Mengenal Objek Wisata Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Wisata Rowo Jombor Klaten – Dikenal memiliki nuansa unik, pasalnya Rowo Jombor mempunyai Warung yang berada ditengah-tengah waduk. Bahkan banyak pengunjung mengatakan bahwa Rowo Jombor adalah tempat wisata terbaru di Bayat, Klaten. Namun menurut sejarah, wisata ini telah lama hadir. Mungkin saja wisata ini tak populer seperti objek wisata Klaten yang lainnya.

Alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarah Rowo Jombor ini. Langsung saja simak ulasan singkat Kompas Wisata dibawah ini.

Sejarah Rowo Jombor, Klaten, Jawa Tengah

Rowo Jombor berasal dari dua kata yaitu Rowo berarti daerah yang selalu tergenang air dan Jombor merupakan nama salah satu desa di daerah Klaten. Dulunya desa itu bernama Jombor yang kini telah diubah menjadi Rakitan.

Sejarah Rowo Jombor

Sejarah Rowo Jombor

Jika kamu pernah mendengar sejarah Rowo Jombor, tempat tersebut terletak di dataran rendah dan cekung serta dikelilingi oleh pegunungan. sehingga setiap musim hujan atau musim kemarau datang, tempat tersebut selalu digenangi oleh air.

Genangan air Rowo Jombor semakin tinggi saat musim hujan tiba, karena 2 sungai di barat laut, yaitu Sungai Dengkeng dan Kali Ujung selalu meluap sehingga luapan tersebut mengarah ke daerah ini. Limpahan air membuat rawa ini menjadi lebih luas, rumah penduduk harus tenggelam dalam air. Bahkan sawah di Rowo Jombor harus dipindahkan.

Pada tahun 1901 merupakan terjadinya awal sejarah Rowo Jombor. dimana Sinuwun Paku Buwono X bekerja sama dengan pemerintah Belanda untuk mendirikan pabrik gula Manisharjo, Pedan, Klaten.

Membuat pabrik gula tentu membuat tanah ditanam dengan tebu. Untuk kelanjutan produksi gula, dibutuhkan banyak tanaman tebu. Sehingga kebutuhan air juga meningkat. Sinuwun Paku Buwono dalam rencana pemerintah Belanda untuk menciptakan saluran irigasi yang mengarah ke perkebunan tebu.

Waduk Rowo Jombor

Waduk Rowo Jombor

Sejak tahun 1917 kanal irigasi ini dimulai. Dengan terbuatnya terowongan sepanjang 1 KM yang menembus pegunungan dan juga selokan Sungai Dengker. Banyak yang mengatakan bahwa terowongan ini telah menjadi legenda dari intrik Pesugihan Rowo sehingga terdapat penjaga yang menakutkan di dalamnya.

Paket wisata

Setelah 4 tahun kemudian, tepat di tahun 1921 saluran irigasi yang tadinya dibuat sekarang telah selesai. Sinuwun Paku Buwono X pada setiap tahunnya selalu meluangkan waktu untuk mengunjungi Rowo Jombor untuk menikmati pemandangan di atas perahu.

Keindahan Wisata Rowo Jombor

Setelah membahas mengenai sejarah Rowo Jombor, kali ini kita akan membahas tentang keindahan yang dimiliki Rowo Jombor. Waduk Rowo Jombor mempunyai panjang 7,5 Km dan mempunyai kedalaman 4.5 m. Suasana unik dan keindahan di Rowo Jombor yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Rowo Jombor memiliki sebuah cekungan yang berada di dataran rendah sehingga dikembangkan menjadi tempat wisata daerah.

Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor

Ada banyak warung apung yang ada di waduk Jombor ini, seperti Rama resto, Barokah, Galatama dan masih banyak lagi. Warung Apung di Rowo Jombor menjadi alasan mengapa tempat ini disebut unik. Pasalnya, kamu dapat menikmati menu makanan khas Rawa Jombor serta dikelilingi pesona genangan air disana.

Warung Apung menawarkan beberapa menu masakan ikan air tawar. Di mulai dari ikan nila, ikan gurami, ikan lele, dll. Warung Apung juga memberi beberapa opsi olahan diantaranya bakaran ikan, digoreng biasa, ataupun diberi bumbu asam manis. Jadi bisa menyesuaikan selera kamu.

Menu Warung Apung Rowo Jombor

Menu Warung Apung Rowo Jombor

Nuansa keindahan dan keunikan yang disuguhkan pada wisata Rowo Jombor ini, dapat kamu nikmati dengan harga 5000 per-orangnya.

Lokasi : Wisata Rowo Jombor berada di daerah Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Nah bagaimana menurut kamu? Kapan lagi kamu dapat menikmati makan bareng bersama keluarga ataupun teman kamu di tempat unik seperti ini. Be Happy !!

Mengenal Objek Wisata Warung Apung Rowo Jombor Klaten 1
Please follow and like us: