10 Objek Wisata Alam Bandung Murah Meriah Pengisi Liburan Kalian

Wisata Bandung – Berlibur ke Bandung tidak selamanya harus menghabiskan budget yang besar, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata alam Bandung murah meriah yang tersebar di sepanjang kota yang dijuluki sebagai kota Paris Van Java ini. Bandung memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi. Iklimnya yang sejuk dan sebagian besar wilayahnya yang berupa pegunungan membuat pesona alam Bandung selalu menjadi incaran bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang mereka.

Akomodasi yang sangat mudah diakses juga menjadikan Bandung sebagai salah satu destinasi favorit bagi banyak orang, ada banyak hotel yang dibangun di lokasi strategis sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berencana menghabiskan waktu yang lama berlibur di Bandung. Berikut ini Kompas Wisata berikan 10 rekomendasi objek wisata alam Bandung murah meriah yang wajib Anda kunjungi,

 

Wisata Alam Bandung Murah Meriah

 

1. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang-Geulis-Kahuripan-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Sendang Geulis Kahuripan – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Objek wisata alam di Bandung pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Sendang Geulis Kahuripan atau yang sering juga di sebut dengan nama Sendang Geulis Cikahuripan. Destinasi yang pertama ini merupakan sebuah mata air alami yang mengalir dari pegunungan, terletak di wilayah Cikalong Wetan, Bandung Barat. Sendang Geulis Kahuripan merupakan spot wisata yang saat ini sedang ramai menjadi perbincangan terutama di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan karena banyaknya foto-foto selfie bertebaran di instagram yang berlokasi di tempat ini. Spot berfoto paling menarik adalah pada saat Anda menyelam di mata air yang airnya sangat jernih ini.

Sendang Geulis Kahuripan sebenarnya adalah sebuah kolam alami yang terbentuk akibat aliran mata air dari pegunungan. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi cukup untuk sekedar berendam dan foto-foto. Di dasar kolam Anda bisa melihat batu-batuan sungai dengan dasarnya yang berupa pasir putih. Pemandangan di dalam kolam pada saat menyelam memang bisa memberikan sebuah foto yang sangat cantik apalagi bagi mereka yang membawa kamera canggih beresolusi tinggi. Keadaan alamnya juga masih alami dengan udaranya yang sejuk, dijamin pasti akan membuat Anda betah berlama-lama bersantai di kolam mata air pegunungan ini.

 

2. Curug Pelangi

Curug-Pelangi-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Curug Pelangi – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Wisata alam Bandung murah meriah yang kedua adalah Curug Pelangi yang berlokasi di daerah Desa Cisarua, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Daerah Bandung Barat memang terkenal memiliki banyak sekali objek wisata berupa curug, salah satu yang paling populer dan memiliki pemandangan yang indah adalah Curug Pelangi ini.

Curug Pelangi merupakan sebuah air terjun setinggi 71 meter dengan aliran airnya yang deras dan bertingkat. Anda bisa mendengar deburan airnya bahkan jauh sebelum mencapai lokasi. Pemandangan yang ada di curug ini sudah sangat terkenal keindahannya. Ada banyak sekali sudut yang bisa Anda eksplore untuk berfoto. Di sini juga merupakan habitat alami bagi ratusan monyet yang hidup bebas, mungkin pada saat berkunjung ke sini Anda akan berjumpa dengan mereka. Pemandangan menjadi lebih indah saat malam datang, Anda akan melihat warna curug ini berubah menjadi berwarna-warni akibat dari efek lampu yang menyorot dari balik air terjun.

 

3. Stone Garden

Stone-Garden-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Stone Garden – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Tempat wisata alam Bandung murah meriah yang selanjutnya adalah Stone Garden yang berlokasi di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kec. Cipatat, Bandung. Stone Garden merupakan area pegunungan yang di dominasi oleh bebatuan kapur. Tempat ini sangat fotogenik, tak heran jika Stone Garden menjadi destinasi favorit para fotografer dan mereka yang ingin mendapatkan foto-foto selfie dengan pemandangan bebatuan kapur di puncak bukit yang sangat memukau. Akses menuju ke Stone Garden juga terbilang cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di lokasi.

 

4. Curug Malela

Curug-Malela-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Curug Malela – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Niagara Mini Indonesia adalah julukan yang diberikan untuk Curug Malela. Hal ini dikarenakan sekilas pemandangan curug ini memang mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di perbatasan antara USA dan Canada. Curug Malela berada di daerah Desa Cidadas, Kec. Rongga Gununghalu, Kab. Bandung Barat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter. Airnya mengalir dengan sangat deras sehingga deburan airnya bisa didengar dari kejauhan. Pemandangan air terjun Niagara Mini ini merupakan salah satu spot favorit bagi para pengunjung yang ingin foto-foto. Tapi Anda harus hati-hati karena aliran sungai di curug ini sangat deras.

 

5. Taman Begonia

Taman-Begonia-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Taman Begonia – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Tempat wisata alam Bandung murah meriah selanjutnya adalah Taman Begonia yang berlokasi di daerah Jl. Maribaya No. 120, Lembang. Di sini Anda bisa menikmati keindahan beragam jenis bunga khas Indonesia. Taman-taman bunga yang tertata dengan rapi merupakan tempat yang sangat cantik untuk berfoto. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini menghabiskan waktu mereka berkeliling taman sambil bersantai di bangku-bangku taman yang ada. Di sini juga sudah terdapat kafe outdoor yang bisa Anda kunjungi, menikmati sajian kuliner sambil menikmati indahnya pemandangan taman akan memberikan sensasi liburan yang sangat menyenangkan.

 

6. Terminal Grafika

Terminal-Grafika-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Terminal Grafika – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Terminal Grafika merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di kawasan wisata Hutan Pinus Grafika Cikole. Lokasinya berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu, Km 08, Cikole, Lembang. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan sejuk hutan pinus dengan udara pegunungan yang segar. Anda juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas tradisional Bandung yang ada di rumah makan tradisional di tempat ini.

 

7. Dusun Bambu Lembang

Dusun-Bambu-Lembang-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Dusun Bambu Lembang – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati nuansa asri alam Bandung sambil mencicipi kuliner lezat khas Bandung adalah Dusun Bambu. Tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan yang berlibur ke Bandung. Tempat makan yang paling populer bernama Lutung Kasarung, di sini Anda bisa merasakan sensasi makan di dalam sangkar burung yang terletak di atas pohon. Dusun Bambu juga memiliki fasilitas penginapan berupa villa yang bisa Anda sewa jika ingin menghabiskan malam di kawasan wisata alam yang sangat indah ini.

 

8. Situ Lembang

Situ-Lembang-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Situ Lembang – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Tempat wisata alam Bandung murah meriah yang selanjutnya adalah Situ Lembang yang berlokasi di Desa Kertawangi, Parongpong, Kec. Cisarua, Lembang. Situ Lembang merupakan sebuah danau yang terletak di ketinggian 1.570, hal ini membuat udara di sekitar danau menjadi cukup dingin. Di danau ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah terhampar di depan mata. Air danau yang jernih dengan hamparan hutan pinus sejauh mata memandang merupakan sebuah latar belakang untuk berfoto yang sangat cantik.

 

9. Alam Wisata Cimahi

Alam-Wisata-Cimahi-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Alam Wisata Cimahi – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Tempat wisata alam Bandung murah meriah yang selanjutnya yaitu Alam Wisata Cimahi yang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi, No. 157  Km 04, Cimahi, Kab. Bandung Barat. Destinasi wisata yang satu ini memiliki konsep wisata one stop holiday dimana di dalamnya terdapat paket wisata yang sangat lengkap. Di sini Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan seru, wisata kuliner, menikmati panorama alam, hingga wisata belanja. Tempat ini juga memiliki sisi edukatif untuk mengenalkan kepada para pengunjung tentang budaya khas Bandung. Jika Anda hanya memiliki waktu liburan yang singkat maka destinasi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

 

10. Balitsa Lembang

Balitsa-Lembang-Wisata-Alam-Bandung-Murah-Meriah

Balitsa Lembang – Wisata Alam Bandung Murah Meriah

Tempat wisata alam Bandung murah meriah yang terakhir adalah Balitsa Lembang yang berlokasi di daerah Bandung Barat. Balitsa merupakan singkatan dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran yang merupakan balai tempat dilakukan penelitian terhadap berbagai tanaman holtikultura yang ada di tanah air. Tempat ini cocok dikunjungi oleh para pelajar yang ingin mempelajari lebih jauh tentang dunia tanaman khususnya sayuran. Meskipun demikian tempat ini juga memiliki sisi keindahan dari panorama alamnya, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan barisan hutan pinus dengan udaranya yang sejuk.

 

Bagaimana sobat? Sudah ada gambaran mau menghabiskan liburan kali ini ke tempat wisata alam Bandung murah meriah yang mana. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan juga peralatan yang dapat mengabadikan momen-momen terindah kalian saat liburan nanti. Sampaikan kesannya setelah puas menjelajahi Bandung pada kolom komentar kita di bawah ini ya sob. Selamat berlibur. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Close
error: Content is protected !!