8 Wisata Edukasi Anak di Jabodetabek yang Wajib Dicoba

Kompaswisata.com – Hari libur di tanggal merah atau libur akhir pekan, tentu merupakan moment yang sangat berharga untuk sebagian orang. Ya, untuk Anda pekerja kantoran akhir pekan atau libur karena tanggal merah adalah waktu yang tepat untuk quality time bersama dengan keluarga. Terutama, untuk Anda yang sudah memiliki buah hati.

Liburan akhir pekan bisa Anda jadikan waktu untuk bersantai, bermain dan belajar bersama dengan buah hati. Nah, untuk Anda yang sedang berada di kawasan Jabodetabek dan ingin berlibur bersama keluarga sembari mengajak buah hati liburan sambil belajar, tak perlu bingung mau pergi kemana.

Ada banyak tempat wisata edukasi anak di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga dan buah hati. Penasaran apa saja tempat wisata edukasi anak yang ada di sekitar Jabodetabek? Langsung saja yuk simak ulasannya.

Wisata Edukasi Anak di Jabodetabek

1. Planetarium (Jakarta)

Planetarium

Oke, kita coba explore tempat edukasi anak di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi di Jakarta terlebih dahulu. Anda bisa coba ajak anak liburan sambil belajar ke Planetarium yang berada di Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya, Jakarta.

Tak hanya dapat bermain dan bersenang-senang saja. Disini buah hati Anda juga akan mendapatkan edukasi secara langsung tentang tata surya dan mengenal berbagai macam planet dan rasi bintang yang ada di langit.

Tempatnya yang unik akan membuat anak Anda senang bermain dan belajar bersama dengan anak-anak yang lainnya. Harga tiketnya juga cukup murah yakni Rp. 5.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

2. Taman Legenda, TMII (Jakarta)

Taman Legenda TMII

Selain planetarium, tempat wisata edukasi anak yang ada di Jakarta lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama buah hati tercinta adalah taman legenda. Untuk Anda yang ingin mengenalkan berbagai macam hewan purba yang sudah punah kepada buah hati Anda, taman legenda bisa Anda jadikan pilihan.

Disini Anda bisa mengajak anak untuk belajar dan bermain mengenal dinosaurus. Lokasi taman legenda ini lebih tepatnya berada di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ya, di dalam area TMII ini ada wahana petualangan dinosaurus dan juga berbagai macam mainan dinosaurus.

Secara otomatis buah hati Anda akan berlibur sekaligus belajar mengenal tentang petualangan dinosaurus yang ada di sini. Harga tiket masuk ke taman legenda dinosaurus di TMII ini adalah sebesar Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 30.000.

3. Taman Budaya Sentul City (Bogor)

Taman Budaya Sentul City

Lanjut, ke area Bogor. Ada banyak juga tempat wisata edukasi anak di Bogor. Jadi, jika Anda sudah bosan mengunjungi tempat wisata edukasi anak di Jakarta, wisata edukasi anak di Bogor ini  bisa Anda jadikan pilihan terbaik.

Salah satu tempat wisata edukasi anak yang berada di Bogor adalah Taman Budaya Sentul City. Taman wisata budaya Bogor ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Sangat pas dijadikan sebagai tempat liburan Anda bersama dengan kelurga dan buah hati tercinta.

Taman ini dikelilingi oleh 4 gunung membuat suasananya sejuk dan segar. Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang masih asri dan hijau saja. Taman budaya ini juga menyediakan berbagai macam kegiatan yang dapat mengajarkan buah hati Anda lebih dekat dengan alam dan lingkungan seperti kegiatan outbound. Ada banyak kegiatan outbound yang bisa dilakukan seperti flying fox, wall climbing dan lainnya.

4. Pelita Desa Ciseeng (Bogor)

Pelita Desa Ciseeng

Lanjut, tempat wisata edukasi anak di Jabodetabek lainnya yang ada di Bogor adalah Pelita desa Ciseeng. Moment liburan Anda dan keluarga serta buah hati akan semakin seru dan menyenangkan karena ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan.

Paket wisata

Dibalut dengan nuansa alam pedesaan akan membuat anak-anak lebih tahu bagaimana cara menjaga keasrian alam. Disni anak akan diajarkan tentang sistem pertanian yang ada di desa melalui berbagai macam kegiatan seperti menanam padi di sawah, membajak sawah, mengolah dan membuat pupuk kompos dan masih banyak kegiatan alam lainnya.

Tak hanya menyediakan berbagai macam kegiatan pertanian saja, disini juga disediakan berbagai macam kegiatan outbound yang bisa Anda lakukan bersama dengan buah hati Anda. Misalnya seperti flying fox, naik rakit untuk menyusuri sungai dan kegiatan outbound lainnya.

5. Godong Ijo (Depok)

Godong Ijo

Sedangkan untuk Anda yang kebetulan berada di kawasan Depok, ada juga nih wisata edukasi anak di Depok yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Godong Ijo. Di Godong Ijo memiliki berbagai macam fasilitas dan sarana permainan yang edukatif yang akan membuat buah hati betah untuk berlama-lama bermain dan belajar disana.

Ada banyak sarana permainan dan dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis binatang yang akan membuat wawasan buah hati Anda bertambah luas. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu khawatir bosan saat liburan di Godong Ijo ini, karena juga ada sejumlah fasilitas seperti taman berupa vertical garden, green house, restoran, dan wahana permainan lainnya.

6. D’Kandang Amazing Farm (Depok)

D’Kandang Amazing Farm

Selain godong ijo, ada juga wisata edukasi anak di Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi yakni D’kandang Amazing Farm. Lokasinya berada di Depok. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan bersama buah hati di tempat wisata edukasi anak di Depok ini.

Misalnya seperti mengajak anak untuk belajar bertani, berkebun, beternak dan masih banyak yang lainnya. Bahkan Anda juga bisa mengajarkan anak untuk membuat hasil karya dari tanah liat disini untuk mengembangkan kreativitas buah hati Anda.

Harga tiket masuk d’Kandang Amazing Farm ini juga murah dan terjangkau. Anda tidak perlu khawatir masalah harga tiket masuknya karena murah dan tidak menguras kantong pastinya.

7. Family Park Alam Sutera (Tangerang)

Family Park Alam Sutera

Lanjut, ke wilayah Tangerang. Disini terdapat salah satu pilihan tempat wisata edukasi anak di Jabodetabek yang kita rekomendasikan yakni wisata Family Park Alam Sutera. Sesuai dengan namanya, tempat rekreasi edukasi anak yang satu ini memiliki konsep tempat berlibur keluarga.

Di tempat wisata Alam Sutera Family Park ini, Anda bisa mengajak buah hati bermain sambil belajar. Ada banyak kegiatan edukatif yang bisa dilakukan disini mulai dari memasak, menganyam dan segala macam kegiatan yang dapat mengasah kecerdasan mental dan fisik buah hati.

Tak hanya itu, anak juga bisa bersenang-senang memancing dan menangkap ikan di kolam yang disediakan. Pasti liburan Anda dan buah hati akan seru dan menyenangkan.

8. Rumah Pohon (Bekasi)

Rumah Pohon Bekasi

Untuk Anda yang kebetulan berada di daerah Bekasi. Anda bisa kunjungi tempat wisata edukasi anak yand ada di Bekasi. Salah satunya adalah rumah pohon, disini Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain dan mengolah kekuatan fisik dan mentalnya dengan berbagai macam kegiatan outbound yang disediakan. Misalnya seperti flying fox atau kegiatan outbound lainnya untuk melatih kekuatan otot dan tulang si kecil.

Tak perlu khawatir bosan saat berada rumah pohon Bekasi ini karena Anda dan keluarga juga bisa menyantap makanan tradisional sembari merasakan sensasi berada di rumah pohon yang unik. Pasti liburan akan semakin seru dan menyenangkan.

Tertarik untuk berkunjung ke salah tempat wisata edukasi anak di Jabodetabek yang sudah saya jelaskan diatas? Selamat berlibur bersama si kecil ya!

8 Wisata Edukasi Anak di Jabodetabek yang Wajib Dicoba 1
Please follow and like us: