10 Referensi Wisata Pantai Terindah di Tulungagung Favorit Wisatawan

Liburan di Tulungagung – Wisata pantai terindah di Tulungagung adalah daya tarik utama dari daerah ini. Tulungagung yang sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuatnya memiliki banyak sekali pantai yang tersebar di sepanjang wilayahnya. Pantai-pantai indah di Tulungagung inilah yang menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Penghasil marmer terbesar di Indonesia ini.

Berikut ini Kompas Wisata berikan 10 rekomendasi pantai-pantai terindah yang ada di Tulungagung yang wajib Anda kunjungi.

 

Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

 

1. Pantai Molang

Pantai Molang Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Molang – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang pertama adalah Pantai Molang yang berlokasi di Kecamatan Pucanglaban. Pantai ini letaknya berbatasan langsung dengan Kab. Blitar. Pantai Molang memiliki daya tarik dari pemandangan hamparan pasir di bibir pantainya yang luas. Pasirnya berwarna putih kecokelatan dan halus. Perairan di sekitar pantai ini juga cukup dangkal dan jernih, dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi Anda yang ingin berenang. Keindahan bawah laut Pantai Molang juga cukup indah, Anda bisa snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan pemandangan ekosistem bawah lautnya. Anda juga bisa menunggu hingga matahari terbenam untuk mendapatkan bonus pemandangan sunset yang indah.

 

2. Pantai Popoh

Pantai Popoh Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Popoh – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang selanjutnya adalah Pantai Popoh. Pantai ini adalah salah satu objek wisata andalan Tulungagung yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Pantai Popoh sering di jadikan destinasi wisata bulan madu bagi mereka pasangan pengantin baru yang ingin menghabiskan waktu bersama di sebuah pantai dengan panorama alam yang indah.

Pantai Popoh terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Tulungagung, jika Anda berangkat dari kota maka Anda harus berkendara sejauh 30 Km ke arah Kecamatan Besuki. Setibanya Anda di lokasi Anda akan di sambut dengan pemandangan hamparan pasir di bibir pantai yang terlihat sangat bersih. Di sepanjang bibir pantai Anda juga akan melihat tebing dan gugusan batu-batu karang yang terlihat sangat eksotis. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar dengan perairan yang dangkal. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar wilayah teluk yang ada di Pantai Popoh sambil menikmati keindahan bawah laut yang bisa di lihat dari atas perahu.

 

3. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Jika Anda mencari destinasi wisata pantai di Tulungagung yang sedang ramai di perbincangkan oleh banyak orang maka pergilah ke Pantai Kedung Tumpang yang ada di daerah Pucanglaban. Pantai ini adalah destinasi wisata yang lagi booming di Tulungagung. Keindahan pemandangan pantai yang banyak tersebar pada foto-foto di media sosial terutama instagram, membuat banyak orang tertarik dengan pantai ini. Jadi jangan heran jika Anda datang berkunjung maka tempat ini akan di penuhi oleh para wisatawan terutama dari kalangan anak muda.

Pantai Kedung Tumpang memiliki keistimewaan karena adanya laguna berupa kolam-kolam kecil yang berada di sekitar bibir pantai yang di dominasi oleh batu karang. Laguna ini memiliki air yang sangat jernih, jika Anda lihat dari atas airnya terlihat berwarna hijau dan biru. Pemandangan eksotis inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Kedung Tumpan. Anda juga bisa berenang di laguna-laguna kecil ini sepuasnya.

 

4. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Pathok Gebang – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang selanjutnya adalah Pantai Pathok Gebang yan berlokasi di daerah Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung. Pantai ini merupakan pantai baru yang kondisi alamnya masih sangat asri. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini belum banyak di ketahui orang terutama mereka yang bukan orang Tulungagung asli. Hal inilah yang justru membuat pantai ini terjaga keindahannya. Mengunjungi pantai ini seperti mencari sebuah surga yang tersembunyi di balik belantara hutan Tulungagung. Untuk bisa mencapai ke lokasi pantai Anda harus trekking selama 40 menit hingga 1 jam menyusuri kawasan hutan dan tebing-tebing. Perjalanan akan terasa cukup melelahkan, namun Anda akan lupa dengan itu semua ketika melihat keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Pathok Gebang ini.

Pantai Pathok Gebang memiliki garis pantai yang lebar dengan sebagian wilayahnya di dominasi oleh pulau-pulau karang kecil. Di sekitar area pantai juga terdapat pulau karang yang terhubung dengan bibir pantai. Anda bisa mendaki ke atasnya untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas. Dari sini Anda bisa melihat landscape seluruh bibir pantai dan kawasan perairan yang ada di sekitar. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto dengan kamera terbaik Anda di spot terindah yang ada di Tulungagung ini.

 

5. Pantai Ngalur Sanggar

Pantai Ngalur Sanggar Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Ngalur Sanggar – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Pantai Ngalur Sanggar. Pantai ini juga cukup terkenal di kalangan wisatawan asing, ketika berkunjung sesekali Anda akan melihat bule yang sedang menikmati liburan mereka di sini. Ngalur Sanggar sebenarnya adalah nama 2 pantai berbeda yang letaknya berdekatan, namun orang-orang lebih suka menyebutnya dengan nama Pantai Ngalur Sanggar. Keunikan pantai ini terletak pada bukit-bukit hijau kecil yang ada di belakang garis pantainya. Anda bisa naik ke puncaknya untuk menikmati pemandangan hamparan pantai dengan gugusan pulau-pulau yang ada di sekitarnya.

 

6. Pantai Coro

Pantai Coro Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Coro – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Coro awalnya terkenal dengan bibir pantainya yang memiliki pasir yang putih dan bersih. Namun saat ini kondisi pasir tidak lagi sebersih dulu akibat ramainya pengunjung yang datang setiap hari, tapi sisi keindahan pantai ini tetap bisa Anda nikmati. Pantai Coro cocok untuk di kunjungi jika Anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Di sini Anda bisa bermain pasir, berenang, atau sekedar bersantai menikmati angin sepoi-sepoi dengan iringan deburan ombak. Pantai Coro juga cukup mudah di akses, Anda bisa sampai di lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek.

 

7. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Lumbung – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Lumbung juga merupakan wisata pantai terindah di Tulungagung yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan Anda. Pantai ini terkenal karena adanya sebuah batu karang besar yang berada tak jauh dari tepi pantai ke arah laut. Jika air sedang surut Anda bisa berjalan menuju batu karang ini dan berfoto di atasnya. Pantai Lumbung juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang indah. Anda bisa datang menjelang sore ke pantai ini agar bisa mendapatkan momen sunset yang sangat memukau ini.

 

8. Pantai Klatak

Pantai Klatak Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Klatak – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Selanjutnya ada Pantai Klatak yang berlokasi di daerah Desa Keboireng, Kec. Besuki, Tulungagung. Pantai Klatak memiliki kondisi alam yang masih sangat alami. Lokasinya yang masih berada di sekitar Teluk Popoh menjadikan pantai ini cukup sulit untuk di jangkau. Anda perlu melakukan trekking menyusuri kawasan hutan untuk bisa sampai di lokasi. Pantai Klatak di dominasi oleh bukit-bukit hijau dengan bibir pantai yang tidak terlalu luas. Pemandangan yang paling indah bisa Anda dapatkan ketika Anda mendaki ke atas bukit kecil yang berada tak jauh dari bibir pantai. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan seluruh kawasan pantai dan keindahan teluk popoh dengan airnya yang biru berkilauan.

 

9. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Brumbun – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang selanjutnya adalah Pantai Brumbun yang berlokasi di Desa Ngrejo, Kec. Tanggunggunung, Tulungagung. Jaraknya hanya sekitar 22,5 Km dari pusat kota, namun untuk mencapai lokasi Anda harus melewati medan yang cukup ekstrim. Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna kehitaman. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas, jadi bagi Anda yang menyukai olahraga surfing maka ombak di Pantai Brumbun ini patut di coba.

 

10. Pantai Sine

Pantai Sine Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Pantai Sine – Wisata Pantai Terindah di Tulungagung

Wisata pantai terindah di Tulungagung yang terakhir adalah Pantai Sine yang berlokasi di Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Tulungagung. Pantai Sine memiliki kondisi alam yang mirip dengan Pantai Brumbun. Pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna hitam keabu-abuan dengan area yang cukup luas. Di pantai ini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam tapi juga bisa sekaligus menikmati wisata budaya. Di Pantai Sine sering di adakan pagelaran seni wayang kulit dan upacara larung yang bisa menjadi tontonan yang sangat menarik bagi para pengunjung.

 

Nah, itulah beberapa objek wisata pantai terindah di Tulungagung yang bisa Anda jadikan tujuan liburan bersama orang-orang terdekat di minggu ini. Selain pantai, Tulungagung juga terkenal dengan wisata alamnya seperti air terjun Lawean dan goa Gembyang. Jadi, untuk liburan di Tulungagung tidak akan pernah puas jika belum menjelajahi semua destinasi wisatanya yang begitu banyak dan mempesona. Semoga bermanfaat dan selamat liburan. Be Happy !!

 

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!