum ada yang menyewakannya.

7. Sunset dan sunrise yang indah

Sunset dan sunrise merupakan pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan jika trip Pulau Berhala Jambi. Pemandangan dari matahari terbit dan tenggelam tersebut sangat indah dan romantis sehingga sangat pas untuk bersantai.

Selain menikmati pemandangan matahari serta merasakan sejuknya udara, wisatawan bisa menyempurnakan kunjungannya dengan membawa peralatan memancing. Sembari menunggu matahari, memancing memang aktivitas yang cukup menyenangkan untuk dilakukan.

8. Lokasi yang mudah ditempuh

Lokasi dari pulau Berhala lebih dekat dengan provinsi Jambi sehingga kebanyakan pengunjung lebih memilih untuk datang ke pulau ini lewat jalur Jambi. Beberapa jalur yang bisa ditempuh diantaranya yaitu Kampung Laut dan Nipah Panjang. Kedua jalur tersebut memiliki keunikan masing-masing sehingga patut Anda pertimbangkan.

Jika memilih jalur Kampung Laut, maka Anda bisa lebih cepat untuk sampai di Pulau Berhala yaitu hanya sekitar 1 jam hingga 2 jam saja. Dari jalur tersebut Anda bisa berkendara menggunakan speedboat atau mini ferry. Sedangkan untuk jalur Nipah Panjang, Anda bisa menyewa kapal dengan biaya murah namun waktu tempuhnya yaitu sekitar 3 jam hingga 5 jam.

9. Fasilitas

Meski terbilang destinasi baru dan belum dikelola dengan baik, namun Pulau Berhala memiliki fasilitas yang cukup mendukung. Apalagi untuk Anda yang ingin trip Pulau Berhala Jambi dalam waktu beberapa hari maka tidak perlu khawatir karena ada penginapan yang bisa disinggahi.

Penginapan di Pulau Berhala - Wisata Pulau Berhala

Namun penginapan atau homestay yang ada di pulau ini belum menyediakan tempat tidur, jadi Anda harus menyiapkan sleeping bag sebelum memulai trip. Jika tidak ingin menginap di homestay, Anda bisa membawa tenda atau menginap di barak tentara. Selain penginapan beberapa fasilitas lain yang tersedia gazebo, tempat makan, dan juga toilet umum.

10. Terdapat banyak spot foto menarik

Hal yang tidak boleh terlewatkan ketika berwisata yaitu mencari spot foto yang menarik dan mengabadikan momen. Semakin menarik spot yang ada maka akan semakin bagus foto yang dihasilkan nantinya. Pemandangan laut biru di pulau ini menjadi salah satu background menarik untuk diposting di sosial media.

Selain laut, dari atas mercusuar juga bisa menghasilkan pemandangan yang tak kalah cantiknya. Di pinggir pantai dengan banyak bebatuan karang besar menjadi spot foto selanjutnya yang layak untuk dipilih. Dan masih banyak spot-spot lain yang bisa menambah koleksi foto liburan Anda.

Itulah beragam daya tarik dan pesona dari pulau yang terletak di titik terluar Indonesia ini. Sebelum trip Pulau Berhala Jambi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja pesona yang ada di pulau tersebut agar tidak ada yang terlewat ketika mengunjunginya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari destinasi wisata baru dan menarik.

Paket Trip Pulau Berhala Jambi

Trip Berhala

Trip Pulau Berhala Jambi, Surga Tersembunyi di Pulau Sumatera 1
Please follow and like us:

Leave a Reply